Doa Ketika Bertamu dan Ketika Diberi Makanan Minuman

Doa Ketika Bertamu dan Ketika Diberi Makanan Minuman

PelangiBlog.Com – Bertamu merupakan salah satu bentuk silaturrahim secara langsung untuk memperkuat hubungan persaudaraan sesama islam. Dalam bertamu, ada hal-hal yang wajib dilakukan yang terkait dengan akhlaq baik selama bertamu, silahkan baca selengkapnya pada link di bawah ini :

Baca : Adab Serta Tata Krama Ketika Bertamu dan Menerima Tamu.

Sudah selayaknya ketika bertamu, kita akan mendapatkan beberapa suguhan makanan dan minuman. Hal yang wajib kita lakukan adalah menerima makanan dan minuman tersebut dengan riang dan tidak mempermasalahkan. Meskipun kita sudah kenyang atau tidak haus, tetapi untuk menghormati tuan rumah maka sangat dianjurkan untuk mencicipi sedikit makanan dan minuman tersebut agar tuan rumah tidak merasa kecewa telah menyuguhkan makanan dan minuman itu.

Selain itu, sebagai balas budi karena tuan rumah telah menyuguhkan beberapa hidangan makanan dan minuman, mungkin kita tidak bisa secara langsung membalasnya. Tetapi hal yang sangat dianjurkan sebagai balas budi pada waktu itu adalah mendoakan kepada tuan rumah.

Doa boleh diucapkan dengan menggunakan bahasa masing-masing, juga dengan hajat tertentu. Tetapi, doa umum yang dilafadzkan ketika bertamu dan menerima suguhan adalah sebagai berikut ini :

Doa Ketika Diberi Makanan dan Minuman
Doa ini seharusnya tidak hanya diucapkan ketika bertamu, tetapi setiap waktu kita diberi makanan dan minuman oleh seseorang. Adapaun lafadz dan bacaan doa ketika diberi makanan dan minuman adalah sebagai berikut :

اَللّٰهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِيْ وَأَسْقِ مَنْ سَقَانِيْ
Artinya :
“Ya Allah, berilah makan kepada orang yang memberiku makan dan berilah minum kepada orang yang telah memberiku minum”

Doa Ketika Bertamu :
Doa ini bisa diucapkan ketika keluar dari rumah sehabis bertamu. Adapun lafadz dan bacaan doa untuk tuan rumah adalah sebagai berikut :

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ، وَاغْفِرْ لَهُمْ وَارْحَمْهُمْ
Artinya :
“YA Allah, berkahi rezki yang telah Engkau berikan kepada mereka, ampuni dosa mereka dan kasihi mereka”