Dampak Buruk Terlalu Lama Di Depan Komputer Dari Segi Kesehatan dan Sosial

PelangiBlog.Com – Kebiasaan duduk lama menghadap komputer dan laptop biasanya banyak dilakukan oleh para blogger, gamer, dan pekerja kantor. Orang-orang itu banyak menghabiskan waktu di depan komputer atau laptop dengan nikmatnya karena memang sudah menjadi hal yang biasa.

Namun, apakah Anda tahu bahwa terlalu lama berada di depan komputer atau laptop memberikan pengaruh dan dampak buruk terhadap diri ?. Jika dipikir secara logis, memang sesuatu yang berlebihan pastilah menimbulkan dampak buruk, begitu juga saat Anda terlalu lama berada di depan kompter atau laptop. Sayangnya, kebiasaan buruk semacam ini sering dianggap remeh dan kurang dipedulikan.

Jika Anda sering menghadap komputer atau laptop, boleh saja, namun Anda harus tahu batasan bagi diri Anda sendiri sehingga Anda bisa mengurangi waktu duduk Anda menghadap komputer atau laptop. Mengapa ? karena tidak disadari kebiasaan ini bisa saja berbahaya bagi Anda.

Dampak Buruk Terlalu Lama Di Depan Komputer Dari Segi Kesehatan dna Sosial

Dampak Buruk Bagi Kesehatan Fisik Tubuh
Ternyata, aktivitas berlebihan karena terlalu lama dan terlalu sering menghadap komputer atau laptop, bisa mengganggu kesehatan pada tubuh Anda. Ya, beberapa organ pada tubuh Anda tidak cukup kuat untuk mengemban beban berlebih dari aktivitas yang Anda lakukan ini, meskipun aktivitas ini hanya duduk dan dirasa tidak berat sama sekali :

  • Menggangu Kesehatan Mata
Radiasi dan kontras cahaya pada komputer atau laptop tentu sangat kurang baik bagi kesehatan mata. Bagi, orang yang belum terbiasa menghadap komputer, mata akan terasa agak panas dalam waktu sekitar 1 jam. Sedangkan Anda yang sudah terbiasa, memang tidak masalah tetapi akan mengganggu kesehatan mata dalam jangka panjang.

  • Menyebabkan Sakit Kepala
Selain menyerang mata, syaraf-syaraf pada mata pun masih terhubung dengan otak, sehingga tidak jarang banyak orang yang merasa sakit kepala setelah berjam-jam menghadap komputer atau laptop, apalagi dengan konsentrasi penuh dan perut kurang terisi.

  • Gangguan Pada Tulang Belakang
Pastinya, Anda berada di depan komputer sambil duduk bukan ?. Nah, akibat terlalu lama dalam posisi duduk juga menyebabkan rasa nyerih pada tulang belakang bagian bawah. Jika dibiarkan terus-menerus, maka tentu juga akan menyebabkan penyakit yang lebih fatal, misalnya syaraf pada tulang belakang terjepit, inilah resikonya.

  • Mudah Lelah dan Capek Karena Kurang Bergerak
Masalah kelelahan juga sama halnya sering terjadi, padahal cuma duduk tetapi terasa lelah, itukah yang biasa dirasakan. Ini juga menimbulkan efek lain ketika Anda mencoba melakukan aktivitas lebih keras, tubuh mudah lelah dan kurang kuat

  • Kegemukan
Selain mudah lelah, terlalu banyak duduk di depan komputer juga menyebabkan tubuh tidak dapat memproses lemak menjadi energi karena kurangnya aktivitas dan gerak tubuh.

  • Menyebabkan Beberapa Penyakit Kronis
Dalam sebuah peelitian di Amerika yang termuat dalam American Journal of Epidemiology menyatakan bahwa seseorang yang terlalu lama dalam posisi duduk lebih dari 6 jam sehari akan meningkatkan resiko kematian sebesar 18 %., ini diakibatkan karena beberapa penyakit kronis mematikan seperti penyakit jantung dan ginjal.


Dampak Buruk Dari Segi Sosial
Selain itu, aktivitas berlebih terlalu lama menghadap komputer dan laptop juga memberikan dampak yang kurang baik dalam hal berhubungan sosial. Logikanya, jika Anda sering menghadap komputer atau laptop, ini akan menjadikan kebiasaan sehari-hari, bahkan banyak pula orang yang sudah kecanduan, sehingga mereka merasa bahwa komputer seperti teman akrab yang jadi interaksi lebih baik bagi diri Anda.

Jika sudah begini, maka Anda akan melupakan hal-hal penting dalam berhubungan sosial dalam kehidupan nyata, misalnya malas berinteraksi sosial, suka mengabaikan orang lain, kadang lupa mencuci pakaian, dan lain sebagainya.