Hikmah dan Keutamaan Membaca Sholawat Fatih

Sholawat merupakan panjatan doa untuk Rasulullah SAW agar Beliau memperoleh rahmat dan kesejahteraan di sisi Allah SWT. Namun, entah umat Rasulullah SAW mau mendoakan sholawat kepada Beliau atau tidak, tentu sudah sangat jelas bahwa Allah SWT pasti memberikan Beliau kedudukan teristimewa, rahmat yang paling luhur, kesejahteraan yang begitu melimpah, dan berkah yang tiada tara bila dibandingkan dengan para nabi, para rasul, dan segenap makhluk-Nya.

Dengan demikian, Rasulullah SAW sendiri ibarat gelas yang sudah terisi penuh oleh air, sedangkan panjatan doa sholawat dari umat Beliau diibaratkan siraman air yang dituangkan pada gelas tersebut. Alhasil, pasti akan air di dalam gelas pasti akan tumpah dan tumpahan itu akan kembali pada mengirim doa sholawat sendiri. Yang intinya, doa sholawat yang kamu baca sebenarnya kembali kepadamu sendiri sebagai timbal balik.

Membaca sholawat sangatlah dianjurkan oleh Allah dan rasul-Nya kepada segenap kaum muslim, sedangkan doa sholawat yang diucapkan malah justru akan menjadi perantara bagi muslim untuk mendapatkan syafaat (pertolongan) Rosulullah SAW kelak di akhirat.


Lafadz dan Bacaan Sholawat Fatih

Dalam beberapa referensi kitab kuning, sholawat fatih ini dinisbatkan Sayyid Muhammad Al-Bakri (keturunan Sahabat Abu Bakar As-Shiddiq) sebagai pencipta sholawat fatih, ini merupakan pendapat yang kuat dan termasyhur. Adapula yang menisbatkan pada Syekh Abdul Qadir Al-Jailani sebagai penciptanya.

Adapun lafadz dan bacaan sholawat fatih adalah sebegai berikut ini :

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، النَّاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِى إِلىٰ صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، صَلَّ اللّٰهُ عَلَيْهِ وَعَلٰى أٓلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيْمِ

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat ta'dhim, kesejahteraan, dan berkah kepada Baginda kami, Nabi Muhammad, pembuka sesuatu yang tertutup (terkunci) dan penutup apa yang terdahulu (para nabi dan rasul), penolong yang benar dengan kebenaran dan pemberi petunjuk pada jalan-Mu yang lurus. Semoga Allah melimpahkan rahmat ta'dhim kepadanya, keluarga, dan sahabat-sahabatnya, dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung".

Menurut Kitab Afdhalus Sholawat, pada kalimat "النَّاصِرِ الْحَقِّ" dengan tanpa memakai wawu athaf, namun di beberapa referensi lain ada yang menggunakan wawu athaf "وَالنَّاصِرِ الْحَقِّ" dan ada pula dengan kalimat "نَاصِرِ الْحَقِّ", wallahu a'lam.


Hikmah dan Keutamaan Membaca Sholawat Fatih

Dalam Kitab Afdhalus Sholawat Ala Sayyidis Sadat SAW karya Syekh Yusuf bin Ismail An-Nabhani, dijelaskan beberapa hikmah, fadhilah, dan keutamaan membaca sholawat fatih yang di antaranya adalah sebagai berikut  :

1. Orang Yang Membaca Sholawat Fatih Tidak Akan Masuk Neraka

Imam Ahmad As-Showi dalam kitab syarahnya menjelaskan :

وأنها تنسب لسيدى محمد البكرى وذكر أن من صلى بها مرة واحدة في عمره لا يدخل النار

Sholawat fatih dinisbatkan pada Sayyid Muhammad Al-Bakri sebagai pencipta. Dijelaskan pula bahwa barang siapa yang membaca sholawat ini satu kali saja seumur hidup, maka ia tidak akan masuk ke dalam neraka.

Dalam kalimat lain, Sayyid Muhammad Al-Bakri berkata :

من قرأ هذه الصلاة مرة واحدة في عمره ودخل النار يقبضني بين يدى الله تعالى

Barang siapa yang membaca sholawat ini sekali saja seumur hidup dan ia masuk neraka, maka ia hendaklah menggenggamku (memohon jaminan atasku) ke hadapan Allah Ta'ala.

Pendapat mengenai sholawat fatih dinisbatkan pada Syekh Muhammad Al-Bakri, diperkuat pula oleh pendapat seorang ahli hadits dari Syam yaitu Syekh Abdurrahman Al-Kazbari. Beliau (Syekh Abdurrahman Al-Kazbari) menjelaskan faidah-faidah sholawat fatih di akhir ijazahnya milik Syekh Al-Budairi Al-Qudsi, "Setiap amaliyah berfaidah yang diambil oleh Syekh Al-Budairi Al-Qudsi dari guru-gurunya berupa sighat yang dinisbatkan pada Sayyid Muhmmad Al-Bakri, aku juga mengambilnya dari sebagian mereka".

2. Sholawat Fatih Diturunkan Langsung Pada Lembaran Dari Allah SWT

قال بعض سادات المغرب أنها نزلت عليه في صحيفة من الله

Sebagian para sayyid maghrib (barat) berpendapat bahwa sholawat fatih diturunkan di atas sebuah lembaran dari Allah SWT.

3. Keutamaan Sholawat Fatih Berkali Lipat Dibanding Sholawat Biasa

وقال بعضهم المرة منها تعدل عشرة آلاف وقيل ستمائة ألف

Sebagaian ulama' juga berpendapat bahwa satu kali membaca sholawat fatih dapat mengimbangi 10.000 sholawat biasa. Bahkan ada yang mengatakan dapat mengimbangi 600.000 sholawat biasa.

4. Keutamaan Sholawat Fatih Sebagai Media Pengampunan Dosa

من داوم عليها أربعين يوماً تاب الله عليه من جميع الذنوب

Barang siapa yang secara rutin membaca sholawat fatih selama 40 hari dengan niat bertaubat akan dosa-dosanya, maka Allah SWT akan menerima taubatnya dan mengampuni dosa-dosanya.

5. Bermimpi Bertemu Rasulullah SAW

ومن تلاها ألف في ليلة الخميس والجمعة والاثنين اجتمع بالنبي صلى الله عليه وسلم وتكون التلاوة بعد صلاة أربع ركعات يقرأ في الأولى سورة القدر وفي الثانية الزلزلة كذلك وفي الثالثة الكافرون كذلك وفي الرابعة المعوذتين ويبخر عند التلاوة بعود وإن شئت فجرب

Sholawat fatih juga dapat menjadi media agar dapat bermimpi bertemu dengan Rasulullah SAW, caranya adalah sebagai berikut :

1. Melakukan sholat hajat 4 rakaat

  • Rakaat pertama membaca Surat Al-Qadr setelah membaca Surat Fatihah
  • Rakaat kedua membaca Surat Az-Zalzalah setelah membaca Surat Fatihah
  • Rakaat ketiga membaca Surat Al-Kafirun
  • Rakaat keempat membaca Surat Al-Muawwidzatain (Surat Al-Falaq dan Surat An-Nas)

2. Membaca sholawat fatih sebanyak 1.000 kali setelah sholat

3. Jika mau, didukung juga dengan menyalakan kayu gaharu (dupa) saat membaca, insya'allah akan mujarrab.

4. Dilakukan di Malam Senin, Malam Kamis, dan Malam Jum'at

6. Sholawat Fatih Sebagai Pembuka Hijab dan Mencapai Keinginan

وقال أنها منسوبة لسيدي القطب الكامل السيد الشريف الشيخ عبد القادر الجيلانى رضي الله عنه وهي نافع للمبتدئ والمنتهى والمتوسط فقد ذكر كثير من العارفين لها من الأسرار والعجائب ما تتحير فيه الألباب، وإن من واظب عليها كل يوم مائة مرة انكشف له كثير من الحجب وحصل له من الأنوار وقضاء الأوطار ما لا يعلم قدره إلا الله

Dikatakan pula bahwa sholawat fatih dinisbatkan pada Syekh Abdul Qadir Al-Jailani sebagai pencipta, sholawat ini sangat bermanfaat baik pemula, apalagi orang yang sering mengamalkannya. Selain itu, banyak orang-orang ma'rifat telah menjelaskan rahasia dan keajaiban yang terkandung dalam inti sari sholawat ini yang begitu rumit.

Barang siapa yang rutin membaca sholawat fatih setiap hari sebanyak 100 kali, maka akan terbukalah hijab-hijab darinya, memperoleh nur-nur, dan mencapai harapa serta keinginan yang tidak diketahui derajatnya kecuali hanya Allah SWT saja.

Bisa juga didengar videonya :

Wallahu a'lam bis showab.

________________

Sumber : Kitab Afdhalus Sholawat Ala Sayyidis Sadat SAW, Bab Sholawat Ke-50 (Sholawat Fatih), Hal 79
Karya : Syekh Yusuf bin Ismail An-Nabhani.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url