11 Tips Agar Suami Lebih Sayang Istri

Dalam rumah tangga, suami dan istri dituntut untuk memenuhi kewajiban dan hak masing-masing, di mana kewajiban dan hak yang harus dipenuhi keduanya (suami dan istri) harus berjalan secara harmonis. Tentu saja ini demi terciptanya dalam rumah tangga, karena salah satu tujuan setelah pernikahan adalah menciptakan rumah tangga bahagia, sejahtera, sakinah, mawaddah, warohmah.

Memang, tidaklah mudah membangun rumah tangga yang bahagia dan harmonis, selalu ada hambatan dan masalah baru yang muncul. Bukannya tidak bisa, tetapi memang perlu kewaspadaan dan kecermatan dalam menanggapi masalah yang ada serta. Karena jika tidak, pertengkaran akan mudah terjadi dan ending buruknya adalah perceraian.

Seperti yang kita ketahui secara umum, kewajiban mencari nafkah lahir ada di tangan suami, sedangkan istrilah mengurus rumah tangga. Untuk itu, sebagai istri yang baik, kamu harus pandai-pandai menyiasati bagaimana agar suami kamu lebih sayang padamu. Untuk itulah, di sini ada beberapa cara dan tips agar suami kamu lebih sayang padamu :

1. Ketahui Hal Yang Disukai dan Dibenci Suamimu

Hal yang perlu kamu lakukan sebagai istri yang baik adalah mengetahui dengan baik semua hal tentang suamimu, baik latar belakang, pekerjaan, sampai apa yang ia sukai, dan apa yang ia benci. Dengan begitu, kamu akan tahu apa yang akan membuatnya senang dan apa yang membuatnya marah dan kecewa.

2. Hindari Semua Hal Yang Membuat Suami Marah dan Kecewa

Dari point satu di atas, kamu bisa tahu langkah yang tepat untuk membuat suamimu nyaman dan menghindari semua hal yang membuatnya marah. Jika ia sedang dalam kondisi tidak mood, tetap bersikap ramah dan tenang. Jaga perasaan dan emosi suamimu, mengalah adalah jalan yang lebih baik. Jangan egois dan merasa berada di atas suami, karena itu akan memicu pertengkaran.

3. Tunjukkan Perhatian Pada Suami

Sekarang, cobalah sedikit merenung, apakah kamu saat ini sudah cukup perhatian pada suami ? Jika belum, tunjukkan rasa sayangmu pada suami melalui perhatian, jika suami merasa diperhatikan oleh istri tentu ia akan sangat senang. Rasa senang suami inilah yang akan berbuah pada kasih sayang kepada istri.

4. Perhatikan Kebersihan dan Kerapian Rumah

Ya, memang sudah menjadi tugas seorang istri untuk membersihkan dan merapikan rumah. Jika rumah bersih dan rapi, otomatis penghuni rumah pun akan merasa nyaman dan betah tinggal. Begitu pula dengan suami, selain betah di rumah, suami juga akan betah dengan istri.

5. Buatlah Suami Merasa Nyaman Sepulang Kerja

Sepulang kerja, suami membawa setumpuk beban dan lelah, jadi jangan pernah memberikan beban lagi padanya. Jadi, sambut ia dengan segenap senyuman dan bawa juga tas kerja ke dalam rumah. Setelah itu, biarkan ia beristirahat terlebih dahulu untuk melepas lelah, bila perlu berikan ia beberapa pijatan. Jika memang ada masalah yang harus ia tahu, pastikan memberitahunya setelah pikiran dan badannya sudah mulai fresh.

6. Sering-sering Menyiapkan Menu Masakan Kesukaan Suami

Kata orang, istri yang ideal adalah istri yang pandai memasak dan menyajikan menu makanan lezat. Dalam hal ini, menyiapkan menu masakan kesukaan suami dapat membuatnya lebih nyaman dan bertambah sayang. Tidak percaya ? coba saja buktikan dan rasakan kasih sayang dari suamimu.

7. Tetap Jaga Komunikasi Selalu Aktif

Komunikasi itu sangat penting untuk kelangsungan hubungan cinta, apalagi jika sudah berumah tangga. Perlu dicatat bahwa salah satu penyebab terjadi perceraian adalah komunikasi fakum antara suami dan istri, kamu tidak menginginkannya bukan ?. Untuk itu, sapalah suami kamu saat ia terdiam atau sepulang kerja dan mulailah dengan kata-kata menghibur pikir.

8. Jaga Rahasia dan Kekurangan Suami Dari Orang Lain

Setiap manusia pasti memiliki kekurangan, sedangkan membuka kekurangan tersebut kepada orang lain sama seperti menacapkan duri di hati. Jadi, jaga rahasia suami dan tutupi kelemahannya dari orang lain, karena jika kamu sayang suami maka kamu pun sayang untuk tidak membeberkan kekuranganya pada orang lain.

9. Bersikaplah Terbuka dan Jujur

Alangkah indahnya hidup bersama dengan keterbukaan tanpa ada yang disembunyikan. Berkatalah jujur, jangan ada yang ditutup-tutupi atau disembunyikan karena itu akan memicu rasa curiga. Jika kamu bisa terbuka pada suamimu, maka artinya kamu bisa percaya padanya. Saling percaya inilah yang akan memperkuat kasih sayang antara kamu dan dia.

10. Selalu Ada di Sisinya Dalam Suka Maupun Duka

Pastikan kamu selalu berada di sisinya di saat ia sedang dalam suka maupun masa-masa sulit. Kamu bisa menikmati bahagia bersama-sama, dan begitu juga sebaliknya, hiburlah ketika suami sedang dalam kesedihan dan masa-masa sulit, beri ia semangat di kala ia sedang dalam keputusasaan. Begitulah cermin istri yang hebat dan kuat bagi suami.

11. Jangan Lupa Berdoa Untuk Suami Setiap Harinya

Nah, jika kamu berdoa untuk dirimu, jangan pernah melupakan suamimu. Doakan setiap saat kamu sedang berdoa, agar rumah tanggamu semakin bahagia, kuat, harmonis, dan dipenuhi kasih sayang. Ingatlah bahwa di balik kesuksesan seorang suami, ada doa dan dukungan istrinya.