Pengaruh Buruk Media Sosial Bagi Kehidupan Masyarakat

Media sosial memang sangat membantu, tetapi tanpa disadari sisi negatif pun tampak secara perlahan bagi kehidupan manusia

Pengaruh Buruk Media Sosial Bagi Kehidupan Masyarakat

PelangiBlog.Com – Tak bisa dipungkiri lagi bahwa media sosial saat ini telah mengambil peran penting dalam segala aktvitas kehidupan manusia. Hal ini tercermin dalam seringnya aktivitas manusia yang dilakukan di dalam media sosial, entah itu dalam bentuk pekerjaan maupun meluangkan waktu. Apalagi teknologi handphone yang sangat mendukung secara instan dan mudah serta bisa dibawa ke mana-mana.

Baca juga : 16 Peran dan Manfaat Media Sosial Bagi Masyarakat Sehari-hari.

Pada link di atas, menjelaskan banyaknya manfaat media sosial dalam kehidupan Anda saat ini. Namun, tidak terlepas pula bahwa media sosial juga memberikan pengaruh buruk dalam kehidupan Anda secara tidak disadari. Untuk itulah, di sini mari kita membicarakan tentang apa pengaruh-pengaruh buruk sebagai sisi negatif media sosial bagi kehidupan Anda :


PENGARUH BURUK DALAM SEGI INDIVIDUAL :


Pengaruh Buruk Media Sosial Bagi Kehidupan Individu

Aktivitas berlebihan di dalam media sosial, sedikit banyaknya akan memberikan pengaruh buruk bagi diri sendiri, yang kemudian akan dijelaskan pada point-point di bawah ini :

Menimbulkan Efek Candu Bagi Penggunanya
Melakukan berbagai macam aktivitas di media sosial memang sangatlah menyenangkan, Anda akan banyak tahu bangaimana keadaan orang-orang di luar sana, obrolan dengan sesama teman, mengenal teman baru, dan bahkan mendapatkan banyak informasi dan pengetahuan. Namun, sayangnya hal ini akan menimbulkan kecanduan bagi penggunanya, sehingga sulit untuk berpisah dari media sosial dalam keseharian Anda.

Melupakan Waktu
Memang, ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan hanya dengan membuka smartphone, kemudian menjelajahi media sosial. Namun, karena saking asyiknya, terkadang Anda bahkan melupakan hal lain di dunia nyata, misalnya makan, belajar, mandi, membersihkan rumah, dan lain-lain. Ironisnya, bukan hanya melupakan aktivitas nyata saja, tetapi terkadang bahkan sampai timbul kemalasan beraktivitas nyata.

Mengganggu Kesehatan Fisik
Dampak buruk dari aktivitas berlebihan di media sosial bisa menggangu kesehatan fisik, khususnya kesehatan mata. Mata merespon secara sensitif hal-hal yang bersifat radiasi, apalagi jika Anda melakukannya sambil tidur atau di tempat yang gelap.

Tujuan Pendidikan Pun Mulai Terabaikan
Teknologi telah memberikan warna dalam kehidupan manusia, namun sayangnya banyak pula sisi-sisi negatif yang bermunculan, dalam hal ini adalah pengaruh buruk bagi pendidikan. Benar, media sosial yang merupakan salah satu wujud berkembangnya teknologi telah melemahkan motivasi belajar bagi para pelajar. Inilah yang menyebabkan mengapa kegiatan belajar dirasa cukup sulit bagi mereka, sedangkan bermain di media sosial selalu menjadi aktivitas rutin setiap hari.

Baca lebih lanjut : Penyebab Kurangnya Motivasi Belajar Pada Siswa Sekolah.


PENGARUH BURUK DALAM SEGI SOSIAL :


Pengaruh Buruk Media Sosial Bagi Kehidupan Sosial

Selain menimbulkan dampak buruk bagi kepribadian diri seseorang, media sosial juga memberikan dampak buruk bagi kepribadian dalam berinteraksi sosial :
Memperbesar Peluang Melakukan Tindakan Kriminal
Anda mungkin sudah sangat sering mendengar berita penipuan, penculikan, pemerkosaan, bahkan sampai pembunuhan yang berlatar belakang dari media sosial. Ya, begitulah kenyataan pahit yang ada bahwa media sosial memperbesar peluang untuk melakukan tindakan kriminal bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Kurangnya Kepedulian Terhadap Lingkungan dan Orang Sekitar
Terlalu terobsesi pada aktivitas di media sosial ternyata membuat seseorang tidak mempedulikan hal-hal dan orang lain di sekitarnya. Ya, memang beginilah keadaan pada zaman serba modern ini, bahkan beberapa orang merasa bahwa aktivitas di dunia maya lebih menyenangkan daripada aktivitas nyata.

Menyalahgunakan Pendapat
Salah satu fungsi dari media sosial adalah mengutarakan ide dan pendapat di mana semua orang bebas melakukannya. Sayangnya, orang-orang zaman sekarang sudah merasa sangat pintar di mana yang satu menyalahi pendapat lainnya, sehingga timbullah saling olok, saling tuduh, dan saling menyudutkan kelompok tertentu. Selain itu, media sosial juga sudah digunakan untuk memprovokasi dan mencari kawan untuk melawan kelompok tertentu.

Tertanamnya Budaya-budaya Luar
Internet mengandung ribuan budaya dari berbagai macam negara, sehingga jika Anda membuka media sosial dan beraktivitas di dalamnya, secara tidak langsung budaya-budaya tersebut sudah masuk dalam memory Anda. Dan sangat disayangkan bahwa generasi bangsa ini justru lebih banyak meniru budaya-budaya yang dinilai kurang baik, misalnya berpakaian serba ketat, membuka aurat, perkataan yang cukup kasar, dan lain sebagainya.

Menurunkan Pengembangan Emosional Serta Moral
Kesibukan aktivitas di dalam media sosial ternyata melemahkan rasa emosional seseorang sebagai makhluk sosial, kurangnya kepedulian dengan orang lain merupakan contoh kecil dalam hal ini. Selain itu, perkembangan moral juga menurun, hal ini dapat diketahui dari gaya bicara, penampilan, dan tindakan.

Merusak Hubungan
Tanpa disadari aktivitas media sosial yang berlebih akan menggangu hubungan Anda dengan pasangan, baik hubungan pacaran maupun dalam rumah tangga.

Baca lebih lanjut : Waspada, Media Sosial Merusak Hubungan Rumah Tangga Anda.

PENGARUH BURUK DALAM SEGI SPIRITUAL :


Pengaruh Buruk Media Sosial Bagi Kehidupan Spiritual Agama

Setelah dua point dalam segi individual dan sosial di atas, ternyata media sosial juga berpengaruh buruk terhadap kehidupan spiritual agama seseorang, dalam hal ini adalah hubungan antara makhluk dengan penciptanya :

Kurangnya Kepedulian Terhadap Kewajiban Beragama
Anda masih ingat lagu Haji Roma Irama yang berjudul “Al-Qur’an dan Koran” ?. Ya, lagu tersebut mendeskripsikan bagaimana kebutuhan urusan dunia lebih berperan dibandingkan dengan urusan akhirat. Jika lagu Haji Roma Irama tersebut dijudulkan dengan “Al-Qur’an dan Koran”, mungkin melihat kondisi zaman ini akan lebih tepat dengan judul “AlQur’an dan Media Sosial”. Ya, kebutuhan dalam media sosial saat ini dianggap lebih berperan daripada kebutuhan menjalankan perintah Tuhan, memang itulah kenyataanya.

Doktrin Sesat Aliran Tertentu
Dalam masalah aqidah dan keyakinan beragama, media sosial juga selalu digunakan sebagai batu loncatan untuk mendoktrin seseorang melawan keyakinannya. Pastinya banyak sekali ideologi-ideologi di media sosial yang berlawanan dengan keyakinan Anda saat ini.

Name

Bisnis Online Blogging Doa-doa Fiqih Gaming Inspirasi Internet Keluarga Kisah teladan Life Pekerjaan Pendidikan Relationship Religi Tips Tutorial Blog
false
ltr
item
Pelangi Blog: Pengaruh Buruk Media Sosial Bagi Kehidupan Masyarakat
Pengaruh Buruk Media Sosial Bagi Kehidupan Masyarakat
Media sosial memang sangat membantu, tetapi tanpa disadari sisi negatif pun tampak secara perlahan bagi kehidupan manusia
https://3.bp.blogspot.com/-dfe0m-Cgmig/WCRDqVF6ahI/AAAAAAAACi0/zaSkabik_Tgin_yv2qPGE1-V9cAgwtQBgCLcB/s640/Pengaruh%2BBuruk%2BMedia%2BSosial%2BBagi%2BKehidupan%2BMasyarakat.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-dfe0m-Cgmig/WCRDqVF6ahI/AAAAAAAACi0/zaSkabik_Tgin_yv2qPGE1-V9cAgwtQBgCLcB/s72-c/Pengaruh%2BBuruk%2BMedia%2BSosial%2BBagi%2BKehidupan%2BMasyarakat.jpg
Pelangi Blog
http://www.pelangiblog.com/2016/11/pengaruh-buruk-media-sosial-bagi.html
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/2016/11/pengaruh-buruk-media-sosial-bagi.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy