Alasan Mengapa Banyak Orang Desa Pindah ke Kota

Urbanisasi merupakan perpindahan penduduk desa ke kota. Sedangkan di Indonesia, proses urbanisasi banyak dilakukan oleh penduduknya, itulah yang menyebabkan mengapa penduduk kota lebih padat dan ramai daripada penduduk desa. Upaya penduduk desa yang berpindah ke kota bukanlah sebuah hal yang dilakukan tanpa tujuan, ada beberapa alasan tersendiri :

1. Mencari Penghasilan Lebih Memuaskan

Berbicara tentang ekonomi, tentu saja tingkat ekonomi kehidupan kota dan kehidupan desa sangat berbeda, bahkan jauh. Rata-rata perekonomian orang desa hanya berkisar pada pertanian, peternakan, perikanan, perdagangan kecil, dan perkebunan. Bagi mereka yang memiliki lahan luas tentu tidak masalah, tetapi bagi mereka yang tidak, tentu saja harus mencari alternatif yang lebih baik.

Selain itu, lapangan pekerjaan juga sulit didapatkan di desa, bukannya tidak ada, tetapi penghasilan yang kurang memuaskan untuk memenuhi kehidupan, sehingga untuk alternatif yang dipilih adalah mengadu nasib ke kota. Ya, kita tahu bahwa kota memiliki banyak industri, pabrik, perusahaan, dan perdagangan besar, sehingga lapangan pekerjaan menjadi cukup mudah didapat, penghasilan pun jauh di atas rata-rata penghasilan di desa. Inilah alasan yang paling banyak dimiliki orang-orang desa yang pindah ke kota.

2. Mendapatkan Pendidikan Lebih Baik

Tidak hanya tentang masalah ekonomi, ternyata alasan pendidikan pun menjadi salah satunya. Lembaga-lembaga pendidikan di kota memiliki banyak fasilitas pendidikan, manajemen dan sistem lebih baik, pengajar yang lebih profesional dan konsisiten. Tidak hanya terpusat pada satu pendidikan saja, semua pendidikan ada, mulai dari pendidikan sains, ekonomi, perbankan, mekanik, elektro, komputer, informatika, jaringan, desain, multimedia, hukum, dan lain-lain.

Memang mahal, tetapi ada hasil nyata bagi mereka yang berniat belajar dengan sungguh-sungguh. Inilah alasan mengapa banyak remaja-remaja desa memilih meneruskan pendidikan di kota. Sekolah maupun universitas ternama di kota sudah terdengar tidak asing bagi penduduk desa dan menjadi sorotan para orang tua yang menginginkan kesejahteraan anaknya di bidang pendidikan.

3. Kehidupan Kota Dinilai Menyenangkan

Kehidupan di kota tentu saja sangat berbeda dengan kehidupan di desa, kota lebih maju serta lebih canggih dalam banyak hal, semua kemajuan teknologi berpusat di kota. Untuk itulah banyak orang betah tinggal di kota, mulai dari banyaknya mall dan pusat perbelajaan, gedung-gedung tinggi yang mencakar langit, tempat-tempat hiburan, fasilitas internet lebih cepat, restoran dan hotel, dan lain-lain.

4. Alasan Pernikahan

Alasan pernikahan biasanya lebih banyak didominasi oleh wanita desa dalam hal ini. Misalnya, seorang wanita desa menikah dengan pria kota, pastinya si wanita akan ikut suaminya ke kota, alasan utamanya adalah kerena suami memiliki pekerjaan di kota. Begitu juga halnya dengan pria desa yang sudah memiliki pekerjaan di kota, ketika ia menikah dengan gadis tetangga di desanya, pastinya si gadis tersebut akan dibawa untuk tinggal di kota. Ya, seperti itulah fakta yang terjadi dan sangat jarang sekali orang kota yang mau tinggal di desa.


Catatan :

Meskipun kehidupan kota penuh dengan kesenangan, namun jangan salah karena banyak juga orang yang lebih memilih tinggal di desa, baca dua artikel berikut ini :

7 Alasan Seseorang Memilih Tinggal di Desa Daripada di Kota  

9 Kelebihan Masyarakat Desa Dibanding Masyarakat Kota.