Cara Mendapatkan Uang dari Channel Youtube

Cara Mendapatkan Uang dari Channel Youtube

Cara Mendapatkan Uang dari Channel Youtube - Youtube adalah situs upload video paling populer di dunia saat ini, yang dikembangkan oleh perusahaan Google. Bisa dikatakan, Youtube juga merupakan media sosial berbasis video untuk menyalurkan kreatifitas, informasi, hiburan, dan sebagainya.

Tak hanya sebagai media sosial biasa saja, memiliki channel youtube ternyata bisa menjadi ladang penghasil uang online. Faktanya, banyak orang yang berbondong-bondong mengelola dan mengembangkan channel youtube sebagai konten kreator.

Cukup menjanjikan memang, tak mau kalah, banyak artis yang sudah berhenti dari dunia entertainment pun mulai beralih sebagai konten kreator melalui channel youtube pribadi. Mereka bisa meraup puluhan bahkan ratusan juta setiap bulannya.

Ini wajar karena para artis telah memiliki brand atau nama yang sudah dikenal dalam mata publik. Sedangkan bagi pemula, mengembangkan channel youtube tidaklah semudah yang diperkirakan. Butuh kerja ekstra, ketelatenan, dan kesabaran kuat untuk sukses menjadi konten kreator.


Cara Mendapatkan Uang dari Channel Youtube

Jika dirumuskan dalam teori umum, mendapatkan penghasilan uang dari channel youtube memang cukup mudah. Sayangnya praktek dan pelaksanaannya tidaklah semudah teori. Berikut ini langkah-langkan mengembangkan channel youtube sebagai konten kreator :

1. Buatlah Channel Youtube

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk menjadi konten kreator youtube adalah memulai membuat channel youtube. Tentunya, membuat channel youtube sangatlah mudah. Kamu hanya butuh beberapa menit untuk memulai channel youtubemu apabila kamu sudah memiliki akun Google seperti Gmail.

Pastikan juga kamu mengupload gambar profil di channel youtube agar viewers video youtubemu nanti lebih mudah mengenali channelmu. Kamu juga perlu untuk memutuskan tema apa yang akan kamu isi dalam channelmu nanti, misalnya game, vlog, review alat-alat elektronik, traveling, dan lain sebagainya.

2. Lakukan Verifikasi 2 Langkah Keamanan Channel Youtube

Sebagai syarat agar setiap video di channel youtubemu terpasang iklan adalah melakukan verifikasi keamanan channel youtube. Ini sangatlah penting agar channel youtubemu menjadi aman terkondisikan dari para pembobol channel dan para pencuri data channel youtube, misalnya dengan teknik phising.

3. Rutin Upload Video 

Langkah selanjutnya adalah membuat video sendiri untuk memulai kreatifitasmu di channel youtube. Namun, agar videomu tidak diklaim sebagai pengambilan hak cipta kreator lain, sangatlah disarankan untuk membuat video sendiri. Pastikan kamu membuat video yang bisa menarik viewers dan lakukan upload video secara rutin, misalnya satu video per hari.

Perlu digarisbawahi, kamu akan mendapatkan peringatan dari youtube apabila melakukan pengambilan konten milik kreator lain. Tentu ini akan berdampak buruk pada channel youtubemu, bisa jadi kamu akan ditolak untuk memonetisasi channel youtube atau bahkan youtube akan memberhentikan monetisasi iklan di channelmu. 

4 Perbanyak Subscribers dan Viewers

Tujuan membuat video youtube yang menarik dan rutin mengupload video adalah agar channelmu dilirik oleh viewers dan memperoleh banyak subscribers. Semakin banyak subscribers dan viewers di channel youtube, maka semakin banyak penghasilan dari iklan yang akan diperoleh.

5. Menetisasi Channel Youtube Dengan Iklan Google Adsense

Monetisasi iklan bisa diartikan sebagai proses konvesi video untuk mendapatkan nilai dan penghasilan dari iklan yang ditampilkan. Lebih mudahnya, monetisasi iklan Google Adsense adalah mengaktifkan iklan Google Adsense pada setiap video di channel youtube.

Syarat monetisasi channel youtube saat ini adalah :

  • Melakukan 2 langkah verifikasi keamanan channel youtube
  • Tidak ada pelanggaran dalam setiap video dalam Pedoman Komunitas yang aktif. Misalnya ada teguran klaim hak cipta pada salah satu video, konten video tidak sesuai dengan kebijakan youtube, dan lain sebagainya.
  • Channel youtube minimal harus memiliki 1.000 subscribers
  • Total view semua video di channel youtube sudah mencapai 4.000 jam per tahun atau 10 juta viewer dari video short publik.

Apabila channel youtubemu sudah memenuhi syarat-syarat yang telah disebutkan di atas, maka kamu bisa melakukan pendaftaran Google Adsense untuk channel youtubemu. Apabila kamu sudah memiliki akun Google Adsense, maka kamu bisa mengaitkannya pada channel youtubemu.