Alasan Mengapa Banyak Orang Desa Pindah ke Kota

Inilah alasan mengapa orang desa lebih suka tinggal di kota

Alasan Mengapa Banyak Orang Desa Pindah ke Kota

PelangiBlog.Com – Urbanisasi merupakan perpindahan penduduk desa ke kota. Sedangkan di Indonesia, proses urbanisasi banyak dilakukan oleh penduduknya, itulah yang menyebabkan mengapa penduduk kota lebih padat dan ramai daripada penduduk desa. Upaya penduduk desa yang berpindah ke kota bukanlah sebuah hal yang dilakukan tanpa tujuan, ada beberapa alasan tersendiri :

1. Mencari Penghasilan Lebih Memuaskan
Berbicara tentang ekonomi, tentu saja tingkat ekonomi kehidupan kota dan kehidupan desa sangat berbeda, bahkan jauh. Rata-rata perekonomian orang desa hanya berkisar pada pertanian, peternakan, perikanan, perdagangan kecil, dan perkebunan. Bagi mereka yang memiliki lahan luas tentu tidak masalah, tetapi bagi mereka yang tidak, tentu saja harus mencari alternatif yang lebih baik.

Selain itu, lapangan pekerjaan juga sulit didapatkan di desa, bukannya tidak ada, tetapi penghasilan yang kurang memuaskan untuk memenuhi kehidupan, sehingga untuk alternatif yang dipilih adalah mengadu nasib ke kota. Ya, kita tahu bahwa kota memiliki banyak industri, pabrik, perusahaan, dan perdagangan besar, sehingga lapangan pekerjaan menjadi cukup mudah didapat, penghasilan pun jauh di atas rata-rata penghasilan di desa. Inilah alasan yang paling banyak dimiliki orang-orang desa yang pindah ke kota.

2. Mendapatkan Pendidikan Lebih Baik
Tidak hanya tentang masalah ekonomi, ternyata alasan pendidikan pun menjadi salah satunya. Lembaga-lembaga pendidikan di kota memiliki banyak fasilitas pendidikan, manajemen dan sistem lebih baik, pengajar yang lebih profesional dan konsisiten. Tidak hanya terpusat pada satu pendidikan saja, semua pendidikan ada, mulai dari pendidikan sains, ekonomi, perbankan, mekanik, elektro, komputer, informatika, jaringan, desain, multimedia, hukum, dan lain-lain.

Memang mahal, tetapi ada hasil nyata bagi mereka yang berniat belajar dengan sungguh-sungguh. Inilah alasan mengapa banyak remaja-remaja desa memilih meneruskan pendidikan di kota. Sekolah maupun universitas ternama di kota sudah terdengar tidak asing bagi penduduk desa dan menjadi sorotan para orang tua yang menginginkan kesejahteraan anaknya di bidang pendidikan.

3. Kehidupan Kota Dinilai Menyenangkan
Kehidupan di kota tentu saja sangat berbeda dengan kehidupan di desa, kota lebih maju serta lebih canggih dalam banyak hal, semua kemajuan teknologi berpusat di kota. Untuk itulah banyak orang betah tinggal di kota, mulai dari banyaknya mall dan pusat perbelajaan, gedung-gedung tinggi yang mencakar langit, tempat-tempat hiburan, fasilitas internet lebih cepat, restoran dan hotel, dan lain-lain.

4. Alasan Pernikahan
Alasan pernikahan biasanya lebih banyak didominasi oleh wanita desa dalam hal ini. Misalnya, seorang wanita desa menikah dengan pria kota, pastinya si wanita akan ikut suaminya ke kota, alasan utamanya adalah kerena suami memiliki pekerjaan di kota. Begitu juga halnya dengan pria desa yang sudah memiliki pekerjaan di kota, ketika ia menikah dengan gadis tetangga di desanya, pastinya si gadis tersebut akan dibawa untuk tinggal di kota. Ya, seperti itulah fakta yang terjadi dan sangat jarang sekali orang kota yang mau tinggal di desa.

Catatan :
Meskipun kehidupan kota penuh dengan kesenangan, namun jangan salah karena banyak juga orang yang lebih memilih tinggal di desa, baca dua artikel berikut ini :
7 Alasan Seseorang Memilih Tinggal di Desa Daripada di Kota
9 Kelebihan Masyarakat Desa Dibanding Masyarakat Kota.

Name

Bisnis Online Blogging Doa-doa Fiqih Gaming Inspirasi Internet Keluarga Kisah teladan Life Pekerjaan Pendidikan Relationship Religi Tips Tutorial Blog
false
ltr
item
Pelangi Blog: Alasan Mengapa Banyak Orang Desa Pindah ke Kota
Alasan Mengapa Banyak Orang Desa Pindah ke Kota
Inilah alasan mengapa orang desa lebih suka tinggal di kota
https://4.bp.blogspot.com/-8_ItFgCZO30/WD2WtKr_3LI/AAAAAAAAClg/EoqUOS2pQs0fZ3Pvg6cbAAoIWL2lxo8vACLcB/s640/Alasan%2BMengapa%2BBanyak%2BOrang%2BDesa%2BPindah%2Bke%2BKota.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-8_ItFgCZO30/WD2WtKr_3LI/AAAAAAAAClg/EoqUOS2pQs0fZ3Pvg6cbAAoIWL2lxo8vACLcB/s72-c/Alasan%2BMengapa%2BBanyak%2BOrang%2BDesa%2BPindah%2Bke%2BKota.jpg
Pelangi Blog
http://www.pelangiblog.com/2016/11/alasan-mengapa-banyak-orang-desa-pindah.html
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/2016/11/alasan-mengapa-banyak-orang-desa-pindah.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy