7 Alasan Batu Akik Diminati dan Diburu Banyak Orang

Akhir-akhir ini batu menjadi topik yang ramai dibicarakan di kalangan publik, Anda tentu menemui berita hangat yang membicarakan tentang batu akik di berbagai media, ini merupakan bukti bahwa batu akik menjadi minat banyak orang saat ini, baik dari kalangan remaja, orang dewasa, pria, maupun wanita. 

Ya, tentu ada berbagai macam alasan mengapa batu akik menjadi buruan banyak orang. Nah, tujuh alasan berikut akan menjelaskan mengapa batu akik menjadi batu yang sangat diminati :

1. Batu Akik Memiliki Nilai Seni

Nilai seni yang terkandung di dalam batu akik tentu tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Dan mungkin bagi orang biasa, batu akik hanyalah sebuah batu biasa tanpa seni. Ttetapi hanya mereka, para pecinta batu akik, yang mampu memahami arti sebuah seni di dalam batu akik.

2. Batu Akik Memiliki Nilai Estetika

Batu akik memang memiliki keunikan tersediri sebagai cincin yang dikenakan di jari tangan. Nilai seni yang terkandung di dalam batu akik, membuatnya terlihat bahkan terasa indah untuk dikenakan. Dan tentu saja karena batu akik dinilai sebagai batu yang indah, banyak pula orang yang tertarik untuk memilikinya. Namun sayangnya, hanya sebagian kecil dari masyarakat Indonesia yang mengenakan batu akik karena alasan seni dan indah.

3. Batu Akik Memiliki Nilai Spiritual

Anda tentu sudah mengenal rumor tentang kehebatan Ponari. Anak kecil ini telah berhasil mengobati beberapa penyakit dari batu yang ia temukan secara tidak sengaja. Seperti halnya batu milik ponari yang memiliki khasiat, batu akik pun juga demikian.

Berdasarkan mitos dan rumor yang telah beredar di masyarakat, batu akik ternyata juga mengandung nilai spiritual, batu akik dianggap sebagai batu yang memiliki khasiat tergantung dari jenis batunya, misalkan agar dagangan cepat laku, untuk keamanan diri, dan beberapa hal spiritual lainnya. Uniknya, beberapa batu akik juga dipercaya memiliki penunggu atau penjaga yang siap melayani pemakai batu akik tersebut.

4. Batu Akik Memiliki Nilai Jual Tinggi

Batu akik memiliki berbagai macam jenis dan tipe yang berbeda-beda, mulai dari batu akik biasa sampai batu akik yang berkelas. Tentu saja nilai jual batu akik pun berbeda-beda pula, mulai dari puluh ribuan sampai jutaan bahkan ratusan juta.

Dengan alasan batu akik bisa diperjual belikan karena banyak peminat, ini mendorong beberapa orang untuk memborong banyak batu akik lalu menjualnya dengan harapan mendapatkan keuntungan dari penjualan itu. Apalagi saat ini bisa dikatakan sebagai musim batu akik, tentu banyak orang yang tertarik untuk menjual-belikan batu ini.

5. Mengenakan Batu Akik Adalah Tradisi Leluhur

Perlu Anda ketahui bahwa batu akik bukan hanya diminat pada saat ini tetapi memang sudah menjadi tradisi orang pada zaman dahulu, khususnya orang jawa. Tradisi seperti ini pun turun temurun hingga sampai sekarang banyak orang yang masih suka mengenakan batu akik di jari mereka.

6. Ikut-ikutan Trending

Batu akik yang saat ini menjadi perhatian publik, tentu mengundang minat banyak orang untuk ikut mendapatkannya dengan alasan ikut-ikutan, orang jawa mengatakannya sebagai “latah”. Ini wajar jika teman-teman Anda banyak yang mengenakan batu akik, tentu hal tersebut mendorong minat Anda untuk ikut mengenakan pula, apalagi saat ini batu akik menjadi topik tren di mata publik.

7. Hobi Mengoleksi Batu Akik

Setelah beberapa alasan di atas, hobi juga menjadi salah satu alasan kuat mengapa seseorang sangat menyukai batu akik. Hobi inilah yang merangsang seseorang untuk mengoleksi banyak jenis dan tipe batu akik, dan terkadang ia juga mengenakan beberapa macam jenis batu akik di setiap jarinya.