7 Dampak Buruk Foto Selfie, Hati-hati

PelangiBlog.Com - Berfoto selfie tentu sudah menjadi hal yang tidak asing lagi dalam dunia on...


PelangiBlog.Com - Berfoto selfie tentu sudah menjadi hal yang tidak asing lagi dalam dunia online maupun offline. Ya, berbagai macam pose unik dari pelaku selfie bisa dengan mudah ditemukan di mana-mana, baik dari kalangan wanita, pria, anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Apalagi teknologi mobile saat ini sangat mendukung untuk berfoto selfie, dan tidak bisa dipungkiri lagi bahwa selfie sudah menjadi gaya hidup dan watak yang mendunia.

Memang asyik, namun Anda perlu berhati-hati jika Anda juga salah satunya, selfie bisa saja memberikan dampak buruk bagi Anda. Nah to the point saja, berikut ada beberapa dampak buruk dari foto selfie :

1. Pencurian Foto
Foto selfie tidak lagi menjadi menarik kecuali mengunggahnya ke beberapa akun media sosial di internet. Nah, tentu ini akan membuka kesempatan bagi para pencuri foto untuk mengambil foto-foto tersebut secara bebas. Dan setiap orang bisa saja mencuri foto-foto tersebut untuk berbagai alasan, bahkan untuk alasan bisnis.

Fakta umum mengatakan bahwa akun media sosial cewek narsis bisa lebih mudah mendapatkan banyak followers dan teman. Tentu saja ini menjadi peluang emas bagi pemiliki akun media sosial bisnis untuk mendapatkan banyak followers dan mempromosikan bisnis mereka, dan masih banyak lagi motif pencurian foto di situs-situs media sosial.

2. Pengeditan Foto
Ini mungkin menjadi dampak yang paling merugikan, pencuri foto tidak hanya mencuri tetapi juga mengedit foto tersebut, misalnya foto telanjang dan foto-foto yang tidak pantas dilihat lainnya. Fenomena seperti ini sering terjadi di dunia online, bahkan untuk kalangan artis. 

Anda mungkin masih mengingat bahwa presiden kita, Bapak Jokowi, pernah menjadi salah satu korban pengeditan foto tidak senonoh oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Tentu akan menjadi hal yang sangat memalukan karena ini menyangkut nama baik dan harga diri.

3. Selfie itu Menipu
Pelaku selfie tentu ingin ia dinilai indah di mata orang lain dengan melakukan pose indah dan manis, tetapi kenyataannya terkadang foto selfie tersebut bersebrangan dengan kondisi asli. Jadi, Anda tidak seharusnya mengira bahwa setiap foto selfie memang benar-benar indah dan cantik.

4. Obsesi Berlebih
Salah satu penyebab seseorang sangat menyukai selfie adalah karena ia sangat terobsesi untuk tampil indah dan sempurna. Jika obsesi seperti ini berlebihan tentu akan berbahaya, ia akan merasa iri jika melihat orang lain tampil lebih cantik. Obsesi berlebih ini juga menuntutnya untuk berusaha dengan banyak cara agar ia bisa lebih cantik dan sempurna, bahkan dengan jalan operasi plastik atau lainnya.

Bahkan dalam berita dunia beberapa waktu lalu, beberapa pelaku selfie mendapat banyak kecaman dan terpaksa dicopot dari jabatan karena tidak menempatkan selfie pada kondisi dan waktu yang tepat, seperti seorang perawat berfoto selfie bersama pasien yang sekarat di Ambulans (Rusia), beberapa dokter dan perawat berfoto selfie bersama padahal tugas operasi belum diselesaikan (Korea Selatan), dan sebagainya.

5. Selfie Bisa Menunjukkan Karakter Buruk Pelaku
Hanya dari sebuah foto selfie, seseorang bisa mengetahui karakter pelaku selfie tersebut. Karakter asli tentu saja bisa dinilai dari bagaimana pose selfie yang dilakukan seseorang, pose selfie tidak senonoh tentu menunjukkan karakter buruk si pelaku. Tetapi secara umum, orang yang suka selfie lebih cenderung centil, gengsi, suka gaya, manja, merasa lebih cantik, ingin dan cari perhatian, agak individual, GR, dan sebagainya.

6. Respon Negatif dari Sebagian Orang
Selfie memang hak setiap orang asalkan tidak bertentangan dengan etika dan moral sosial. Selfie tanpa didasari etika dan moral sosial akan mendapat banyak kritikan dan respon negatif dari banyak orang. Selain itu, sebagian orang tidak menyukai pelaku selfie karena dinilai memiliki karakter yang kurang baik.

7. Selfie Tidak Baik Menurut Pandangan Agama
Agama islam selalu mengajarkan untuk menata niat melakukan segala aktivitas hanya untuk Allah. Tentu selfie sangat bertolak belakang dalam hal ini, niat pelaku selfie hanya untuk kepentingan pribadi dan menarik perhatian orang lain meskipun pelaku selfie masih menutup aurot. Ini adalah satu dari sekian banyak alasan mengapa selfie tidak baik menurut pandangan islam.

Baca juga artikel terkait :
Name

Bisnis Online Blogging Doa-doa Fiqih Gaming Inspirasi Internet Keluarga Kisah teladan Life Pekerjaan Pendidikan Relationship Religi Tips Tutorial Blog
false
ltr
item
Pelangi Blog: 7 Dampak Buruk Foto Selfie, Hati-hati
7 Dampak Buruk Foto Selfie, Hati-hati
http://4.bp.blogspot.com/-I3epMYvKMHQ/VVf5-80i90I/AAAAAAAABDc/o6h4LQaN_M0/s640/7%2BDampak%2BBuruk%2BFoto%2BSelfie%2C%2BHati-hati.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-I3epMYvKMHQ/VVf5-80i90I/AAAAAAAABDc/o6h4LQaN_M0/s72-c/7%2BDampak%2BBuruk%2BFoto%2BSelfie%2C%2BHati-hati.jpg
Pelangi Blog
http://www.pelangiblog.com/2015/05/7-dampak-buruk-foto-selfie-hati-hati.html
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/2015/05/7-dampak-buruk-foto-selfie-hati-hati.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy