Mukjizat Rosulullah SAW : Memerintah Bumi

PelangiBlog.Com - Diceritakan ketika Rosulullah SAW hijrah dari Kota Mekah ke Kota Madinah, para orang kafir Quraisy berkumpul di rumah Abu Jahal untuk membicarakan tentang pembunuhan Rosulullah SAW. Abu Jahal memberikan sebuah misi kepada mereka dan berkata “Barang siapa yang bisa membawa Muhammad kepadaku atau membawa kepala Muhammad kepadaku, maka aku akan memberikan 100 unta kepadanya !!!”.

Teriming-iming oleh besarnya upah, seseorang yang bernama Suroqoh bin Malik berdiri dan berkata “Aku mampu melakukan itu untukmu !!!”. Berdasarkan kebranian dan keinginan kuatnya, para kafir Quraisy pun bersepakat memberikan tugas untuk membunuh Rosulullah SAW kepada Suroqoh bin Malik.

Suroqoh bin Malik pun segera pergi dan melacak kepergian Rosulullah SAW dari belakang. Sampai pada suatu tempat, Suroqoh bin Malik menemukan Rosulullah SAW sedang beristirahat di bawah pohon. Suroqoh bin Malik pun segera menghunuskan pedangnya untuk menebas Rosulullah SAW. Namun, Allah memberikan pertolongan kepada Rosulullah SAW, Allah telah menundukkan bumi kepada Rosulullah SAW sehingga bumi akan patuh terhadap apa yang diperintahkan Rosulullah SAW.

Awalnya, Rosulullah SAW memerintahkan bumi untuk menelan kuda Suroqoh bin Malik, sehingga kaki kuda yang dinaiki oleh Suroqoh bin Malik tertelan bumi sampai ke lutut. Seketika itu Suroqoh bin Malik ketakutan dan berkata “Wahai Rosulullah....aman...aman !!!!” Suroqoh bin Malik meminta pengampunan dari Rosulullah SAW. Kemudian Rosulullah SAW pun berdoa dan Suroqoh bin Malik kembali seperti semula.

Namun, Suroqoh bin Malik pun masih berniat untuk membunuh Rosulullah SAW. Suroqoh bin Malik berlari mengendarai kudanya sambil menghunuskan pedang dan bersiap menebas. Rosulullah SAW pun memerintahkan bumi seperti sebeumnya. Ya, bumi pun menelas kuda Suroqoh bin Malik sampai ke lutut, sama seperti sebelumnya. Suroqoh ketakutan dan berkata “Aman....aku tidak akan melakukannya lagi”. Kemudian Rosulullah SAW berdoa dan bumi pun kembali seperti sedia kala.

Suroqoh bin malik selamat untuk yang kedua kalinya. Kemudian Suroqoh bin Malik pun turun dari kuda dan mendekati Rosulullah SAW. Suroqoh duduk dan berkata “Wahai Rosulullah, ceritakan kepadaku tentang Tuhanmu sehingga Dia memiliki kekuasaan yang mengagumkan seperti ini ? Apakah berasal dari emas atau perak ?” . Rosulullah SAW pun menurunkan kepala beliau untuk beberapa saat.

Kemudian Malaikat Jibril datang menemui Rosulullah SAW dan berkata “Katakan Wahai Muhammad, Dia adalah Allah yang Esa, Allah adalah Dzat yang semua makhluk bergantung pada-Nya, Dia tidak beranak dan tidak diperanakkan, dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Katakan Allah adalah pencipta langit dan bumi, Dia menciptakan kamu semua secara berpasang-pasang, dan hewan secara berpasang-pasang. Allah menciptakan kamu semua di dalam kandungan. Tidak ada sesuatu yang menyerupai-Nya, Dia adalah tuhan yang Maha Melihat dan Maha Mendengar”.

Hati Suroqoh bin Malik pun luluh mendengar hal itu, kemudian Suroqoh bin Malik berkata “Wahai Rosulullah, tampakkan kepadaku jalan menuju islam”. Kemudian Rosulullah SAW pun mengajari Suroqoh bin Malik untuk beriqrar memeluk agama islam. Suroqoh pun memeluk islam dan dia adalah salah satu sahabat yang setia terhadap islam.

Semoga Allah menguatkan hati kita pada islam dan iman !!!
Sumber : Kitab Mawaidzul Ushfuriyyah
Penulis : Syekh Muhammad bin Abi Bakar.