Cara Meredam Emosi dan Marah

Marah adalah luapan ekspresi ketidakstabilan emosi yang terjadi karena sesuatu yang menusuk perasaan dan ini sering dialami oleh banyak orang di kehidupan sehari-hari. Memang, emosi kemarahan pasti dimiliki oleh setiap orang. Hanya saja demikian itu tidak seharusnya dibiarkan hingga lepas kendali, sehingga akan menimbulkan tindakan-tindakan di luar batas.

Sebagai manusia yang memiliki akal sehat, sudah sepatutnya ia pandai-pandai dalam mengendalikan emosi dan perasaan marah dalam hatinya. Ingatlah bahwa orang yang kuat adalah orang yang mampu mengendalikan emosi dan amarahnya.


Memang sangat sulit bagi setiap orang untuk mengendalikan marah, dan sering kali kemarahan membuat seseorang gelap mata dan melakukan hal yang tidak seharusnya dilakukan. Tetapi, di sini ada beberapa tips yang mungkin bisa bermanfaat untuk mencegah amarah:


1. Diam

Jika Anda sedang marah, jangan mengoceh dan mengeluarkan kata-kata kotor. Itu akan merangsang kemarahan Anda, sebaiknya Anda diam dan mengekang emosi Anda di dalam hati dan mencoba untuk menenangkan diri.


2. Gunakan air

Amarah itu seperti api yang bergejolak, dan api akan kalah dengan air. Untuk itu, jika Anda marah, cobalah untuk mencuci muka Anda atau menyiram kepala Anda, Anda juga bisa mandi dan membasahi seluruh badan Anda. Secara tidak sengaja, ini akan membuat keadaan sedikit lebih baik.


3. Duduk dan tidur

Jika Anda sedang marah, sebaiknya Anda tidak banyak bertingkah dan melakukan hal yang buruk. Selain diam, jika Anda sedang berdiri maka sebaiknya Anda segera duduk. Nah, jika Anda masih merasakan amarah, sebaiknya Anda segera berbaring dan tidur. Saat Anda bangun, Anda akan merasa lebih baik.


4. Pergi dan menyendiri

Anda butuh waktu untuk menyendiri dan menenangkan pikiran Anda. Jika Anda sedang marah di tempat umum atau bersama dengan orang lain, ini akan lebih baik jika Anda menyendiri dan menenangkan pikiran.


5. Berpikir positif

Meluapkan kemarahan (apalagi kepada seseorang) adalah hal yang buruk. Semakin Anda hanyut oleh kemarahan, maka Anda akan semakin tersiksa. Sering terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena seseorang meluapkan kemarahan tidak pada tempatnya. Anda perlu memikirkan hal yang positif tentang diri Anda dan orang lain.


6. Jangan melakukan hal bodoh

Seperti yang telah saya katakan bahwa Anda membutuhkan waktu untuk menengkan pikiran Anda. Jadi, jangan melakukan hal bodoh yang bisa memperburuk keadaan sebagai luapan emosi Anda.


7. Curhat

Carilah seseorang yang bisa memberikan nasehat baik kepada Anda. Dia akan memberikan bimbingan apa yang sebaiknya Anda lakukan. Dia akan menghibur dan mencoba untuk menenangkan kegelisahan Anda.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url