Jaga 5 Perkara Sebelum Datang 5 Perkara Lain

Hidup ini bagaikan misteri, Anda akan bisa mengetahui apa yang terjadi pada masa yang akan datang, Anda juga tidak akan pernah bisa mengulang kembali kisah di masa lalu untuk memperbaiki kesalahan dan kecerobohan Anda. Jika mengabaikan kesempatan baik yang seharusnya mendatangkan kebaikan bagi Anda, maka yang tersisa hanya penyesalan. Jadi, lakukan yang terbaik untuk hari ini agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari.

Nah, dalam hal ini ada sebuah kata mutiara yang diajarkan oleh Rosulullah SAW kepada umat beliau. Anda mungkin pernah mendengar sebuah ungkapan, jagalah lima perkara sebelum datang lima perkara. Tentu saja jika Anda mengabaikan lima perkara tersebut, maka akan datang lima perkara yang membuat Anda menyesal.

1. Jagalah masa muda Anda sebelum datang masa tua
Masa muda adalah masa dimana seseorang lebih mengedepankan ego daripada akal. Anak muda lebih condong untuk menuruti kesenangan dan keinginan pribadi tanpa berpikir akibat yang akan diterima. Untuk itu, menjaga masa muda sama seperti menanam untuk panen di hari tua. Jika Anda menyia-nyiakan masa muda dengan kebodohan dan kecerobohan, maka Anda akan kecewa di masa tua.

2. Jagalah kesehatan Anda sebelum datang sakit
Anda mungkin pernah mendengar sebuah kalimat “mencegah lebih baik daripada mengobati”, ini benar. Menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting, jika Anda sudah jatuh dalam sakit, maka Anda akan benar-benar memahami arti pentingnya kesehatan. Untuk itu lakukan hal-hal yang bisa mendukung kesehatan Anda sebelum Anda jatuh sakit. Berikut ada tips efektif untuk menjaga kesehatan tubuh Anda, baca selengkapnya 11 Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Cara Merawatnya.

3. Jagalah kaya Anda sebelum datang miskin
Manfaatkan waktu kaya Anda dengan hal-hal yang berguna untuk Anda dan orang lain. Jangan menyia-nyiakan harta hanya untuk kepentingan kesenangan dan foya-foya. Anda tentu tidak akan pernah tahu jika suatu saat Anda jatuh dan menjadi miskin. Anda bisa menabung untuk keperluan masa depan dan menyedekahkan sedikit kelebihan harta Anda untuk orang yang lebih membutuhkan. 

4. Jagalah sempat Anda sebelum datang sibuk
Waktu adalah uang, begitulah kalimat yang sering digembor-gemborkan oleh para motivator. Manfaatkan waktu sempat Anda untuk melakukan hal yang seharusnya Anda lakukan. Jika Anda menyia-nyiakan waktu luang, Anda mungkin akan kehilangan sesuatu yang berharga dan mungkin tidak akan pernah mendapatkannya untuk kedua kalinya.

5. Jagalah hidup Anda sebelum datang kematian
Hidup Anda bukan hanya sekedar permainan dan sandiwara, ada hal yang harus Anda lakukan demi kebaikan untuk diri Anda, orang lain, dan Tuhan. Jika Anda sudah meninggal dunia, maka sedetik pun Anda tidak akan bisa kembali hidup untuk melakukan kebaikan. Jadi, manfaatkan hidup Anda untuk melakukan hal-hal baik, baik untuk Anda, orang lain, dan kepada Tuhan.