Lafadz dan Bacaan Sayyidul Istighfar serta Terjemah

PelangiBlog.Com – Istighfar adalah doa memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa-dosa yang sudah dilakukan oleh seseorang. Lafadh istighfar yang biasa Anda kenal memang seperti “astaghfirullah”, ini adalah lafadh dan bacaan istighfar secara umum dan singkat. Dan ternyata, lafadh dan bacaan istighfar sendiri memiliki banyak jenis, yang salah satunya adalah “Sayyidul Istighfar”.

Lafadh dan Bacaan Sayyidul Istighfar serta Terjemah

Apa itu Sayyidul Istighfar ?

Sayyidul Istighfar menurut bahasa adalah gustinya istighfar, bisa dikatakan bahwa istighfar ini menempati level yang lebih tinggi dari bacaan istighfar lainnya, di mana sayyidul istighfar ini adalah bacaan yang diajarkan langsung oleh Rosulullah SAW kepada umat beliau.

Tentu saja membacanya pun bernilai lebih tinggi dibanding istighfar lainnya, di mana sayyidul istighfar bukan hanya sekedar sebagai bentuk permohonan ampun kepada Allah SWT, tetapi juga sebagai pentuk pengakuan atas dosa dan nikmat yang telah Allah berikan kepada hamba-Nya.

Oke, agar Anda tidak terlalu lama membaca pendahuluan ini, langsung saja berikut ini adalah lafadh dan bacaan sayyidul istighfar yang disertai dengan terjemahnya. Jika Anda bisa memahami terjemah sayyidul istighfar berikut ini, pastinya Anda akan lebih faham fadhilah membacanya :

اَللّٰهُمَّ اَنْتَ رَبِّيْ، لَا اِلٰهَ اِلَّا اَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَاَنَا عَبْدُكَ، وَاَنَا عَلٰى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، اَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، اَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَاَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْلِيْ، فَاِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلَّا اَنْتَ
Artinya :
"Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tiada tuhan selain Engkau, Engkau menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu, dan aku terikat oleh genggaman-Mu dan janji-Mu semampuku, aku berlindung kepadamu dari keburukan yang telah aku perbuat, aku mengakui nikmat yang telah Engkau berikan kepadaku, dan aku mengakui dosaku lalu ampunilah aku, karena sesungguhnya tiada yang bisa mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau"