7 Manfaat dan Keuntungan Blogwalking Untuk Membangun Blog Anda


PelangiBlog.Com - Seperti halnya dalam kehidupan nyata, Anda tentu tidak akan bisa hidup tanpa melakukan sosialisasi terhadap orang lain dan lingkungan sekitar. Ya, Kehidupan Anda sangatlah didukung oleh peran orang-orang di sekitar Anda sehingga Anda bisa sampai seerti sekarang ini. 

Begitu juga dalam dunia blog, blog Anda tentu membutuhkan blog-blog lain. Artinya, Anda tidak akan bisa membangun sebuah blog yang sukses tanpa adanya peran dari blog lainnya. Salah satu upaya yang harus Anda lakukan adalah dengan mengunjungi blog-blog lain, istilah seperti ini lebih dikenal sebagai blogwalking.


Apa itu Blogwalking ?

Blogwalking adalah salah satu upaya yang Anda lakukan untuk blog Anda dengan berkunjung ke blog-blog lainnya. Anda tidak perlu malu atau gengsi untuk mengunjungi blog lain meskipun berkunjung ke blog yang memiliki trafik lebih rendah daripada blog Anda. Blogwalking tidak hanya sekedar untuk berkunjung, tetapi hal yang juga perlu Anda lakukan adalah membaca konten pada blog lain dan memberikan komentar.


Apa Manfaat dan Keuntungan Blogwalking ?

Jangan pernah berpikir bahwa blogwalking hanya akan menguntungkan bagi blog yang Anda kunjungi, pemikiran seperti ini salah. Anda tentu dapat mendapatkan banyak manfaat dari aktivitas blog walking, juga berguna untuk blog Anda sendiri. Selain itu, blogwalking adalah salah satu upaya SEO yang Anda lakukan untuk blog Anda. Berikut ada manfaat dari aktivitas blogwalking untuk membangun blog Anda :

1. Mendapatkan Pengetahuan dan Informasi Baru
Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, dalam aktivitas blogwalking, Anda tidak hanya untuk berkunjung tetapi bacalah konten-konten menarik dari blog tersebut. Dengan ini tentu Anda akan mendapatkan pengetahuan dan informasi baru yang mungkin Anda baru mendapatkannya. Dan tentu tidak ada salahnya juga jika Anda juga turut berlangganan konten ke blog-blog lain.

2. Memunculkan Inspirasi Baru
Perlu Anda ketahui, inspirasi terkadang tidak hanya datang dari pikiran Anda saja, Anda tentu perlu membuka pikiran dengan membaca baik di buku maupun di konten blog lain. Nah, setelah Anda mendapatkan informasi baru, Anda juga akan mendapatkan inspirasi baru untuk menulis konten selanjutnya di blog Anda. Bahkan saya sendiri pun sering mendapatkan inspirasi baru setelah membaca konten di blog lain, Saya kira blogger lain pun juga demikian. 

Tetapi ingat, jangan pernah copy paste konten dari blog lain, ini memang cara instant untuk menulis tetapi sangat beresiko. Tulislah informasi yang Anda dapatkan dengan bahasa Anda sendiri, dan terbitkan konten baru di blog Anda. Bila perlu, cantumkan sumber dari informasi yang Anda dapatkan dalam tulisan Anda.

3. Menambah Koneksi
Koneksi sangatlah penting, bukan hanya dalam usaha berbisnis tetapi juga dalam hal blogging. Dengan blogwalking, berarti Anda sudah menambah koneksi blog Anda dengan blog yang Anda kunjungi. Semakin banyak Anda mendapatkan koneksi tentu semakin banyak pula peluang mendatangkan pengunjung.

4. Memperoleh Hal Yang Dibutuhkan Pengunjung
Kunjungilah blog-blog yang sukses, lalu pelajari bagaimana blog tersebut bisa sukses. Di sana, Anda akan mendapatkan banyak hal yang dibutuhkan pengunjung, baik dari konten, keywords, optimasi blog, dan lain-lainnya. Tentu saja Anda juga akan mendapatkan banyak tips dan saran di sana, lalu terapkan pada blog Anda.

5. Backlink
Blogwalking dengan meninggalkan komentar merupakan backlink yang Anda lakukan. Anda bisa bertukar link dengan pemilik blog tersebut atau Anda bisa menambahkan nama dan URL blog Anda sebagai profil pemberi komentar di beberapa blog. 

Tetapi, di sebagian blog, Anda hanya di izinkan menggunakan profil Google + untuk memberikan komentar. Meskipun dengan profil Google +, itu tetap saja backlink karena pengunjung lain juga akan menemukan konten-konten Anda pada Google + setelah sharing.

6. Promosi Blog
Blogwalking juga sangat identik dengan backlink dan promosi blog dengan meninggalkan komentar. Tinggalkan komentar yang ramah dalam blog tersebut, pemilik blog yang baik akan berusaha untuk berkunjung balik ke blog Anda. 

Meskipun pemilik blog tidak mengunjungi balik, tetapi terkadang pengunjung lain pun melihat komentar Anda dan mengunjungi blog Anda. Namun usahakan agar Anda tidak menempelkan link blog Anda saat memberi komentar karena beberapa blogger sangat sensitif terhadap link di komentar dan akan menghapusnya.

7. Membangun dan Meningkatkan Perkembangan Blog di Seacrh Engine
Perlu Anda ketahui juga bahwa SEO bukan hanya terkait dengan optimasi pada internal blog belaka. Tetapi segala upaya Anda untuk meningkatkan dan mengoptimalkannya di Search Engine adalah SEO, termasuk blogwalking. Point satu sampai enam di atas adalah upaya SEO yang bisa meningkatkan perkembangan blog Anda di Search Engine dan untuk meningkatkan jumlah pengunjung.