Mukjizat Rasulullah SAW, Bumi Diperintah Menelan Orang Ini

Dikisahkan, dalam detik-detik ketika Rasulullah SAW hendak hijrah dari Kota Mekah ke Kota Madinah, orang-orang kafir Quraisy berkumpul di Darun Nadwah yang merupakan balai pertemuan untuk membahas hal-hal penting. 

Di cela-cela rapat itu, Abu Jahal memberikan sebuah misi kepada mereka dan berkata “Barang siapa yang bisa membawa Muhammad kepadaku atau membawa kepala Muhammad kepadaku, maka aku akan memberi 100 unta kepadanya !!!”.

Teriming-iming oleh besarnya upah, seseorang yang bernama Suraqah bin Malik berdiri dan berkata “Aku mampu mengembalikan Muhammad pada kalian”. 

Rapat tersebut pun diakhiri dengan kesepatakan bahwa Suraqah bin Malik mampu mengemban misi tersebut dan mereka menjamin hadiah 100 unta kepada Suraqah bin Malik.

Di tengah-tengah perjalanan Rasulullah SAW ke Kota Madinah, Suraqah bin Malik pun mengejar dan mengikuti Rasulullah SAW dari belakang, hingga ia sampai pada suatu tempat di mana Rasulullah SAW sedang beristirahat di bawah pohon. 

Suraqah bin Malik pun segera menghunuskan pedangnya untuk menebas Rasulullah SAW. Namun, Allah memberikan pertolongan kepada Rasulullah SAW, Allah telah menundukkan bumi kepada Rasulullah SAW sehingga bumi akan patuh terhadap apa yang diperintahkan Rasulullah SAW.

Awalnya, Rasulullah SAW berdoa dan memerintahkan bumi untuk menelan kuda Suraqah bin Malik, sehingga kaki kuda yang dinaiki oleh Suraqah bin Malik tertelan bumi sampai ke lutut. Seketika itu Suraqah bin Malik ketakutan dan berkata “Wahai Rasulullah....aman...aman !!!!” 

Melihat Suraqah bin Malik yang meminta pengampunan, Rasulullah SAW pun berdoa agar Allah SWT menyelamatkannya. Ya, bumi mengeluarkan kaki kuda yang ia telan.

Namun, sesaat Suraqah bin Malik masih berniat untuk membunuh Rasulullah SAW. Ia berlari mengendarai kudanya sambil menghunuskan pedang dan bersiap menebas. 

Rasulullah SAW pun memerintahkan bumi seperti sebeumnya. Ya, bumi pun menelan kuda Suraqah bin Malik sampai ke perut kuda, sama seperti sebelumnya. 

Suraqah yang merasa ketakutan pun berkata “Aman....aku tidak akan melakukannya lagi”. 

Kemudian Rasulullah SAW berdoa agar bumi mengembalikan keadaannya seperti sedia kala. Ya, Suraqah bin Malik selamat untuk yang kedua kalinya. 

Kemudian ia turun dari kuda dan mendekati Rasulullah SAW sembari berkata “Wahai Rasulullah, ceritakan kepadaku tentang Tuhanmu sehingga Dia memiliki kekuasaan yang mengagumkan seperti ini ? Apakah berasal dari emas atau perak ?” . 

Pada saat itu, Rasulullah SAW pun menurunkan kepala Beliau dan terdiam untuk beberapa saat. Kemudian Malaikat Jibril datang menemui Rasulullah SAW dan berkata “Katakan Wahai Muhammad, Dia adalah Allah yang Esa, Allah adalah Dzat yang semua makhluk bergantung pada-Nya, Dia tidak beranak dan tidak diperanakkan, dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Katakan Allah adalah pencipta langit dan bumi, Dia menciptakan kamu semua secara berpasang-pasang, dan hewan secara berpasang-pasang. Allah menciptakan kamu semua di dalam kandungan. Tidak ada sesuatu yang menyerupai-Nya, Dia adalah tuhan yang Maha Melihat dan Maha Mendengar”.

Hati Suraqah bin Malik pun luluh mendengar hal itu, kemudian Suraqah bin Malik berkata “Wahai Rasulullah, ajarilah aku jalan menuju islam”. 

Kemudian Rasulullah SAW pun mengajari Suraqah bin Malik untuk beriqrar memeluk agama islam, ia pun memeluk islam, dan menjadi salah satu umat Rasulullah SAW yang berpegang teguh pada ajarannya sampai ajal menjemput.

Semoga Allah menguatkan hati kita pada islam dan iman !!!

Sumber : Kitab Mawaidzul Ushfuriyyah, Hadits 16.

Penulis : Syekh Muhammad bin Abi Bakar Al-Ushfuri.