9 Penyebab Umum Pendapatan Google Adsense Selalu Rendah

PelangiBlog.Com – Menjadi publisher Google Adsense adalah bisnis blog yang menguntungkan. Sayangnya, hal itu tidak semudah seperti yang diomongkan di artikel-artikel blog. Butuh kerja keras dan upaya maksimal untuk mencapainya, karena kesuksesan tidak datang secara tiba-tiba.

Untuk itu, perlu mengetahui berbagai penyebab mengapa pendapatan Adsense tidak kunjung naik. Dengan demikian, tentu kamu bisa berpikir lebih kritis untuk mengupayakan bagaiman cara sukses di Google Adsense melalui blog. Berikut ini beberapa penyebab mengapa pendapatan Google Adsense selalu rendah :

1. Rendahnya Trafik Blog dan Pengunjung
Faktor paling utama mengapa pendapatan adsense kamu masih rendah adalah karena trafik yang masih rendah. Jika trafik blog kamu masih rendah, makan tentu pengunjung juga sedikit. Jika pengunjung blog sedikit, maka tentu kemungkinan klik iklan juga sedikit, sederhana bukan ?. Untuk itu, tetaplah fokus untuk memperjuangkan trafik blog kamu dan memperbanyak pengunjung.

2. Pengaruh Teknis : Tipe dan Ukuran Iklan
Tipe dan ukuran iklan juga menjadi salah satu penyebabnya, jangan memilih tipe dan ukuran iklan sekeinginan sendiri, karena tipe dan ukuran iklan mempengaruhi pendapatan adsense kamu. Google Adsense memberikan rekomendasi terkait teknis iklan kepada para mitra untuk menggunakannya.
  • Tipe iklan yang direkomendasikan Google Adsense adalah image dan text
  • Ukuran yang direkomendasikan Google Adsense adalah ukuran iklan responsive, 728x90, 336x280, 320x100, 300x600, dan 300x 250.
 3. Nilai Per Klik Rendah
Ini juga termasuk, terkadang meskipun kamu memiliki pengunjung yang lumayan, pendapatan Adsense masih tetap tidak meningkat, alasan sederhananya adalah nilai setiap klik rendah. Mengapa nilai klik rendah ? karena kamu hanya sekedar posting dengan judul menarik tanpa menerapkan riset high paying keyword.

Riset high paying keyword adalah keyword yang memiliki CPC (Cost Per Click) dengan nilai tinggi saat diklik pengunjung, keyword seperti ini ditawarkan oleh pihak pengiklan kepada Google Adsense. Jika kebetulan konten kamu mengandung high paying keyword, maka tentu nilai per klik iklan akan sangat besar. Kamu bisa mempelajari keyword yang paling mahal di Google Keyword Planner.

4. Banyak Pasang Iklan Di Blog
Jangan meniru situs populer dengan memasang banyak iklan Adsense. Mereka memiliki ribuan pelanggan setia yang datang setiap saat. Memang semakin banyak iklan memungkinkan semakin banyak klik, tetapi nilai klik itu juga semakin rendah. Bagi kita yang masih tahap awal blogging, 3 unit iklan sudah cukup.

5. Kurang Strategis Menempatkan Iklan
Jangan menempatkan posisi iklan pada tempat di mana pengunjung tidak melihat iklan itu. Tetapi, saya kira setiap blogger sudah menerapkan iklan di posisi strategis di blog, seperti di header, sidebar, di bawah dan di atas judul posting, di tengah dan di bawah posting.

6. Menduakan Google Adsense
Jika kamu memang menjadi publisher Adsense, sebaiknya hanya memasang iklan Adsense saja di blog. Jangan memasang iklan selain Adsense karena akan mengurangi pendapatan, bahkan bisa kena banned oleh pihak Adsense.

7. Konten Blog Tidak Berkualitas
Kualitas konten juga menjadi pengaruh dalam hal ini, karena konten selalu menjadi prioritas utama kamu mendapatkan pengunjung. Adapun contoh konten yang kurang berkualitas adalah sebagai berikut :
  • Miskin kata atau konten sangat sedikit
  • Konten yang didapat dari copy paste
  • Konten tidak Niche blog (menerbitkan konten yang tidak digemari pengunjung), misalkan konten yang berbau curhat masalah pribadi adalh konten yang jarang dicari oleh pengunjung.
8. Pengaruh Template Blog
Template blog juga bisa penjadi salah satu faktor yang menyebabkan kamu mendapatkan penghasilan Google Adsense selalu rendah. Apa saja template yang termasuk kategori dalam hal ini :
  • Template blog memiliki akses sangat lambat
  • Template blog tidak responsive
  • Template blog tidak support dengan mobile blog
  • Template blog berwarna gelap, khususnya pada posting blog.
9. Pengaruh Extensions Browser dan Add-ons
Nah, meskipun kamu sudah mencegah dan mengupayakan agar pendapatan Adsense semakin meningkat, tetapi kenyataannya pendapatan masih saja rendah, kemungkinan besar pengunjung kamu menggunakan aplikasi Extensions Browser dan Add-ons, seperti Adblock untuk memblock iklan.


Untuk itu, kamu juga perlu mengoptimalkan bagaimana cara agar pendapatan Adsense kamu kian hari kian meningkat, baca tips dan trik berikut ini : 10 Cara Meningkatkan Hasil Pendapatan Google Adsense.