Bahaya dan Dampak Buruk Akibat Kecanduan Game Dari Segi Fisik, Psikis, dan Sosial

Bahaya, akibat, pengaruh, dan dampak buruk kecanduan game online maupun offline


PelangiBlog.Com – Hoby bermain game memang sudah tidak asing lagi kita temui dalam kehidupan sehari-hari, baik wanita maupun pria, baik anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Ini karena fasilitas mobile yang semakin modern, di mana game tidak hanya bisa dimainkan melalui sebuah PC, tetapi lebih simple hanya dengan mobile genggam yang bisa di bawa kemana-mana dan kapan pun pengguna ingin meminkannnya.

Baca juga : 10 Kebiasaan Buruk Gamers Yang Harus Dihindari.

Memang tidak masalah jika memainkan sebuah game sebagai hiburan, tetapi kamu perlu lebih mengoreksi diri karena ada beberapa efek buruk karena kecanduan game online. Berikut ini ada beberapa bahaya dan dampak buruk akibat kecanduan game :

Segi Fisik :

1. Begadang, Bangun Kesiangan
Sudah menjadi kebiasaan buruk bagi para gamer, mereka melakukan begadang dan bangun kesiangan. Tentu hal semacam ini sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh, misalkan lebih mudah kelelahan saat beraktivitas, rawan terkena penyakit, dan lainnya.

2. Lupa Makan Mengganggu Kesehatan Pencernaan
Ya, lupa makan atau bahkan malas makan tentu sering dialami bagi mereka para pecandu game, ini karena konsentrasi dalam menikmati game. Jika ini terus berlanjut, maka kondisi pencernaan tubuh akan terganggu sehingga menimbulkan beberapa penyakit seperti maag, dan lainnya.

3. Kurang Bergerak Menyebabkan Tubuh Kurang Sehat
Para pecandu game lebih sering menghabiskan waktu di depan komputer, duduk dan menikmati game. Kondisi seperti ini menyebabkan mereka kurang bergerak, padahal untuk menyeimbangkan kesehatan tubuh, seseorang butuh melakukan aktivitas kecil selain olahraga.

4. Kesehatan Mata Terganggu
Tentu ini juga tidak asing lagi, karena gamer selalu menghadapkan mata pada komputer. Radiasi yang dipancarkan komputer sangatlah tidak baik bagi kesehatan mata. Kesehatan mata akan terganggu secara tidak disadari, apalagi bagi anak kecil.

Segi Psikis :

5. Mengganggu Proses Pendidikan
Kecanduan game juga sangat mempengaruhi proses belajar mengajar, sehingga nilai sekolah kurang memuaskan dan tidak tercapai semaksimal mungkin. Malas belajar atau bahkan sampai bolos sekolah tentu sering ditemui dari kalangan anak-anak sekolah karena lebih mementingkan bermain game.

6. Kedewasaan Lebih Cenderung Tidak Berkembang
Kebiasaan bermain game juga menyebabkan memory otak hanya terisi oleh beberapa tokoh fiktif dalam sebuah game. Tentu saja ini menjadi masalah pada kedewasaan seseorang tidak kunjung berkembang.

7. Mudah Stress Jika Ada Masalah
Alasan utama para pencandu game adalah karena kesenangan dan hiburan, bahkan mereka melakukannya untuk menghilangkan kejenuhan. Tetapi jika suatu ketika mereka ditimpa sebuah masalah, game tidak lagi menjadi solusi, akibatnya adalah putus asa, stess, dan bahkan sampai depresi.

8. Kurang Peduli Masa Depan
Nah, ini dia penyakit yang biasa dialami oleh pecandu game, kurang peduli dengan masa depan. Logikanya, kesenangan bermain game memaksa seseorang untuk terus melakukkannya, alhasil kepentingan terkait masa depan terabaikan, misalnya mengabaikan sekolah, masih santai tanpa pekerjaan tetap, dan lain sebagainya.

Segi Sosial :

9. Malas Berinteraksi Dengan Orang Lain
Kecanduan game sangat mempengaruhi seseorang dalam hal bersosialisasi dengan masyarakat sekitar. Maunya hanya berada di depan komputer atau HP diramaikan dengan game sebagai hiburan.

10. Mengabaikan Orang Lain
Pernahkah kamu melihat seseorang cuek dengan temannya karena serius bermain game ?. Saya yakin kamu sering melihatnya, ya seperti itulah salah satu kebiasaan buruk para pecandu game, mengabaikan teman bicaranya.

11. Kebiasaan Mengeluarkan Kata-kata Kotor
Para game juga suka mengeluarkan kata-kata kotor, apalagi jika mereka kalah atau melakukan kesalahan saat bermain game. Kebiasaan buruk seperti ini akan terbawa pada kehidupan sehari-hari dalam bergaul, tentu sangat kurang baik dalam etika sosial.

12. Berbohong
Memang game tidak membuat seseorang untuk melakukan kebohongan, tetapi ini bisa saja terjadi. Misalkan saja siswa yang ditanya gurunya “mengapa tidak masuk sekolah ?”, pasti ia malu mengatakan “karena bermain game”.

Baca juga : Dampak Buruk Terlalu Lama Di Depan Komputer Dari Segi Kesehatan dan Sosial.
Name

Bisnis Online Blogging Doa-doa Fiqih Gaming Inspirasi Internet Keluarga Kisah teladan Life Pekerjaan Pendidikan Relationship Religi Tips Tutorial Blog
false
ltr
item
Pelangi Blog: Bahaya dan Dampak Buruk Akibat Kecanduan Game Dari Segi Fisik, Psikis, dan Sosial
Bahaya dan Dampak Buruk Akibat Kecanduan Game Dari Segi Fisik, Psikis, dan Sosial
Bahaya, akibat, pengaruh, dan dampak buruk kecanduan game online maupun offline
https://3.bp.blogspot.com/-m3AIGvxeKlA/VeQzVl2ItPI/AAAAAAAABOY/74iIYXacILw/s640/10%2BKebiasaan%2BBuruk%2BGamers%2BYang%2BHarus%2BDihindari.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-m3AIGvxeKlA/VeQzVl2ItPI/AAAAAAAABOY/74iIYXacILw/s72-c/10%2BKebiasaan%2BBuruk%2BGamers%2BYang%2BHarus%2BDihindari.jpg
Pelangi Blog
http://www.pelangiblog.com/2015/12/bahaya-dan-dampak-buruk-akibat.html
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/2015/12/bahaya-dan-dampak-buruk-akibat.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy