Cara Menggunakan Flag Counter di Blog

Cara Menggunakan Flag Counter di Blog - Dalam rangka melihat status monitoring blog, para pemilik blog sering kali memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh situs-situs tracking blog. Ini berguna untuk mengetahui seberapa banyak dan apa saja aktivitas pengujung saat mengunjungi blog.

Aktivitas-aktivitas pengunjung yang dimaksud, di antaranya mulai dari artikel apa saja yang dikunjungi, berapa banyak pengguna yang sedang online, pengunjung dari negara mana saja, dan lain-lainnya. Tentu ini dirasa sangat perlu agar pemilik blog mengetahui peningkatan dan perkembangan trafik mereka.

Salah satu situs tracking blog yang bisa dimanfaatkan di sini adalah situs Flag Counter. Untuk itulah, artikel kali ini akan membahas mengenai apa itu Flag Counter, apa keuntungan dan kekurangannya, dan bagaimana cara menggunakan Flag Counter.


Apa itu Flag Counter?

Flag Counter juga salah satu situs website yang memberikan jasa gratis untuk melacak dan mengetahui aktivitas pengunjung berdasarkan negara asal. Flag Counter menampilkan icon bendera negara yang mewakili negara asli dan ditampilkan di widget blog sebagai hasil pelacakan.

Jika ditinjau dari cara kerjanya, pemilik blog hanya perlu mengatur dan memasang kode script tertentu di widget blog. Setelah itu, Flag Counter akan menampilkan hasil pelacakan berupa bendera negara asal di layar widget blog.

Berikut ini adalah tampilan hasil analisis pelacakan yang dilakukan Flag Counter:

Apa itu Flag Counter?


Bagaimana Cara Menggunakan Flag Counter?

Seperti yang telah diulas, untuk memanfaatkan fitur tracking Flag Counter, setiap pemilik blog harus memasang kode script di blognya. Beginilah langkah yang harus dilakukan:

  • Kunjungi situs Flag Counter.
  • Atur tampilan prefensi Flag Counter yang akan dipasang di blog sesuai keinginan.
  • Jika sudah selesai, klik “Get Your Flag Counter”.
  • Setelah itu akan muncul kolom yang berisi permintaan untuk update notifikasi via email. Jika ingin mengabaikannya, bisa klik “Skip”.
  • Copy kode script pada kolom “Code for websites (HTML)”.
  • Paste dan letakkan di widget blog.

Selanjutnya, pemilik blog hanya perlu menunggu dan mengamati bagaimana Flag Counter akan menyajikan data setiap pengunjung dari berbagai negara. Data tersebut bisa dilihat dari icon bendera negara dan jumlah angka yang menunjukkan banyaknya pengunjung dari negara itu.

Adapun pemasangan widget Flag Counter, bisa diletakkan di bagian sidebar atau di bagian bawah blog (footer). Keduanya adalah area strategis yang bisa dlihat jelas oleh setiap pengunjung yang mampir ke blog.

Coba lihat tutorial video bagaimana cara menggunakan Flag Counter di blog:


Apa Kelebihan Menggunakan Flag Counter?

Ada beberapa kelebihan dan keunggulan dalam memanfaatkan fitur tracking Flag Counter pada blog. Di antara kelebihan dan keunggulannya adalah:

1. Menggunakan Flag Counter Gratis Tanpa Berbayar

Kelebihan Flag Counter pertama adalah situs web ini memberikan jasa tracking secara gratis. Fitur tracking blog ini dapat dimanfaatkan oleh semua pengembang blog untuk melakukan tracking blog mereka.

2. Menggunakan Flag Counter Sangatlah Mudah

Tak hanya gratis saja, penggunanya juga tidak diharuskan untuk regiser dan login. Untuk memanfaatkan jasa tracking gratis ini, pengguna perlu mendapatkan kode script. Setelah itu, ia hanya perlu memasangnya di widget blog. Idealnya, pemasangan ini diletakkan di sidebar atau bagian footer halaman agar dapat terlihat lebih jelas oleh pengunjung.

3. Pengguna Flag Counter Dapat Mengatur Prefensi Tampilan

Dalam proses mendapatkan kode script di situs Flag Counter, pengguna diberikan kebebasan untuk mengatur tampilan widget Flag Counter sesuka mereka. Pengguna Flag Counter dapat memilih ukuran bendera, gaya tampilan, dan tampilan jumlah pengunjung. Pastikan pula dalam mengatur prefensi tampilan ini disesuaikan dengan desain situs blog untuk melebih mengoptimalkan desain dan tampilannya. 

4. Flag Counter Support Untuk Banyak Flatform Blog

Flag Counter juga support pada beberapa platform blog seperti blogger, wordpress, dan lainnya. Jika kamu pengguna flatform blogger, kamu juga dapat lebih mudah menggunakan jasa tracking Falg Counter ini.


Apa Kekurangan Menggunakan Flag Counter?

Pada poin ini, saya juga akan membahas tentang kekurangan Flag Counter. Ini sebagai bahan pertimbangan apakah menggunakan Flag Counter atau tidak. Kamu juga dapat menimbang manakah yang lebih berat antara kelebihan dan kekurangan Flag Counter:

1. Flag Counter Memberikan Data Tidak Akurat dan Tidak Real

Meskipun Flag Counter memiliki banyak kelebihan dan keunggulan, namun ada kekurangan yang perlu untuk diketahui di sini. Bisa dikatakan bahwa data yang disajikan oleh Flag Counter adalah data yang tidak akurat dan tidak real. Yang dimaksud data tida akurat dan tidak real di sini adalah data dari aktivitas bukan manusia (noh-human) dan data anorganik.

Aktivitas platform bot (sistem robot) yang merayapi blog akan dihitung oleh Flag Counter. Termasuk juga aktivitas robot dari Flag Counter yang merayapi, itu juga dihitung. Ini hanyalah salah satu contoh kasus, tentu masih banyak contoh kasus tentang aktivitas non human dan anorganik lainnya.

Google Search Engine (Mesin Pencari Google) sangat menyukai rayapan dari aktivitas human dan aktivitas organik. Bagi Google Search Engine, aktivitas rayapan non human dianggap sebagai aktivitas sampah dan tidak mempengaruhi naiknya trafik blog di Search Engine.

Saya tidak mengatakan dan mengklaim bahwa Flag Counter berpengaruh buruk pada trafik blog. Yang saya jelaskan di sini adalah hasil data yang disajikan oleh Flag Counter banyak berasal dari aktivitas non human dan anorganik. Artinya, data ini tidak akurat dan tidak real, juga tidak berpengaruh baik bagi trafik blog di mata Google.

Jika hanya sekedar ingin mengetahui pengunjung dari negara lain, platform blogger juga sama-sama memberikan informasi dan data pengunjung dari berbagai macam negara. Saya rasa, data dari platformblogger sendiri lebih akurat daripada data dari Flag Counter, meskipun sama-sama menyajikan data non human.

2. Flag Counter Bisa Memberatkan Akses Blog

Penggunaan kode script yang tidak diperlukan tentu akan mempengaruhi beratnya loading blog. Begitu juga penggunaan script Flag Counter, ini akan mempengaruhi akses loading blog, terutama bagi para blogger yang bekerja sama dengan pihak pengiklanan seperti Google Adsense dan lainnya.

Menambah beban loading pada blog tidak hanya berpengaruh pada trafik, tetapi juga bisa mempengaruhi hasil pendapatan dari iklan. Ingat, Google menilai blog mengutamakan kenyamanan pengunjung. Dan salah satu cara untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung adalah memberikan akses cepat pada blog.


Kesimpulan

Flag Counter memang gratis dan mudah untuk digunakan, tetapi mengingat kekurangannya, saya tidak merekomendasikan untuk memasangnya di widget blog. Tentu saja saya berbicara berdasarkan pengalaman menggunakan Flag Counter di blog ini (dulu). Saya sendiri merekmendasikan untuk memanfaatkan Google Analytics karena jauh lebih akurat dan lebih real daripada Flag Counter.

Demikian artikel tentang cara menggunakan Flag Counter di blog ini. Semoga bisa memberi sedikit wawasan, pertimbangan, dan pengetahuan tentang dunia online, terima kasih.