Cara Cek Sinyal 3G/4G/5G Terkuat di Daerahmu

Kekuatan sinyal 3G/4G/5G merupakan sinyal internet yang sangat penting untuk tetap menyambungkan dan menikmati jalannya koneksi internet. Ya, memang tidak bisa dipungkiri bahwa banyak aktivitas keseharian kita yang dilalui dengan melakukan interaksi internet dalam komunitas online. Untuk itulah kekuatan sinyal 3G/4G/5G akan sangat mempengaruhinya.

Kita mungkin sudah terbiasa menjalankan internet dengan menggunakan smartphone genggam. Tentu saja untuk menjalankannya kita pasti membutuhkan layanan operator seluler, baik kartu Indosat, Telkomsel, XL, 3, Smartfren, dan lain sebagainya. Layanan-layanan operator seluler itulah yang menjadi media kita untuk tetap menikmati jaringan internet di smartphone.

Di setiap daerah di Indonesia sendiri, semua layanan operator (baik Indosat, Telkomsel, XL, 3, Smartfren, dan lain sebagainya) sudah mendukung sinyal 3G/4G/5G yang berbeda-beda. Semakin kuat sinyal-sinyal itu, maka akan semakin kuat pula jalannya koneksi internet. Berbeda dengan dulu, umumnya sinyal-sinyal di beberapa daerah di Indonesia sudah mencapai sinyal 4G dan hanya sebagaian kecil saja daerah-daerah yang sudah dijangkau oleh sinyal 5G.

Terkait dengan pembahasan mengenai kekuatan sinyal 3G/4G/5G dari semua layanan operator (baik Indosat, Telkomsel, XL, 3, Smartfren, dan lain sebagainya), kamu bisa mengetahui dan mengecek manakah kekuatan sinyal terbaik di daerahmu, yaitu dengan menggunakan aplikasi OpenSignal.


OpenSignal, Aplikasi Cek Sinyal Semua Operator

OpenSignal merupakan salah satu aplikasi mobile yang memberikan layanan analisis koneksivitas seluler secara global. Beberapa tahun yang lalu, kamu bisa cek kekuatan sinyal semua operator (baik Indosat, Telkomsel, XL, 3, Smartfren, dan lain sebagainya) melalui situs resminya tanpa harus menginstall aplikasi mobilenya. Namun, sesuai dengan perkembangan masa, kini OpenSignal hanya menyediakan analisis koneksivitas jaringan seluler melalui aplikasi mobile.

Nah, kamu bisa mendaparkan aplikasi OpenSignal di Google Play Store dengan mengetik keyword di menu pencarian. Adapun beberapa manfaat menggunakan aplikasi ini antara lain :

1. Cek Kecepatan Internet Semua Operator dan Wifi

Kamu bisa cek kecepatan internet dari kartu operator yang kamu gunakan di smartphonemu saat ini, baik itu kartu Indosat, Telkomsel, XL, 3, Smartfren, atau kartu operator lainnya. Tak hanya koneksi internet kartu operator, tetapi juga wifi yang kamu sambungkan ke smartphonemu. Fitur ini bisa kamu temukan pada halaman utama aplikasi OpenSignal dengan klik "Speed Test" seperti gambar di bawah ini :

2. Cek Kecepatan Sinyal Internet Untuk Nonton Video

Seperti pada gambar poin satu di atas, kamu juga bisa cek kecepatan internet dalam akses video online dari kartu operator smartphonemu saat ini (kartu Indosat, Telkomsel, XL, 3, Smartfren, dan lainnya), silahkan klik "Video Test".

3. Cek Kekuatan Sinyal 3G/4G/5G di Daerahmu

Selain untuk cek kecepatan internet dan akses video online, aplikasi OpenSignal juga bisa kamu gunakan untuk mengecek ketersediaan sinyal 3G/4G/5G di semua operator (kartu Indosat, Telkomsel, XL, 3, Smartfren, dan lainnya) yang ada di daerahmu, mana sinyal yang paling kuat dan yang paling lemah.

4. Cek Kekuatan Sinyal 3G/4G/5G di Daerah Lain

Selain untuk cek ketersediaan sinyal 3G/4G/5G pada kartu operator yang kamu gunakan (kartu Indosat, Telkomsel, XL, 3, Smartfren, dan lainnya), kamu juga bisa cek ketersediaan sinyal 3G/4G/5G di daerah lain melalui menu "Seacrh" lalu mengetik keywod pada daerah yang kamu tuju.


Demikian cara cek sinyal 3G/4G/5G terkuat di semua kartu operator, baik itu kartu Indosat, Telkomsel, XL, 3, Smartfren, atau kartu operator lainnya, melalui aplikasi OpenSignal. Jika kamu tertarik, kamu bisa dengan mudah menemukan aplikasi ini di Google Play Store secara gratis.

Next Post Previous Post