Tips Efektif Mencegah dan Menghilangkan Ngantuk

Rasa kantuk sering dialami oleh seseorang ketika merasa lelah dan kurang tidur. Tentu saja obat yang paling mujarab untuk mengatasi rasa kantuk adalah pergi ke kamar kemudian tidur. Tetapi, ini akan menjadi masalah yang sangat mengganggu jika rasa kantuk datang di saat Anda sedang bekerja.

Jika Anda mengantuk saat bekerja, Anda akan merasa malas untuk melakukan sesuatu, konsentrasi hilang, dan pikiran pun mulai kendor. Selain itu, Anda akan menjadi perhatian orang di sekeliling jika Anda mengangkat tangan untuk menutup mulut Anda, ini tentu tidak lucu.

Nah, meskipun ini adalah hal yang sepele, tetapi ini bisa menjadi masalah yang besar jika Anda tidur saat bekerja atau saat belajar. Untuk itu, di sini ada beberapa tips yang bisa membantu Anda untuk mencegah dan mengatasi rasa kantuk :

1. Pastikan Istirahat Anda Tercukupi

Istirahat adalah pemulihan energi pada tubuh dan pikiran setelah seharian bekerja atau belajar. Untuk itu, Anda tidak seharusnya menghabiskan waktu di malam hari untuk begadang, apalagi melakukan hal yang sia-sia. Anda sebaiknya pergi istirahat untuk mempersiapkan energi di hari esok.

2. Biasakan Olahraga Pagi

Sebenarnya, jika Anda bangun tidur, tentu anda masih merasa mengantuk. Untuk itu, segeralah pergi keluar untuk melakukan olahraga dan jogging. Secara tidak sengaja, ini dapat merangsang tubuh dan pikiran untuk segar kembali. Jika tubuh dan pikiran segar, maka rasa kantuk pun hilang.

3. Jangan Sarapan Terlalu Banyak

Makan banyak di pagi hari akan membuat Anda merasa malas untuk melakukan sesuatu karena kekenyangan. Selain itu, makan terlalu banyak juga menyebabkan mengantuk. Sebaiknya Anda mengambil jata sarapan secukupnya, jika Anda merasa lapar lagi, Anda bisa mengambil makan siang untuk memenuhi rasa lapar.

4. Lakukan Aktifitas dan Gerak Secukupnya

Rasa kantuk akan lebih mudah menyerang jika Anda tidak mempunyai aktifitas. Jika Anda mengantuk, cobalah untuk melakukan aktifitas dan perbanyak gerak. Secara perlahan, ini akan membuat rasa kantuk Anda menghilang.

5. Mulailah Berkonsentrasi

Terkadang rasa kantuk masih saja datang meskipun Anda sudah istirahat cukup. Tetapi, Anda bisa menghilangkannya dengan pikian Anda. Salah satunya adalah dengan mendalami konsentasi, Anda bisa memusatkan konsentrasi pada pekerjaan Anda. Secara perlahan, rasa kantuk akan menghilang jika Anda memaksa untuk berkonsentrasi.

6. Jernihkan Pikiran

Pikiran jenuh bisa juga menyebabkan Anda mengantuk. Untuk itu, sebaiknya Anda berjalan-jalan dan melihat beberapa pemandangan di sekitar Anda. Pastikan Anda melihat hijau dedaunan, bunga-bunga, binatang peliharaan,dan hal-hal menarik lainnya.

7. Minum Kopi

Cafein dalam kopi dapat mengurangi rasa kantuk, ini benar. Dan minum kopi sudah menjadi hal yang umum dilakukan banyak orang ketika mereka mengantuk, apalagi bagi para pecinta kopi. Jika Anda bukan pecinta kopi, Anda pun bisa mencobanya untuk menghilangkan rasa kantuk.

8. Menghisap Rokok (Untuk Para Perokok)

Ini mungkin terdengar aneh jika rokok bisa menghilangkan rasa kantuk, tetapi ini benar bahwa rokok bisa mengurangi rasa kantuk. Anda bisa bertanya kepada para perokok aktif tentang hal ini, bahkan sebungkus rokok selalu tidak sepi untuk menemani jika mereka begadang. 

Tetangga saya adalah penjual sayur, dia seorang wanita yang sudah berusia sekitar 50 tahun. Sekitar pukul setengah 2 pagi dia pergi ke pasar untuk menebas banyak sayuran dan pulang sekitar pukul 3 pagi. Dia akan mulai menyiapkan toko dan sayuran lalu menjualnya sampai pukul 10 pagi. Anehnya, dia biasa menghisap rokok agar tidak mengantuk.

9. Mencuci Muka Agar Lebih Segar

Jika Anda mengantuk saat bekerja, pergilah ke kamar kecil, lalu cuci muka Anda. Setelah Anda mencuci muka, maka Anda akan merasa lebih fresh daripada sebelumnya. Inilah alasan mengapa guru selalu meminta siswanya untuk mencuci muka ketika mereka mengantuk di kelas.

10. Temukan Teman Untuk Mengobrol dan Bercanda

Jika Anda mengantuk, Anda butuh teman untuk berbagi cerita dan bercanda. Mengobrol dan bercanda bisa menghilangkan kejenuhan yang bisa mengakibatkan mengantuk.

11. Carilah Hiburan Agar Tidak Jenuh

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa pikiran jenuh dan tidak ada aktifitas dapat menyebabkan Anda mengantuk. Jika itu terjadi, cobalah untuk mencari hiburan, misalkan bermain game, membaca komik, menonton film dan lainnya.