Alasan Acara Pernikahan Sering Diadakan Di Bulan Syawal

Alasan Acara Pernikahan Sering Diadakan Di Bulan Syawal

PelangiBlog.Com – Bulan Syawal merupakan bulan yang mulia di mana salah satu hari besar islam ada di dalam bulan ini, yaitu hari raya idul fitri yang menempati tanggal 1 Syawal. Dari sinilah, Bulan Syawal adalah bukan yang sangat cocok untuk menyambung kembali dan mempererat tali silaturrahim sesuai dengan budaya yang ada.

Ternyata, bukan hanya itu saja, Bulan Syawal juga merupakan salah satu bulan yang dikenal sebagai bulan pernikahan, di mana di dalam Bulan Syawal sendiri banyak dilaksanakan acara pernikahan. Tentunya, ada beberapa alasan dan dalil yang menyebutkan mengapa Bulan Syawal sering menjadi agenda untuk melangsungkan acara pernikahan :

1. Anjuran Rosulullah SAW Menikah di Bulan Syawal
Ternyata, alasan utama mengapa Bulan Syawal sering menjadi sorotan untuk melangsungkan acara pernikahan adalah karena memang sudah dianjurkan oleh Rosulullah SAW. Seperti dalil berikut yang dikutip dari dawuh Aisyah ra. :

تَزَوَّجَنِي رَسُولُ اللهِ فِي شَوَّالٍ، وَبَنَى بِي فِي شَوَّالٍ، فَأَيُّ نِسَاءِ رَسُولِ اللهِ كَانَ أَحْظَى عِنْدَهُ مِنِّي؟، قَالَ: وَكَانَتْ عَائِشَةُ تَسْتَحِبُّ أَنْ تُدْخِلَ نِسَاءَهَا فِي شَوَّالٍ

Artinya :
Rasulullah SAW menikahiku di bulan Syawal, dan membangun rumah tangga denganku pada bulan syawal pula. Maka istri-istri Rasulullah SAW yang manakah yang lebih beruntung di sisi beliau dibandingkan aku?” (Perawi) berkata, “Aisyah ra dahulu suka menikahkan para wanita di bulan Syawal” (HR. Muslim).

2. Budaya Menjalin Tali Persaudaraan di Bulan Syawal
Bulan Syawal adalah bulan yang paling tepat untuk berkumpul bersama keluarga, khususnya bagi Anda yang berada jauh dari keluarga. Seperti yang sudah menjadi budaya di Bulan Syawal, saling memohon maaf dan memaafkan serta mempererat tali silaturrahim dan persaudaraan dengan mengunjungi keluarga dan teman-teman. Maka, Bulan Syawal juga sangat sesuai untuk menyambung tali persaudaraan sesama muslim melalui ikatan keluarga, yaitu dengan melangsungkan acara pernikahan.

3. Liburan Lebaran Memungkinkan Cukup Untuk Persiapan Acara Pernikahan
Bagi masyarakat kota, peluang besar melangsungkan acara pernikahan hanyalah hari minggu karena hari minggu adalah hari libur kerja dan sekolah. Namun, libur kerja dan sekolah di awal Bulan Syawal bisa menjadi persiapan cukup untuk acara pernikahan yang akan dilangsungkan.

4. Strategis Untuk Menghadiri Pernikahan
Selain persiapan, mengumpulkan keluarga dan teman untuk menghadiri acara pernikahan yang berlangsung pun jadi semakin memungkinkan karena waktu liburan lebaran yang cukup panjang. Tentu ini juga menjadi salah satu alasan bahwa Bulan Syawal adalah bulan yang strategis untuk melangsungkan acara pernikahan.