Cara Merawat Smartphone Agar Tetap Awet dan Tahan Lama | Pelangi Blog

Cara Merawat Smartphone Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Smartphone saat ini sudah menjadi kebutuhan penting, maka kamu perlu menjaga dan merawatnya agar tidak mudah rusak

Cara Merawat Smartphone Agar Tetap Awet dan tahan Lama

PelangiBlog.Com – Pada zaman sekarang ini siapa sih yang tidak memiliki smartphone ?. Ya, hampir semua orang memang menyukai smartphone, bukan karena suka semata tetapi memang smartphone sudah menjadi kebutuhan dalam banyak hal, misalnya melakukan komunikasi, mendapatkan hiburan, menggali informasi, dan lain-lainnya.

Pasalnya, fitur-fitur yang tersedia di dalam smartphone mungkin sudah mewakili fungsi HP biasa dan laptop. Semua bisa dilakukan secara instan dan tentu yang lebih asyiknya lagi bahwa smartphone bisa dibawa ke mana-mana. Inilah salah satu alasan mengapa kamu harus memiliki smartphone.

Baca : 10 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone.

Nah, berbicara tentang smartphone, tentu saja kamu berharap smartphone kamu tetap awet dan bertahan lama, jadi kamu perlu menjaga dan merawatnya. Untuk itulah, di sini ada beberapa tips dan cara merawat smartphone agar mampu bertahan lama dan awet :

1. Pasanglah Pelindung Layar dan Casing
Pastinya kamu akan membawa smartphone kamu ke mana-mana dan membukanya kapanpun kamu ingin menggunakannya. Nah, untuk menjaga keamanan dan kenyamanan, kamu perlu memasang pelindung layar dan casing, ini akan cukup menjaga body smartphone kamu. Pelindung layar dan casing akan memberikan cukup perlindungan luar pada body smartphone kamu dari goresan, debu, tetesan air, abu rokok, dan lain-lain.

2. Atur Kunci Tombol Layar Otomatis
Menyetel kunci tombol layar otomatis juga menjadi hal penting yang perlu kamu lakukan. Dengan menyetel kunci tombol pada layar, maka smartphone akan terkunci secara otomatis setelah beberapa detik tergantung penyetelan. Ini juga akan menjaga agar tidak terjadi ketidaksengajaan dalam menekan tombol ketika kamu menaruh smartphone di dalam saku atau tas.

3. Gunakan Tas Kecil Sebagai Tempat Untuk Membawa Smartphone ke Mana-mana 
Ukuran smartphone memang lebih besar dari HP biasa, jadi mungkin kamu akan cukup kerepotan jika menyimpannya di dalam saku. Terlebih lagi, jika kamu menyimpan smartphone di dalam saku saat kamu membawanya, dikhawatirkan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya smartphone terjatuh dan ukuran saku terlalu menekan hardware smartphone. Tentu saja ini akan menyebabkan beberapa kerusakan yang tidak diinginkan. Untuk itulah segera membelikan tas kecil sebagai tempat untuk menyimpan smartphone saat kamu membawanya ke mana-mana.

4. Simpanlah di Tempat Yang Aman
Pastikan saat kamu meletakkan smartphonemu di tempat yang aman saat kamu sedang santai, jauh dari air, jauh dari jangkauan anak kecil, jauh dari tempat-tempat yang mudah berdebu, dan lainnya. Kamu bisa meletakkan smartphone di dalam lemari dan jangan pernah meletakkan smartphone di sampingmu ketika kamu beranjak tidur.

5. Perhatikan Langkah Pengisian Baterai
Saat kamu mengisi baterai smartphone, pastikan kamu mengisinya hingga baterai tersisa 10 – 15 % dan lepaslah charger setelah baterai sudah terisi penuh. Jika kamu ceroboh dalam melakukan pengisian baterai, maka mungkin akan membuat baterai mudah drop dan tidak bertahan lama. Penting juga, jangan mengisi baterai dengan charger perangkat lain, karena mungkin ada perbedaan output dan input power antara keduanya sehingga memungkinkan baterai lebih mudah drop dan tidak bertahan lama.

6. Pastikan Menginstall Aplikasi Sesuai Kebutuhan
Pastinya kamu ingin install banyak aplikasi di smartphone kamu, tetapi saya sarankan agar kamu install aplikasi, apps, dan game sesuai kebutuhan kamu. Kelebihan aplikasi yang terinstall di dalam smartphone akan membebani sistem dan menyebabkan gangguan sehingga terkadang smartphone mulai lemot bahkan sampai hang. Oh iya, pastikan kamu install aplikasi-aplikasi yang resmi dan terpercaya, ini untuk menghindari adanya malware dan virus yang tertanam.

7. Perhatikan Kamera dan Speaker
Sekotor speaker juga merupakan hal yang perlu diperhatikan di sini karena speaker berfungsi mengalirkan suara ketika kamu berkomunikasi melaluinya dan juga mendengarkan audio maupun video. Jangan meletakkan smartphone pada tempat yang mudah dijangkau air, medan magnet, dan logam-logam kecil yang dapat merusak speaker. Selain itu, jangan atur speaker dengan volume maksimal jika kamu sangat sering mendengarkan musik pada smartphone karena ini akan merusak daya tahan speaker secara perlahan, sebaiknya kurangi volume speaker yang berkisar 80% sampai ke bawah.

8. Lakukan Backup dan Restore Data Secara Berkala
Pastinya kamu menyimpan banyak data dan file penting di dalam smartphone kamu, mulai dokumen, foto, audio, sampai video. Untuk mengamankan data dan file tersebut, sebaiknya kamu melakukan backup data baik ke server smertphone, situs-situs penyimpanan data online, flashdisk, atau PC. Ini untuk mengantisipasi bila suatu saat smartphone kamu rusak atau hilang.

9. Bersihkan Smartphone Dengan Tisu Secara Berkala
Yang terakhir di sini, lebih seringlah melakukan bersih-bersih pada smartphonemu karena smartphone pasti tidak akan terlepas dari debu-debu dan kotoran yang menempel. Kamu bisa menggunakan tisu dan membersihkannya secara perlahan dan lembut, ini untuk menjaga agar smartphonemu terlihat tetap cantik dan bersih.

Nama

Bisnis Online Blogging Doa-doa Elektronik Fiqih Gaming Inspirasi Internet Keluarga Kisah teladan Life Pekerjaan Pendidikan Relationship Religi Teknologi Tips Tutorial Blog
false
ltr
item
Pelangi Blog: Cara Merawat Smartphone Agar Tetap Awet dan Tahan Lama
Cara Merawat Smartphone Agar Tetap Awet dan Tahan Lama
Smartphone saat ini sudah menjadi kebutuhan penting, maka kamu perlu menjaga dan merawatnya agar tidak mudah rusak
https://2.bp.blogspot.com/-YHUHLvBKA0o/WCRDYnQz4yI/AAAAAAAACi8/wHyqZ65BPBE9xoHIwNd4KD5BL54yX2SkQCPcB/s640/Pengaruh%2BBuruk%2BMedia%2BSosial%2BBagi%2BKehidupan%2BMasyarakat.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-YHUHLvBKA0o/WCRDYnQz4yI/AAAAAAAACi8/wHyqZ65BPBE9xoHIwNd4KD5BL54yX2SkQCPcB/s72-c/Pengaruh%2BBuruk%2BMedia%2BSosial%2BBagi%2BKehidupan%2BMasyarakat.jpg
Pelangi Blog
http://www.pelangiblog.com/2017/01/cara-merawat-smartphone-agar-tetap-awet.html
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/2017/01/cara-merawat-smartphone-agar-tetap-awet.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy