11 Manfaat Penting Hobi Manga dan Anime

11 Manfaat Penting Hobi Manga dan Anime – Seperti yang telah diketahui umum bahwa manga adalah sebutan untuk komik jepang, sedangkan anime adalah sebutan untuk video kartun jepang. Kedua animasi visual karya jepang tersebut telah mendunia, khususnya di Indonesia.

Peminat manga dan anime pun sangat banyak mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Hobi membaca manga dan menonton anime pun bukan hanya sebagai sekedar hobi, bahkan sudah seperti makanan pokok setiap minggunya. Sama seperti saya, tiap minggu pun tidak luput untuk menyempatkan waktu menikmati keduanya.

Dan tentu saja ada manfaat dan keuntungan yang bisa didapat dalam membaca manga dan menonton anime, yag di antaranya adalah :

11 Manfaat Pelajaran Dari Manga dan Anime

1. Manga dan Anime Sebagai Hobi dan Hiburan

Meskipun hanya berupa cerita fiktif, tetapi animasi visual yang dikemas dalam bentuk manga dan anime memang disukai tidak hanya anak-anak, tetapi para remaja, bahkan pula orang-orang dewasa. Serentak, ini juga merupakan sebuah hiburan yang bisa ditemukan setiap saat.

2. Manga dan Anime Memberitahu Unsur Kebudayaan Jepang

Mau tidak mau, setiap karya visual dalam film pasti di dalamnya disuguhkan pula budaya khas dari negara si pembuat. Begitu pula dengan manga dan anime, misalnya pakaian kimono yang merupakan pakaian khas Jepang, cara menyapa orang lain, cara bersosial, beberapa makananan khas, dan lain sebagainya.

3. Mengetahui Sekilas Tentang Unsur Sejarah dan Legenda Jepang

Jangan salah bahwa di dalam Sebagian manga dan anime juga terdapat unsur sejarah dan legenda Jepang yang dikemas di dalamnya, misalnya sejarah para samurai dan pahlawan Jepang, legenda makhluk-makhluk abstrak Jepang seperti Tengu, Kappa, Shinigami, dan lainnya.

4. Manga dan Anime Mengajarkan Semangat dan Pantang Menyerah

Pantang menyerah tentu sudah menjadi tema yang bisa dijadikan pelajaran dalam kehidupan sehari-hari. Anda tentu sering melihat perjuangan bangkit dari kegagalan dalam manga dan anime, seperti One Piece, Naruto, Bleach, Fairy Tail, dan lainnya. Semua animasi visual tersebut mengajarkan kepada para lovers untuk tidak menyerah.

Sedangkan dalam kehidupan sehari-hari, kegagalan sudah menjadi bagian dalam kehidupan Anda. Jika Anda menjadi salah satu manga dan anime lovers, tentu akan sangat bijak jika mengambil kisah pantang menyerah dari sana dan mengaplikasikan dalam kehidupan Anda.

5. Manga dan Anime Mengajarkan Tentang Arti Kebersamaan

Kisah dalam manga dan anime selalu cenderung bersama teman-teman. Kebersamaan menjadi salah satu langkah untuk memperoleh kemenangan ketika melawan musuh. Bahkan untuk manga dan anime seperti One Piece, Naruto, dan Fairy Tail (dan lainnya juga), teman merupakan harta karun yang sangat berharga. Dan pasti kebersamaan inilah yang bia membawa kehidupan menuju kebahagiaan.

6. Manga dan Anime Mengajarkan Untuk Memahami Perasaan Orang Lain

Ciri khas dari animasi karya Jepang ini dibandingkan dengan animasi karya barat adalah lebih cenderung pada perasaan. Anda mungkin sudah sangat mengenal banyak manga dan anime, dan pastinya dalam kisah-kisah manga dan anime tersebut selalu cenderung pada tokoh yang merasa sendirian, kesepian, penderitaan, kehilangan, terabaikan, dan hal lain yang berhubungan dengan kondisi psikologi, misalkan saja Naruto dan Gara yang dicela sebagai monster, Nami (One Piece) yang menderita menjadi anak buah Arlong, dan lainnya. Dan selalu ada tokoh yang bisa menutup lubang hati mereka, sehingga mereka bisa tersenyum indah.

7. Manga dan Anime Mengajarkan Untuk Peduli Menolong Sesama

Selanjutnya, bercermin dari point ke empat di atas, jika Anda bisa memahami dan meresapi alur cerita dari manga dan anime favorite Anda, pasti Anda juga bisa mengerti bagaimana perasaan teman Anda di kala sedang bersedih dan menderita. Dan pastikan Anda juga bisa menjadi tokoh yang bisa menutup lubang dihati lalu membuatnya tersenyum.

Selain itu, setiap manga dan anime juga memberikan pelajaran kepada Anda untuk mengedepankan urusan orang lain. Dalam cerita manga dan anime, tokoh utama pasti rela mengorbankan nyawa untuk menyelamatkan teman-temannya, ya seperti itulah faktanya. Yang harus Anda ambil dari cerita tersebut adalah peduli dan sebisa mungkin menolong orang lain.

8. Manga dan Anime Mengajarkan Saling Mengasihi dan Menyayangi

Dari point ke 3 dan 4, maka tentu saja kisah dalam manga dan anime juga mengajarkan untuk melalui kehidupan dengan cinta dan kasih sayang kepada sesama. Dari sinilah, Anda juga bisa mengaplikasikan pelajaran dibalik kisah-kisahnya untuk kehidupan Anda dengan lebih mencintai dan menyayangi keluarga, teman-teman, orang-orang yang dicintai, dan masyarakat pada umumnya.

9. Manga dan Anime Mengajarkan Cinta Perdamaian

Untuk mewujudkan perdamaian harusnya dimulai dari diri sendiri. Tidak ada satu pun manga dan anime yang mengisahkan untuk menerror kebencian dan permusuhan kecuali di sana ada tokoh pemerjuang perdamaian. Kisah dalam manga dan anime tentu bisa menjadi inspirasi besar untuk mewujudkan perdamaian dalam kehidupan Anda.

Begitu pula, jika para ustadz dan kyai yang biasa mengajarkan bahwa kejahatan pasti kalah dengan kebaikan, kisah manga dan anime juga demikian. Apapun usaha jahat yang dilakukan oleh tokoh antagonis dalam kisah manga dan anime, selalu berakhir dengan kegagalan. Begitu juga dalam kehidupan nyata, niat jahat pasti akan menjadi boomerang bagi si pelaku sendiri, baik di dunianya maupun di akhiratnya.

10. Manga dan Anime Sebagai Media Belajar Bahasa Jepang

Bagi Sebagian pelajar yang berkeinginan menguasi tulisan dan Bahasa Jepang, tentu manga dan anime bisa menjadi batu loncatan dan media. Apalagi pada dasarnya mereka memang memiliki hobi dalam membaca manga dan menonton anime. Tentu saja ini bisa menjadi media pembelajaran menarik, mengembangkan ilmu pengetahuan melalui hobi.

11. Manga dan Anime Memberi Inspirasi Desain Animasi

Mendesain konten animasi saat ini bisa menjadi peluang menghasilkan dan meraup uang, baik secara online maupun offline. Contoh kecil saja, beberapa channel youtube yang menyuguhkan konten animasi cukup banyak diminati oleh banyak viewers youtube. Tentu saja mereka dengan konten-konten animasinya dapat menghasilkan uang secara online, sesuai dengan keahlian dan jerih payahnya. Nah, mereka yang mampu mendesain animasi-animasi kartun banyak juga yang terinspirasi dari manga dan anime. Pasalnya, merupakan hal yang sulit jika seseorang membuat sebuah karya tanpa adanya inspirasi dan keahlian.