Peran Pondok Pesantren Dalam Mendidik Akhlak dan Moral | Pelangi Blog

Peran Pondok Pesantren Dalam Mendidik Akhlak dan Moral

Pondok pesantren adalah pendidikan paling utama dalam mendidik akhlak dan moral

Peran Pondok Pesantren Dalam Mendidik Akhlak dan Moral

PelangiBlog.Com – Pondok pesantren adalah pendidikan paling tua peninggalan para ulama dan para wali zaman dulu di Indonesia, keberadaaannya pun masih tetap eksis hingga saat ini, bahkan semakin dikembangkan mengingat kemajuan peradaban manusia yang semakin maju.

Pondok pesantren adalah tempat untuk mempelajari kajian-kajian ilmu-ilmu syariat dan spriritual agama islam. Tujuannya adalah untuk mencetak santri-santri sebagai insan yang memiliki kepribadian kuat dalam keyakinan kepada Allah SWT yang Maha Esa, taat sebagai hamba-Nya, memegang teguh ajaran dan syariat Nabi Muhammad SAW sebagai utusan-Nya, serta meneruskan perjuangan beliau, para ulama’, dan para kyai untuk mempertahankan dan mengembangkan syariat islam.

Namun, tujuan pondok pesantren tidak hanya sebatas itu, pondok pesantren juga memiliki peran yang sangat penting dalam mendidik akhlak dan moral generasi muda bangsa Indonesia. Para santri disuapi dengan berbagai macam pembelajaran tentang pentingnya nilai-nilai akhlakul karimah dan moral yang baik dalam bermasyarakat, berbangsa, dan beragama.

1. Pondok Pesantren Mengajarkan Kajian Aqidah dan Akhlak
Pondok pesantren tidak hanya mengajarkan tentang tartil dan tilawah Al-Qur’an, tetapi juga pengkajian kitab-kitab kuning yang berisi ilmu-ilmu fiqih dan syariat, aqidah, dan akhlak. Dan tentu saja hal ini diharapkan agar santri menjadi insan yang memiliki pondasi kuat, baik dalam syariat, keyakinan kepada Allah SWT serta Nabi Muhammad SAW sebagai utusan-Nya, berakhlakul karimah, dan bermoral tinggi.

2. Pondok Pesantren Mengajarkan Budaya Ta’dhim Kepada Kyai dan Ustadz
Budaya pondok pesantren begitu indah untuk dipandang dan dirasakan, para santri memiliki ta’dhim, kepatuhan, dan kesopanan yang besar kepada kyai, ustadz, dan pengurus pondok pesantren. Para santri dengan perasaan ikhlas dan bahagia melakukan pekerjaan yang diperintahkan kyai dan ustadz, para santri berdiam diri dan menundukkan kepala saat kyai dan ustadz lewat di hadapan mereka, para santri berebut untuk mengatur posisi sandal kyai dan ustadz, dan lain sebagainya. Budaya baik ini bertujuan agar mereka mendapatkan berkah dan ilmu yang bermanfaat, karena seperti itulah adab seorang murid kepada gurunya.

3. Pendidikan Pondok Pesantren Dilaksanakan Secara Full Time
Bisa dibilang bahwa pendidikan di pondok pesantren dilaksanakan secara full time, seolah tak ada waktu kecuali untuk belajar dan mengaji. Bagaimana tidak ? dimulai sebelum datangnya waktu subuh santri sudah dibangunkan untuk melaksanakan sholat tahajjud berjama’ah, kemudian disusul melaksanakan sholat subuh berjamaah.

Setelah melaksanakan sholat subuh, mereka mulai mengaji kitab kuning hingga waktu matahari terbit dan kemudian melakukan sarapan. Setelah sarapan, mereka mengantri mandi dan kemudian pergi ke sekolah. Hanya ada sedikit waktu untuk beristirahat sepulang sekolah, kemudian mereka sholat ashar lalu berangkat mengaji kitab kuning.

Bahkan setelah melaksanakan jama’ah maghrib, mereka mengaji Al-Qur’an kemudian melaksanakan sholat Isya; berjama’ah. Setelah itu, masih ada lagi pengkajian diniyah hingga waktu tidur pun datang. Ini terus berulang setiap hari, dan hanya ada celah waktu hari jum’at ebagai hari libur.

4. Pondok Pesantren Mengajarkan Kedisiplinan Diri
Berdasarkan jadwal kegiatan pondok pesantren yang begitu padat, tentu saja hal itu memberikan pengajaran kepada santri agar tertanam sikap disiplin dalam diri. Selain itu juga untuk mengajarkan kepada santri agar lebih menghargai waktu tanpa menyia-nyiakannya.

5. Pondok Pesantren Mengajarkan Mandiri
Belajar di pondok pesantren sama halnya dengan belajar untuk hidup mandiri, di mana santri jauh dari orangtua. Mereka berusaha untuk beradaptasi dan mengatur waktu sebaik mungkin tanpa ketergantungan orangtua, mencuci pakaian, bersabar saat kiriman uang mulai habis, dan lain sebagainya.

6. Pondok Pesantren Mengajarkan Tanggung Jawab
Pondok pesantren juga mengajarkan kepada santri untuk bertanggung jawab atas apa yang sudah diperbuat. Untuk itulah ada sebuah hukuman bagi santri yang lalai atau melakukan pelanggaran aturan pondok pesantren yang disebut dengan “ta’zir”.

Selain itu, santri juga dituntut untuk bertanggung jawab atas kepercayaan orangtua memasrahkan mereka kepada pondok pesantren, yaitu dengan belajar dan berusaha untuk memenuhi harapan orangtua sebagai anak yang sholeh dan taat beragama.

7. Pondok Pesantren Mengajarkan Santri Untuk Sabar
Banyaknya santri dalam pondok pesantren tentu saja terkadang menghambat beberapa aktivitas santri, seperti mengantri ke kamar mandi, mengantri untuk mengambil jatah makan, dan terkadang sampai tidur berdesak-desakan. Dari sinilah konsep kesabaran menjadi pembelajaran penting yang ditanamkan pada diri santri.

8. Pergaulan Sesama Santri Menjadi Pembelajaran Penting Mengenai Pergaulan Sosial
Tentunya, ada banyak karakter yaang berbeda dari masing-masing santri, pemarah, pemalu, pemalas, giat, suka membantu, humoris, pendiam, dan lain sebagainya. Keberagaman karakter santri tersebut menjadikan warna dalam mengisi pergaulan sesama santri, sehingga setiap santri mampu belajar bagaimana untuk bergaul dengan baik serta mengambil pelajaran dari setiap karakter santri lainnya.

9. Larangan Bagi Santri Untuk Membawa Alat-alat Elektronik
Salah satu produk kemajuan peradaban manusia saat ini adalah handphone, laptop, dan internet, di mana ketiganya memiliki peluang besar untuk menyebarkan budaya-budaya luar yang bisa merusak akhlaq dan moral serta menurunkan motivasi belajar. Untuk itulah larangan bagi santri untuk membawa alat-alat elektronik diberlakukan demi mencegah terjadinya hal-hal seperti di atas.

10. Doa Kyai dan Ustadz Senantiasa Mengiringi Para Santri
Setiap hari, tak henti-hentinya kyai dan ustadz mendoakan santri agar mereka mampu mendapatkan ilmu yang bermanfaat, menjadi insan yang berakhlakul karimah dan bermoral baik, sukses di dunia dan akhiratnya, dan meneruskan perjuangan islam. Iringan doa tiada henti inilah yang didengar oleh Allah SWT, sehingga tak heran banyak santri yang memiliki akhlakul karimah dan meneruskan perjuangan kyai untuk mempertahankan serta mengembangkan ajaran islam.
Nama

Bisnis Online Blogging Doa-doa Elektronik Fiqih Gaming Inspirasi Internet Keluarga Kisah teladan Life Pekerjaan Pendidikan Relationship Religi Teknologi Tips Tutorial Blog
false
ltr
item
Pelangi Blog: Peran Pondok Pesantren Dalam Mendidik Akhlak dan Moral
Peran Pondok Pesantren Dalam Mendidik Akhlak dan Moral
Pondok pesantren adalah pendidikan paling utama dalam mendidik akhlak dan moral
https://4.bp.blogspot.com/-0XqQ4kutFno/WP90WKpullI/AAAAAAAAD30/h93FYEaoPyk05vbwN49TxWKPn-ZMNSw-QCLcB/s1600/xPeran%2BPondok%2BPesantren%2BDalam%2BMendidik%2BAkhlaq%2Bdan%2BMoral.jpg.pagespeed.ic.GSLMcHP-fl.png
https://4.bp.blogspot.com/-0XqQ4kutFno/WP90WKpullI/AAAAAAAAD30/h93FYEaoPyk05vbwN49TxWKPn-ZMNSw-QCLcB/s72-c/xPeran%2BPondok%2BPesantren%2BDalam%2BMendidik%2BAkhlaq%2Bdan%2BMoral.jpg.pagespeed.ic.GSLMcHP-fl.png
Pelangi Blog
http://www.pelangiblog.com/2017/04/peran-pondok-pesantren-dalam-mendidik.html
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/2017/04/peran-pondok-pesantren-dalam-mendidik.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy