11 Cara Melatih Anak Suka Membaca Buku

Anak-anak memang lebih cenderung nonton TV dan bermain game, tapi ada cara melatih mereka agar suka membaca buku

PelangiBlog.Com – Seiring dengan berjalannya waktu, orang tua semakin mendapat tantangan dalam upaya mendidik anak. Anda tidak bisa lagi menolaknya, TV, internet, aplikasi mobile, dan lainnya, merupakan hambatan yang harus Anda hadapi. Ya, mau tidak mau memang kemajuan teknologi memberi pengaruh besar terhadap kondisi mental anak.

Contoh simple misalnya anak Anda suka menonton TV atau bermain game android, lalu apakah anak Anda masih suka membaca buku atau peduli dengan pelajaran sekolah ?. Anda pasti sudah sangat faham dengan pertanyaan tersebut, dan masalah utamanya adalah bagaimana cara mengubah semua itu ?.

Oke, Anda pastinya tidak bisa mengubah 100% kebiasaan anak semacam ini, Anda hanya perlu melatih mereka secara perlahan agar membiasakan diri untuk membaca buku-buku bermanfaat. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda mencoba tips-tips berikut ini :

11 Cara Melatih Anak Suka Membaca Buku

1. Mulai dari Diri Anda Untuk Suka Membaca Buku
Ingatlah bahwa orang tua memiliki peran paling besar terhadap watak anak di rumah. Jadi, jika Anda ingin melatih anak agar suka membaca buku, maka mulailah dari diri Anda. Biasakan diri Anda untuk membaca buku, ini akan memberi contoh kepada anak, dan secara tidak langsung akan merangsang memory anak untuk mencoba membaca.

2. Ciptakan Lingkungan Ramah Buku
Jika Anda pergi ke toko-toko buku, cobalah untuk membeli buku yang bergambar dan berwarna warni untuk anak, letakkan buku-buku yang sudah Anda beli pada tempat yang mudah dijangkau anak. Meletakkan buku-buku bacaan tersebut akan membuat anak tertarik untuk membaca.

3. Koleksi Beberapa Buku di Rumah Anda
Nah, bila perlu, cobalah untuk membuat perpustakaan pribadi di rumah Anda, di mana di sana Anda menyimpan banyak koleksi buku, mulai dari buku-buku cerita fiksi, buku pelajaran, buku-buku agama, buku-buku sains, dan lain sebagainya.

4. Ketahui Buku Yang Disukai Anak
Anda juga perlu mengetahui apa jenis buku yang disukai anak, biasanya anak lebih identik suka buku-buku berbau fiksi. Tidak masalah, yang penting tujuan Anda adalah membiasakan diri mereka agar suka membaca, ini sudah memiliki point tersendiri.

5. Ajaklah Anak Pergi ke Perpustakaan Umum 
Jangan lupa juga, sesekali sempatkan untuk mengajak anak pergi ke perpustakaan umum di kota Anda. Tentu saja Anda harus mengajak anak ketika hari libur, biarkan anak membaca buku dengan tema yang ia suka.

6. Dongeng Sebelum Tidur
Jika anak Anda masih berusia dini, cobalah untuk menceritakan kisah-kisah agama atau kisah-kisah bermanfaat lainnya sebagai pengantar tidur. Meskipun Anda sudah hafal dengan kisah yang akan Anda ceritakan, pastikan Anda membawa buku. Secara tidak langsung, anak akan terinspirasi dengan gaya Anda.

7. Beritahu Manfaat Membaca Buku
Anda juga harus memberi spirit kepada anak dengan memberitahu mereka manfaat dan keuntungan membaca buku, sisipi juga dengan cerita fakta dari tokoh-tokoh dunia atau ilmuwan dunia. Ini akan memberi motivasi kepada anak untuk mulain mencoba dan mencoba membaca buku lebih banyak.

8. Batasi Waktu Anak Nonton TV atau Bermain Game
Stop anak menonton TV dan bermain game ? Jangan, justru ini akan membuat anak memberontak dan kesal. Biarkan mereka melakukan apa yang mereka suka, tetapi Anda harus memberi batasan waktu kepada mereka.

9. Dampingi Anak Ketika Membaca Buku
Bagi anak, membaca buku sendirian akan terasa sangat membosankan. Jika Anda memiliki waktu luang, cobalah dampingi anak ketika mereka membaca buku, suasana seperti ini akan menambah kenyamanan membaca.

10. Buatlah Kompetisi Membaca Buku
Sebagai upaya bujukan, sesekali Anda bisa membuat kompetisi membaca dalam keluarga Anda. Barang siapa yang bisa membaca buku paling banyak dalam satu minggu atau satu bulan, maka pemenang akan mendapatkan hadiah. Ini hanya bujukan karena tentu saja orang tua yang akan jadi pemenang, jadi tetap beri anak hadiah jika mereka mau membaca.

11. Beri Hadiah
Anda juga perlu memberi hadiah kepada anak jika ia sudah mulai suka membaca. Pertama, beri hadiah pujian dan pelukan karena ini akan menambah kash sayang dan kedekatan antara orang tua dan anak. Kedua, Anda bisa memberi hadiah apa yang disukai anak, tetapi hadiah sebuah buku tentu akan lebih pantas.
Name

Bisnis Online Blogging Doa-doa Fiqih Gaming Inspirasi Internet Keluarga Kisah teladan Life Pekerjaan Pendidikan Relationship Religi Tips Tutorial Blog
false
ltr
item
Pelangi Blog: 11 Cara Melatih Anak Suka Membaca Buku
11 Cara Melatih Anak Suka Membaca Buku
Anak-anak memang lebih cenderung nonton TV dan bermain game, tapi ada cara melatih mereka agar suka membaca buku
https://3.bp.blogspot.com/-wKuZ3ee_YUs/VylVpJKDavI/AAAAAAAACLM/SK-StAMn6KQuVnMRzXSXhweFMjniDLQtwCLcB/s640/11%2BCara%2BMelatih%2BAnak%2BSuka%2BMembaca%2BBuku.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-wKuZ3ee_YUs/VylVpJKDavI/AAAAAAAACLM/SK-StAMn6KQuVnMRzXSXhweFMjniDLQtwCLcB/s72-c/11%2BCara%2BMelatih%2BAnak%2BSuka%2BMembaca%2BBuku.jpg
Pelangi Blog
http://www.pelangiblog.com/2016/05/11-cara-melatih-anak-suka-membaca-buku.html
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/2016/05/11-cara-melatih-anak-suka-membaca-buku.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy