7 Alasan Seseorang Memilih Tinggal di Desa Daripada di Kota

Tidak semua orang beranggapan bahwa kehidupan desa itu menyedihkan dan membosankan

7 Alasan Seseorang Memilih Tinggal di Desa Daripada di Kota

PelangiBlog.Com - Kota merupakan tempat yang dituju oleh sebagian orang desa untuk mendapatkan pekerjaan layak dan merubah nasib, tidak jarang pula banyak orang desa yang menuai kesuksesan di kota. Tentu bukan hanya karena alasan pekerjaan, tetapi kehidupan kota juga dinilai lebih maju, lebih ramai, sarana dan fasilitas pendidikan lebih memadai, dan masih banyak alasan yang mendorong orang-orang desa memutuskan pergi ke kota. Ya, ini adalah fakta yang memang tidak bisa dipungkiri.

Meskipun demikian, sebagian orang desa lebih memilih tinggal di desa dan berkumpul bersama keluarga. Ya, jika dibandingkan dengan kehidupan di kota, memang kehidupan di desa lebih sederhana dan lebih alami. Nah, berikut ada beberapa alasan mengapa seseorang lebih memilih tinggal di desa daripada di kota :

1. Tidak Ingin Jauh Dari Orang Tua dan Keluarga
Seperti halnya banyak orang desa yang tinggal di kota pada umumnya, mereka baru bisa mudik ke desa setelah satu bulan, satu tahun, atau beberapa tahun karena alasan sibuk mengurus pekerjaan. Waktu berkumpul bersama orang tua, keluarga, dan saudara pun bisa tidak bisa dinikmati setiap harinya.

Orang tua dan keluarga merupakan salah satu alasan kuat mengapa seseorang masih tetap bertahan tinggal di desa, tentu alasan ini dikhususkan bagi mereka yang lahir di desa, apalagi bagi mereka yang orang tuanya sudah rapuh termakan usia. Bagi mereka, hari-hari terasa lebih indah saat berkumpul bersama keluarga, saudara, dan orang tua. Selain itu, beberapa orang tua yang tidak tega anaknya tinggal di kota dan mendesak mereka untuk tetap tinggal di desa apa adanya.

2. Mengabdi Kepada Masyarakat dan Mengajarkan Ilmu
Alasan ini mungkin lebih cocok bagi para pelajar yang telah lulus setelah menjalani pendidikan bertahun-tahun di kota. Dengan segudang ilmu yang telah didapat, mereka ingin memanfaatkan dan mengajarkannya kepada generasi muda di desa agar tidak ketinggalan. Pemerintah juga masih menggalakkan kualitas pendidikan di setiap daerah dengan menempatkan sarjana muda ke beberapa desa terpencil.

Selain itu, alasan untuk mengabdi kepada masyarakat pun tidak luput dari hal ini. Banyak sarjana lulusan kota yang mampu memajukan dan memakmurkan desa dari ide dan pemikiran mereka. Bahkan saat ini di desa-desa pun sudah banyak dokter dan perawat muda yang memberikan kelayakan kepada masyarakat di bidang kesehatan.

3. Membangun Bisnis di Desa
Jika dibandingkan di kota, lahan di desa masih terbentang luas dan siap dimanfaatkan untuk megelola bisnis. Membangun sebuah bisnis di desa pun bisa lebih menguntungkan, apalagi pengeluaran dana untuk kebutuhan sehari-hari pun relatif lebih sedikit. Dan perlu Anda ketahui juga bahwa saat ini di desa-desa sudah banyak berdiri bisnis dan perusahaan kecil. Baca juga 10 Usaha Kecil yang Cocok Untuk Daerah Pedesaan.

4. Tingkat Kriminalitas Lebih Rendah dan Lebih Aman
Jika melihat berita hangat di acara-acara televisi yang saat ini terjadi, misalkan kasus pembegalan dan perampokan, ini tentu membuat banyak orang merasa takut dan khawatir. Penipuan, pencopetan, pencurian, pembunuhan, dan hal-hal kriminal lainnya pun lebih banyak ditemui di daerah perkotaan. 

Ya, memang kejadian kriminal pasti akan ditemui di setiap tempat, baik di desa maupun di kota. Namun, jika dilihat dari banyaknya berita yang dimuat, tingkat kriminalitas di kota lebih besar seperti halnya banyak orang mengatakan bahwa kehidupan di kota itu keras dan harus lebih berhati-hati.

5. Suasana Desa Lebih Alami dan Lebih Sehat
Lingkungan di desa yang masih banyak ditumbuhi pepohonan membuat suasana desa terlihat lebih indah, alami, dan sehat. Dan tentu hal ini juga yang menjadi salah satu alasan seseorang lebih krasan tetap tinggal di desa.

6. Suasana Desa Lebih Tenang Untuk Memunculkan Ide dan Inspirasi Baru
Suasana di desa memang tidak ramai seperti di kota, tetapi dengan keadaan seperti ini justru kehidupan menjadi terasa tenang bahkan untuk memunculkan ide dan inspirasi baru, khususnya bagi Anda yang suka dengan bisnis online dan menulis di blog.

7. Syiar dan Budaya Agama Lebih Kental
Jika melihat sekaligus mendengar anak-anak kecil yang pandai mengaji, gadis-gadis yang memakai jilbab, serta suara lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an dan sholawat nabi yang sering terdengar dari arah masjid atau mushollah, tentu hati menjadi lebih nyaman dan bahagia, begitulah suasana islami di daerah pedesaan. 

Salah satu faktor utama mengapa lingkungan desa masih islami adalah karena banyaknya pondok pesantren, tempat-tempat pengajian, dan budaya islami yang masih dijalankan. Dengan demikian, syiar dan budaya islami yang masih menghiasi lingkungan pedesaan tentu mendorong seseorang untuk tetap ikut terlibat di dalamnya. Inilah alasan penting mengapa seseorang lebih memilih tetap tinggal di desa, terutama bagi mereka yang berasal dari keluarga pesantren.


Demikian adalah tujuh alasan mengapa seseorang lebih memilih untuk tetap tinggal di desa meskipun daerah pedesaan lebih sederhana dan peluang kerja pun lebih sempit. Anda juga bisa membaca kelebihan masyarakat desa dibandingkan masyarakat kota pada 9 Kelebihan Masyarakat Desa Dibanding Masyarakat Kota.

Baca juga : Alasan Mengapa Banyak Orang Desa Pindah ke Kota.
Name

Bisnis Online Blogging Doa-doa Fiqih Gaming Inspirasi Internet Keluarga Kisah teladan Life Pekerjaan Pendidikan Relationship Religi Tips Tutorial Blog
false
ltr
item
Pelangi Blog: 7 Alasan Seseorang Memilih Tinggal di Desa Daripada di Kota
7 Alasan Seseorang Memilih Tinggal di Desa Daripada di Kota
Tidak semua orang beranggapan bahwa kehidupan desa itu menyedihkan dan membosankan
https://2.bp.blogspot.com/-8jlrM9xYQGM/VSIg-FFD9JI/AAAAAAAAA-M/Tdf47yot3iM/s1600/7%2BAlasan%2BSeseorang%2BMemilih%2BTinggal%2Bdi%2BDesa%2BDaripada%2Bdi%2BKota.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-8jlrM9xYQGM/VSIg-FFD9JI/AAAAAAAAA-M/Tdf47yot3iM/s72-c/7%2BAlasan%2BSeseorang%2BMemilih%2BTinggal%2Bdi%2BDesa%2BDaripada%2Bdi%2BKota.jpg
Pelangi Blog
http://www.pelangiblog.com/2015/04/7-alasan-seseorang-memilih-tinggal-di.html
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/2015/04/7-alasan-seseorang-memilih-tinggal-di.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy