10 Kebiasaan Buruk Gamer Yang Harus Dihindari

10 Kebiasaan Buruk Gamer Yang Harus Dihindari

10 Kebiasaan Buruk Gamer Yang Harus Dihindari - Dalam era yang semakin maju ini, bermain game tidak hanya digemari oleh anak-anak, tetapi juga oleh para remaja dan orang dewasa, baik laki-laki maupun wanita. Tentu saja hal ini bisa terjadi karena banyaknya versi game menarik yang bisa menghibur dan juga fasilitas game yang bisa dengan mudah diakses baik melalui laptop maupun seluler.

Namun bagi mereka, para pecinta game, hoby bermain game bukan sekedar hanya untuk hiburan, tetapi bahkan sudah melekat menjadi candu setiap harinya. Tentu saja hal ini bisa menimbulkan kebiasaan buruk yang kurang bermanfaat. Dan berikut ada beberapa kebiasaan buruk para gamers yang harus dihindari :


1. Para Gamer Biasanya Suka Begadang

Tentu hal ini sudah tidak asing lagi di kalangan para gamers, khususnya game online, mereka sulit untuk mengatur waktu tidur. Begadang lebih sering dilkukan tiap malam dan sudah menjadi kebiasaan sehingga bangun di pagi hari pun agak kesiangan, bahkan ada juga yang masih tisur sebagai pembalasan waktu begadang.

Tentu hal semacam ini bisa menggangu kondisi kesehatan tubuh, sepatutnya kebiasaan buruk ini memang harus diperbaiki. Anda juga bisa membaca artikel yang terkait dengan point ini 7 Pengaruh dan Dampak Buruk Tidur Pagi Hari

2. Merokok Menjadi Teman Setia Saat Main Game

Kebiasaan merokok memang sudah dilakukan oleh banyak orang, alasan mengapa seseorang merokok memang sangat banyak dan berbeda-beda. Tetapi dalam hal ini, menikmati malam dengan bermain game sambil merokok memang sangat indah bagi para gamers. Ya, ini tentu sudah menjadi kebiasaan yang banyak dilakukan oleh para gemers dan harus dihindari karena memang banyak dampak buruk dari merokok, baca lebih lanjut pada 7 Pengaruh dan Dampak Buruk Merokok

3. Kecanduan Kopi

Jika merokok sudah menjadi kebiasaan, maka tentu secangkir kopi pun juga turut menemani, apalagi saat begadang. Ya, memang dalam sisi lain, mengkonsumsi kopi memberikan beberapa manfaat bagi tubuh, tetapi kecanduan kopi bisa saja menjadi masalah bagi tubuh Anda, khususnya bagi Anda yang sering terkena mag.

4. Terkadang Saking Asyiknya Sampai Lupa Makan

Pernahkan Anda lupa makan karena sesuatu ? bagi para gamers mungkin hal itu sudah biasa. Faktanya, saat bermain game, mereka selalu memusatkan konsentrasi dan sangat menikmati, tentu saja rasa lapar akan hilang. Tetapi, ini berlanjut, tentu akan menggangu kesehatan dan menimbulkan beberapa penyakit.

5. Kadang Juga Sampai Malas Mandi

Anda mungkin akan tertawa saat membaca point ini, tetapi ini memang nyata dilakukan oleh beberapa gamers. Ya, malas mandi bisa saja terjadi karena keasyikan bermain game, padahal mandi merupakan kebutuhan penting untuk membersihkan tubuh dan sepatutnya kebiasaan ini harus dihindari. 

6. Asyik Main Game Jadi Malas Bergerak

Tidak hanya malas mandi, tetapi malas melakukan aktivitas lain selain bermain game. Ya, ini juga kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan. Jika Anda juga adalah seorang gamers, tentu Anda juga merasakan hal yang sama. 

Ya, menghabiskan waktu dengan menghadang layar LCD setiap harinya, tentu akan membuat para gamers merasa bahwa hiburan paling menarik dalam kehidupan adalah bermain game. Sehingga, dampak buruk dari kebiasaan ini adalah malas bergerak dan melakukan aktivitas, selain bermain game.

7. Kurang Mudah Bersosialisasi Dengan Masyarakat

Dampak buruk selanjutnya dari kebiasaan bermain game adalah menghabiskan hari-hari di dalam kamar dan kurang bersosialisasi dengan masyarakat kampung. Seharusnya, para gamers bisa menempatkan waktu dengan tepat, ada waktu untuk bermain game, ada waktu untuk bersosialisasi, dan ada waktu untuk melakukan aktivitas penting lainnya.

8. Cuek Dengan Orang Sekitar

Pernahkah Anda mendengar seseorang putus dengan pacar karena game ? atau “Kalau saya nerusin game, bisa diputusin pacar nih” ?. Faktanya, bukan hanya cuek dengan pacar, bahkan perintah orang tua dan ajakan teman pun diabaikan karema konsentrasi game. Ini merupakan etika yang kurang baik dalam bersosial, dan sepatutnya dihindari.

9. Rela Keluarkan Banyak Uang 

Saya juga memang suka bermain game, tetapi game yang saya sukai saat ini adalah Dota 2. Jika saya melihat para pembeli items Dota 2 di kaskus dan facebook group, saya mulai berpikir bahwa gamers ternyata juga boros hanya untuk membeli items untuk koleksi di inventory, tentu agar terlihat bergaya jika bermain dengan tampilan pakaian dan senjata yang menarik. Tetapi, ini tidak hanya terjadi pada Dota 2 game, bahkan juga untuk game-game lainnya.

10. Keluarnya Kata-kata Kotor dan Umpatan

Anda tidak perlu kaget jika ada seseorang bermain game sambil mengeluarkan kata-kata kotor. Itu sudah menjadi kebiasaan bagi mereka, apalagi karena kalah dengan musuh, terkena serangan, atau hal lain yang menyebalkan.

Masalah utamanya adalah mengeluarkan kata-kata kotor tersebut bisa saja menjadi kebiasaan dalam berbicara sehari-hari. Jika sudah demikian, tanpa disadari etika dan moral dalam berbicara pun diabaikan, kebiasaan mengeluarkan kata-kata kotor sepert ini wajib dihilangkan tentunya.

Baca juga artikel lainnya :

10 Kebiasaan Buruk Yang Harus Dihindari Remaja 

Bahaya dan Dampak Buruk Akibat Kecanduan Game Dari Segi Fisik, Psikis, dan Sosial