9 Tips Cepat Selesaikan Tugas Skripsi, Lulus Memuaskan


PelangiBlog.Com – Apa kamu juga sedang menyelesaikan pendidikan kuliah ? atau memang sedang menyelesaikan tugas akhir skripsi ?. Ya, skripsi adalah mata kuliah akhir sebagai syarat kelulusan untuk menyandang gelar sarjana. Bisa dikatakan bahwa skripsi adalah tugas kuliah paling berat dari semua mata kuliah.

Menyelesaikan tugas skripsi sangat berat dan tidak seharusnya dianggap enteng, keinginan, ketercapaian, batas waktu, kegelisahan, pusing, hal-hal sulit selama kuliah ada di sini. Ibarat mendaki gunung yang paling tinggi, tugas skripsi membuat lelah dan gelisah jika tidak kunjung tuntas, bahkan banyak pula mahasiswa yang menyerah.

Namun, tidak seharusnya pula keputus asaan untuk menyelesaikan skripsi menghalangi niat kamu untuk mendapatkan gelar sarjana lebih cepat. Ada beberapa langkah dan tips yang bisa kamu lakukan untuk selesaikan tugas skripsi dengan cepat, berikut tipsnya :

1. Mulai Dari Diri Kamu Sendiri
Ingatlah bahwa tugas skripsi bukanlah tugas tugas biasa seperti mata kuliah sebelumnya. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memulai dari diri sendiri. Bekerjalah lebih keras untuk menyelesaikan tugasmu, jangan pernah menunda-nunda bahkan jika ada banyak waktu kosong.

2. Rencanakan Target Tuntas
Rencana ini seharusnya sudah ada ketika kamu masih menginjak semester 6 atau 7. Merencanakan apa judul, dan topik yang akan kamu ambil untuk skripsi kamu saat menginjak semester akhir nanti. Ini penting karena jika kamu baru merencanakan judul dan topik skripsi di semester akhir, kemungkinan sudah sedikit terlambat.

Nah, jika kamu sedang menggarap skripsi, rencanakan semuanya dengan matang, mulai dari judul dan pengembangannya, isi proposal, metodologi penelitian, dan lain sebagainya terkait materi skripsi, setidaknya ada gambaran apa yang akan kamu tulis dalam isi skripsimu nanti.

Oh ya, perlu juga merencanakan kapan kamu bisa menyelesaikan skripsimu, tentu sebagai penyemangat dan tanggung jawab karena kamu memiliki batas waktu yang ditentukan. Dengan begini kamu akan merasa giat untuk mengerjakannya.

3. Baca Skripsi Mahasiswa Senior
Dengan mengetahui isi skripsi mahasiswa yang telah lulus, kamu bisa mengambil banyak ilmu dari sana. Bukan hanya sebagai refrensi, tetapi juga contoh bahan untuk skripsi kamu dan memberikan ide baru untuk dikembangkan, apalagi jika judul dan isinya ada kemiripan dengan judul dna isi skripsi kamu.

4. Perbanyak Konsultasi Kepada Dosen Pembimbing
Perlu kamu ketahui bahwa dosen pembimbing tidak akan membantumu menyelesaikan skripsi. Mereka hanya pembimbing dan pengarah atas ide dan alur pikir dalam isi materi pada skripsi kamu. Jadi walau bagaimana pun kamu adalah subjek utama atas ketercapainnya tugas kamu.

Kendatipun demikian, dosen pembimbing lebih berpengalaman dalam langkah-langkah dan struktur pembuatan skripsi, mereka pun suka dengan mahasiswa yng aktif dan bersemangat. Jadi, perbanyak konsultasi terkait semua isi skripsi, mereka akan membimbing dan mengarahkan mana langkah yang seharusnya kamu ambil. Jika kamu jarang konsultasi, jangan harap kamu bisa menyelesaikan skripsimu dengan lancar.

5. Jangan Banyak Bantah, Turuti Kemauan Dosen Pembimbing Terkait Materi Skripsi
Dosen tidak sepenuhnya paham dengan mater yang ada alam isi skripsimu, mereka hanya akan mengarahkan langkahmu, tetapi terdadang dosen pembimbing sangat paham betul dengan isi skripsi kamu. Nah, langkah yang harus kamu lakukan adalah mengambil semua arahan dari dosen pembimbing. Jangan banyak bantah karena kecerobohan ini tidak akan menguntungkanmu.

6. Konsultasi Pula Dengan Mahasiswa Senior
Kamu tidak cukup hanya konsultasi kepada dosen pembimbing, tetapi juga pada mahasiswa senior lainnya. Setidaknya jika kamu berkonsulatasi dengan mahasiswa senior, kamu akan mendapatkan arahan pula, juga mendapatkan ide-ide baru.

7. Perbanyak Koleksi Refrensi, Baca Kemudian Tuangkan
Isi skripsi adalah hal-hal yang bersifat logis yang harus bisa dipertanggung jawabkan, jangan asal menulis dengan ide sendiri tanpa ada dasar kuat. Untuk mendapatkan dasar kuat dari pemikiran, kamu perlu mengoleksi beberapa buku yang terkait materi skripsi kamu, kamu juga akan bisa mendapatkan banyak bahan dari situs onine terpercaya. Baca, pahami kemudian tuangkan ide itu dalam bentuk tulisan.

8. Buat Tugas Skripsi Senyaman Mungkin Dengan Menyempatkan Diri Untuk Refreshing
Menyelesaikan tugas skripsi memang membuat jenuh, gelisah, pusing, dan tekanan batin. Jangan terlalu terbebani dengan hal-hal sulit ini, buatlah smeua menjadi mudah dan nyaman. Sesekali sempatkan diri untuk melakukan penyegarah pikiran, tentu agar pikiran kamu tetap jernih, tetapi jangan sampai terbawa oleh suasana sehingga kamu lalai mengerjakan tugasmu.

9. Perbanyak Doa dan Shodaqoh
Jika kamu percaya Tuhan, maka Tuhan pasti ada dibalik semua hal dalam kehidupan kamu, di sinilah fungsi doa dan shodaqoh. Berlatar dari doa dan shodaqoh, kamu berarti meminta kepada Tuhan untuk mempemudah setiap jalan kesusahanmu. Percayalah bahwa Tuhan pasti mendengarkan permintaanmu, kemudian mengabulkannya.

Baca juga : 10 Situs Ini Sangat Membantu Selesaikan Skripsi