13 Tips Menghindari dan Mencegah Terjadinya Perceraian Dalam Rumah Tangga

PelangiBlog.Com - Menjalin sebuah rumah tangga yang harmonis bukanlah sebuah hal yang mudah....


PelangiBlog.Com - Menjalin sebuah rumah tangga yang harmonis bukanlah sebuah hal yang mudah. Banyak masalah rumit yang akan terjadi dan ujung fatal dari masalah tersebut adalah perceraian, Anda mungkin sudah sering melihat kasus perceraian di lingkungan Anda. Sebaiknya, masalah perceraian tidak dianggap remeh, karena dampak dari perceraian bukan hanya melibatkan Anda dan pesangan Anda, tetapi juga anak-anak dan keluarga masing-masing pihak.

Konsekuensi dari sebuah pernikahan adalah mewujudkan rumah tangga dan damai, indah, tenang, harmonis, dan menghindari hal-hal yang merujuk pada perceraian. Nah, berikut ada beberapa tips efektif untuk mencegah sekaligus menghindari terjadinya perceraian dalam rumah tangga :

1. Cukupi kebutuhan lahir
Kebutuhan lahir bisa meliputi finansial, pangan, rumah, perabotan, dan beberapa kebutuhan sekunder lainnya. Semua kebutuhan lahir akan bisa didapatkan jika ekonomi rumah tangga dalam keadaan yang cukup. Pastikan Anda mempunyai pekerjaan yang layak sebelum menikah dan bisa mencukupi kebutuhan lahir rumah tangga, khususnya bagi seorang suami.

2. Cukupi kebutuhan batin
Salah satu penyebab terjadinya perceraian adalah karena kebutuhan batin tidak tercukupi. Anda mungkin lebih sering mendengar kebutuhan batin dengan sebutan sex. Ini penting karena salah satu tujuan utama pernikahan adalah untuk memenuhi hasrat sex secara halal.

3. Pastikan komunikasi aktif 
Komunikasi adalah hal yang sangat pokok dalam sebuah rumah tangga. Komunikasi pasif antara suami istri bisa menimbulkan berbagai masalah yang menyebabkan terjadinya perceraian. Pastikan Anda lebih mengenal pasangan Anda untuk menumbuhkan komunikasi aktif.

4. Bersikaplah terbuka
Bersikap terbuka bisa berarti Anda mendiskusikan setiap masalah rumah tangga kepada pasangan Anda. Apapun masalah yang datang dalam rumah tangga adalah tanggung jawab kedua pasangan, jadi jangan menyimpan dan memendam masalah itu sendiri. Selain itu, masing-masing psangan harus mengetahui semua hal tentang rumah tangga, misalkan penghasilan uang, pengeluaran uang, dan hal-hal lainnya.

5. Hindari deskriminasi
Pastikan Anda tidak mempermasalahkan perbedaan status keluarga dengan pasangan Anda. Kaya, miskin, bentuk rupa dan fisik adalah sama, hanya hati yang membedakan Anda dengan pasangan Anda dihadapan Tuhan. Anda masih membutuhkan pasangan Anda dalam kehidupan rumah tangga tanpa harus mengungkit masalah status keluarga.

6. Hindari fanatik tentang perbedaan ide
Setiap manusia mempunyai ide, pendapat, prinsip, keyakinan, dan pemikiran yang berbeda dengan lainnya. Jika terjadi perbedaan ide dan pemikiran, maka jadikan perbedaan itu untuk memahami kondisi satu dengan lainnya dan mencari solusi. Anda tidak perlu fanatik dan mempermasalahkan perbedaan ide karena hal ini dapat menyebabkan masalah lebih besar dan berujung pada perceraian.

7. Berikan perhatian untuk pasangan Anda
Seperti ketika berpacaran, tetaplah memberikan perhatian kepada pasangan Anda. Anda tidak boleh membiarkan cinta dan kasih sayang kepada pasangan Anda layu termakan oleh waktu begitu saja. Saya bisa mengatakan seperti ini karena secara umum cinta dan kasih sayang kepada pasangan akan menurun sepanjang berjalannya waktu.

8. Luangkan waktu untuk keluarga
Salah satu perhatian yang harus Anda berikan kepada pasangan Anda adalah dengan meluangkan waktu untuk keluarga. Jangan biarkan kesibukan bekerja menjadi jurang yang memisahkan. Tentu saja Anda berpikir bahwa tertawa bersama dengan pasangan Anda akan lebih menyenangkan daripada menguras tenaga dan pikiran siang malam hanya untuk mencari uang.

9. Hindari pertengkaran
Awal mula dari sebuah perceraian adalah karena sebuah pertengkaran. Tentu, pertengkaran adalah hal yang pasti terjadi dalam rumah tangga. Tetapi, Anda harus bersikap bijaksana dalm masalah ini, pastikan Anda mengalah dan tidak membiarkan pertengkaran menjadi masalah baru yang lebih besar.

10. Positif thinking dan hindari curiga berlebihan
Sebaiknya, Anda juga jangan mencurigai pasangan Anda secara berlebihan, berpikirlah positif tentangnya. Mencurigai itu boleh selama Anda tidak berlebihan, karena curiga berlebihan berlebihan akan memancing pertengkaran.

11. Saling intropeksi diri
Tidak ada manusia yang luput dari kesalahan, apalagi dalam interaksi berumah tangga. Hal yang terbaik adalah mengoreksi diri, saling meminta maaf, dan memaafkan. Jika kedua pasangan bisa saling intropeksi diri, maka akan sangat mudah bagi keduanya untuk melupakan kesalahan yang telah dilakukan.

12. Hindari intimidasi dan tindak kekerasan
Tindak kekerasan dan intimidasi (perkataan kotor) yang Anda lontarkan kepada pasangan Anda akan membuatnya terluka dalam dan membekas. Hal ini tentunya akan membuat pasangan Anda merasa tidak betah di rumah. Pastikan Anda bersikap lemah lembut dan tidak membiarkan emosi Anda meluap.

13. Putuskan hubungan dengan pihak ketiga
Mencintai orang lain selain pasangan Anda apalagi sampai melakukan perselingkuhan berarti Anda telah menghianati konsekuensi pernikahan, tidak ada seorang pun yang rela jika dihianati. Hal yang terbaik bagi keutuhan rumah tangga Anda adalah memutuskan hubungan dengan pihak ketiga.

Nah, demikian beberapa tips menghingdari dan mencegah terjadinya perceraian dalam rumah tangga. Selain tips-tips di atas, Anda juga harus mengetahui beberapa penyebab terjadinya perceraian dalam keluarga, baca artikel berikut ini : 11 Penyebab Umum Terjadi Perceraian Dalam Rumah Tangga.

Baca juga :
6 Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Menikah
7 Penyebab Terjadinya Perceraian di Kalangan Artis
9 Pengaruh Dan Dampak Buruk Perceraian Terhadap Anak
Name

Bisnis Online Blogging Doa-doa Fiqih Gaming Inspirasi Internet Keluarga Kisah teladan Life Pekerjaan Pendidikan Relationship Religi Tips Tutorial Blog
false
ltr
item
Pelangi Blog: 13 Tips Menghindari dan Mencegah Terjadinya Perceraian Dalam Rumah Tangga
13 Tips Menghindari dan Mencegah Terjadinya Perceraian Dalam Rumah Tangga
https://1.bp.blogspot.com/-EgpvqOj5j7o/VIW9vkGpzjI/AAAAAAAAAts/dSlmhimdNdI/s640/13%2BTips%2BEfektif%2BMenghindari%2Bdan%2BMencegah%2BPerceraian%2BDalam%2BRumah%2BTangga.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-EgpvqOj5j7o/VIW9vkGpzjI/AAAAAAAAAts/dSlmhimdNdI/s72-c/13%2BTips%2BEfektif%2BMenghindari%2Bdan%2BMencegah%2BPerceraian%2BDalam%2BRumah%2BTangga.jpg
Pelangi Blog
http://www.pelangiblog.com/2014/12/13-tips-menghindari-dan-mencegah.html
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/2014/12/13-tips-menghindari-dan-mencegah.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy