5 Manfaat Penting Mempelajari Ilmu Tajwid Dalam Membaca Al-Qur'an

Tajwid merupakan ilmu yang di dalamnya menjelaskan konsep-konsep dalam dalam membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar

5 Manfaat Penting Mempelajari Ilmu Tajwid Dalam Membaca Al-Qur'an

Tajwid merupakan konsep ilmu yang menjelaskan tentang tata cara membaca AL-Qur’an, baik membunyikan huruf, tempat yang tepat untuk berhenti, sebab-sebab dan hukum-hukum bacaan, dan hal lainnya yang terkait dengan bacaan AL-Qur’an.

Dalam pendidikan formal maupun non formal, anak-anak sudah sejak dini dibekali dengan materi-materi tentang tajwid. Hal ini menandakan bahwa ilmu tajwid memiliki peran yang penting dalam membaca Al-Qur’an bagi setiap muslim. Untuk itulah, di sini ada beberapa hal yang menunjukkan manfaat pentingnya belajar ilmu tajwid :

1. Mengetahui Serta Mempraktekkan Cara Membaca Al-Qur’an Dengan Baik
Salah satu tujuan utama mempelajari ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur’an adalah untuk mengetahui dalam membunyikan huruf dari mahrajnya (tempat keluarnya), cara membaca hukum-hukum bacaan, kalimat tepat untuk berhenti (waqaf), dan lain sebagainya. Jika kita bisa mempraktekkannya, maka hal itu akan menjadikan kualitas bacaan kita semakin baik pula.

2. Terhindar Dari Kesalahan Saat Membaca AL-Qur’an
Membaca Al-Qur’an jauh berbeda dengan membaca hadist atau kalimat arab lainnya. Kesalahan sepele dalam membaca harakat, huruf, dan kalimat akan mengubah maksa sesungguhnya dari Al-Qur’an.

Begitu juga halnya, kita tidak diperbolehkan mengganti salah satu kalimat di dalam Al-Qur’an dengan kalimat dalam bahasa arab lain meskipun memiliki arti yang sama, karena setiap kalimat, huruf, harakat, dan susunan kalimat dalam Al-Qur’an yang lebih indah dari syair-syair berbahasa arab memiliki makna sangat dalam, yang bahkan kita mungkin tidak mengetahuinya, hanya Dia yang Maha Tahu.

Jadi, tujuan selanjutnya dalam mempelajari ilmu tajwid adalah untuk mencegah terjadinya kesalahan saat kita membaca Al-Qur’an, baik dari segi susunan kalimat, setiap kalimat, huruf, maupun harakatnya. Karena kesalahan dalam bacaan Al-Qur’an akan berakibat mendapatkan dosa.

3. Sebagai Bentuk Adab dan Tata Krama Dalam Membaca Al-Qur’an
Al-Qur’an adalah firman mulia dari Tuhan yang Maha Mulia. Jadi, tidak semestinya kita membaca firman-Nya yang mulia secara asal-asalan tanpa memperhatikan mahraj, hukum bacaan, dan lain-lainnya. Untuk itulah, tujuan serta manfaat ilmu tajwid adalah sebagai bentuk akhlaq baik dalam membaca firman-Nya yang mulia.

4. Sebagai Salah Satu Bentuk Ibadah
Membaca Al-Qur’an bernilai ibadah bagi muslim yang mau membacanya. Tentu saja jika kita berniat belajar ilmu tajwid untuk memperbaiki kualitas membaca Al-Qur’an semata-mata karena Allah SWT, maka mempelajari ilmu tajwid merupakan salah satu bentuk ibadah.

Selain itu, kita sangat dianjurkan untuk membaca Al-Qur’an dengan perlahan dan meresapi isi serta makna yang terkandung dalam AL-Qur’an. Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Muzammil ayat 4 :

أَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيْلًا
“Atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan”

5. Menjaga Kemurniaan Bacaan Al-Qur’an
Sekarang, silahkan Anda bertanya pada diri sendiri dan membayangkan bagaimana jika memang para ulama’-ulama’ dulu tidak mengkonsep ilmu tajwid ?. Tentu saja, pada saat ini pastilah kaum muslim akan membaca Al-Qur’an dengan asal-asalan tanpa mengetahui kaidah-kaidah penting dalam membaca Al-Qur’an. Untuk itulah, ilmu tajwid juga bermanfaat untuk menjaga kemurnian bacaan AL-Qur’an.

Baca juga : Kumpulan Bacaan Tajwid Beserta Contohnya.

COMMENTS

Nama

Bisnis Online,19,Blogging,88,Doa-doa,35,Elektronik,31,Fiqih,18,Gaming,15,Inspirasi,51,Internet,71,Keluarga,26,Kisah teladan,42,Life,82,Pekerjaan,9,Pendidikan,24,Relationship,24,Religi,41,Tajwid,9,Teknologi,31,Tips,42,Tutorial Blog,82,
ltr
item
Pelangi Blog: 5 Manfaat Penting Mempelajari Ilmu Tajwid Dalam Membaca Al-Qur'an
5 Manfaat Penting Mempelajari Ilmu Tajwid Dalam Membaca Al-Qur'an
Tajwid merupakan ilmu yang di dalamnya menjelaskan konsep-konsep dalam dalam membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar
https://1.bp.blogspot.com/--tm6oA0NnSg/Wh6d5CJkUUI/AAAAAAAAEd8/8mED93y8P5sjqvTYb-raGOb6Qvs0SzJqwCPcBGAYYCw/s640/Hukum%2BBacaan%2BMad%2BThobi%2527i%2Bdan%2BContoh%2BLengkap.jpg
https://1.bp.blogspot.com/--tm6oA0NnSg/Wh6d5CJkUUI/AAAAAAAAEd8/8mED93y8P5sjqvTYb-raGOb6Qvs0SzJqwCPcBGAYYCw/s72-c/Hukum%2BBacaan%2BMad%2BThobi%2527i%2Bdan%2BContoh%2BLengkap.jpg
Pelangi Blog
http://www.pelangiblog.com/2017/12/5-manfaat-penting-mempelajari-ilmu.html
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/2017/12/5-manfaat-penting-mempelajari-ilmu.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy