Penyebab Automatic Payment Pending di Google Adsense

PelangiBlog.Com – Hal yang paling ditunggu-tunggu oleh sekian banyak publisher adsense adalah penerimaan gaji atau payment. Namun, beberapa bulan ini para publisher Adsense dikejutkan oleh pembayaran yang masih pending. Ini bukanlah hal yang biasa terjadi sebelum-sebelumnya.

Hal ini membuat banyak publisher merasa resah dan galau, bagaimana tidak ? jika kesenangan yang sebentar lagi datang ternyata tidak kunjung datang, Berkali-kali membuka halaman payment di adsense, masih saja tertulis “Automatic payment pending”. Terkadang, sebagai publisher yang baik, muncul pertanyaan dalam diri sendiri, “apa yang salah dengan akun adsense saya ?”, “apa saya melakukan pelanggaran sehingga pembayaran masih pending”, dan lain sebagainya.

Hal ini tidak hanya dialami oleh sebagian publisher adsense di Indonesia, tetapi juga dialami oleh publisher adsense di seluruh dunia. Memang, kita sendiri sebagai publisher hanya bertugas memasang iklan tanpa tahu apa gerangan yang menyebabkan pembayaran masih pending. Namun, kita bisa memprediksi mengapa dan apa yang menyebabkan pembayaran masih saja pending :

Penyebab Automatic Payment Pending di Google Adsense

1. Staff Pembayaran Google Adsense Masih Melakukan Rekap Data Manual
Setia kali pihak google adsense akan melakukan pengiriman pembayaran kepada para publisher di hari yang sudah ditentukan, staff pada bagian pengiriman pembayaran tentulah mulai bekerja keras. Mereka melakukan rekap data dan memeriksa kecocokan data pembayarana, misalkan mulai dari earning blog dan youtube, nama dan alamat publisher, dan semua yang terkait dengan pembayaran para publisher. Jika hal itu sudah dinilai deal, maka pembayaran baru bisa dimuat di halaman payment adsense.

2. Banyaknya Publisher Adsense di Seluruh Dunia
Kita tahu bahwa google adsense memiliki banyak sekali publisher setia, bukan hanya ribuan tetapi bahkan jutaan dari seluruh publisher di seluruh dunia. Sehingga, ini bisa saja menyebabkan waktu yang sangat lama dalam memproses rekap ulang data pembayaran dan pengiriman pembayaran, meskipun staff google adsense juga sangat banyak.

3. Ada Sistem Yang Mungkin Bermasalah
Jika memang ada sistem bermasalah dalam hal ini, ini hanyalah rahasia pihak google adsense dan tidak ada kaitan bagi publisher, masalah sistem tentu saja hanya pihak google adsense sendiri yang tahu karena ini bersifat rahasia.

4. Perubahan Waktu Pembayaran Kepada Para Publisher
Sebagai salah sau prediksi, bisa saja pihak google adsense melakukan perubahan waktu pembayaran. Kalau pun hal ini terjadi, tentu saja pihak Google Adsense sudah mempertimbangkan apa yang terbaik bagi mereka dan bagi publisher, dan juga, kita tidak tahu apa penyebab perubahan waktu pembayaran ini.

5. Adanya Waktu Delay (Penundaan)
Para staff google adsense juga manusia sama seperti kita, tentu saja dalam bekerja ada hari-hari libur, misalkan hari-hari besar negara dan juga hari-hari libur setiap minggu, yang mana ini juga sudah dijelaskan di product support google.

Catatan :
Tentu saja ada banyak alasan dan penyebab selain 5 point di atas, dan ini hanyalah sebuah prediksi dari para publisher semata, ada pun yang tahu penyebab sebenarnya hanyalah pihak google adsense. Tetapi jangan khawatir, google adsense akan menepati janji dan membayar Anda sesuai jumlah pembayaran Anda.