Cara Mengetahui dan Menemukan Nomor MTCN Google Adsense

Cara Mengetahui dan Menemukan Nomor MTCN Google Adsense

Untuk mencairkan uang pembayaran dari Google Adsense, Anda harus melakukan beberapa langkah, salah satunya adalah menyiapkan nomor MTCN usebagai salah satu persyaratan mengambil uang. Anda bisa membaca lebih lanjut proses pengambilan pada Cara Mencairkan Pembayaran Google Adsense Via Western Union di Kantor Pos.

Seperti halnya saya pada pertama kalinya, tentu agak bingung dan tidak mengerti bagaimana proses pengambilannya. Tentu untuk memuaskan hal ini, saya mencari beberapa tutorial dari blog lain, dan alhamdulillah sekarang sudh sedikit paham, khususnya masalah nomor MTCN yang akan menjadi topik pada posting ini.


Apa itu Nomor MTCN ?

MTCN adalah singkatan dari Money Transfer Control Number, ini adalah nomor yang harus Anda gunakan untuk mengisi formulir ketika Anda mengambil pembayaran dari Google Adsense melalui Western Union. Tentu nomor ini juga berfungsi sebagai syarat wajib yang menunjukkan Anda adalah pemilik yang berhak menerima pembayaran tersebut.

Nomor MTCN tentu akan muncul jika balance Anda di Google Adsense sudah siap dipanen, dan Anda juga sudah setting pembayaran via Western Union. Nomor MTCN juga berbeda-beda setiap kali Anda menerima pembayaran dari Google Adsense.


Bagaimana Cara Mengetahui dan Menemukan Nomor MTCN di Google Adsense ?

Bagi pemula seperti saya dulunya, tentu ini adalah hal yang hars diketahui, apalagi jika waktu panen pembayaran sudah dekat. Nah, berikut cara mengetahui nomor MTCN di akun Google Adsense Anda:

1. Login ke akun Google Adsense Anda

2. Klik “Payments” pada tanda gerigi di sebelah kanan atas 

3. Klik “Payment history” untuk mengetahui nomor MTCN, lihat gambar di bawah ini :

4. Klik link pada nomor MTCN tersebut untuk mengetahui informasi yang Anda perlukan, lihat gambar di bawah ini :

Nomor MTCN Western Union di Google Adsense

Nah, jika Anda sudah mengambil pembayaran dari Google Adsense di kantor pos atau sebagainya, maka Anda akan mendapati status telah terbayar pada halaman payment history, lihat gambar di bawah ini :

Status PAID Western Union Google Adsense


Mengapa Nomor MTCN Tidak Muncul Seperti Tutorial Di Atas ?

Jika Anda mengalami kendala tidak menemukan nomor MTCN Google Adsense, mungkin artikel berikut bisa membantu : Penyebab Nomor MTCN Google Adsense Tidak Muncul.

Catatan Penting :
Pihak Google Adsense telah meniadakan pembayaran via Western Union sejak tanggal 20 Agustus 2020. Jadi, tutorial dan penjelasan ini mungkin sudah TIDAK BERLAKU.