Inilah 7 Makna dan Misteri Besar Dibalik Nama Anda

Pernahkan Anda bertanya kepada diri sendiri, apa arti dari nama saya ? mengapa orangtua saya memberikan nama ini sejak saya lahir ?. Memang, ini kelihatannya sangat sepele dan kurang ada gunanya bertanya seperti itu kepada diri sendiri, bahkan tidak banyak orang yang berpikiran seperti itu.

Namun, jangan salah sangka dulu, justru terkadang pertanyaan sepele seperti itulah yang bisa mengubah kehidupan Anda, karena pasti ada makna dan arti yang besar atas pemberian nama Anda. Untuk itulah, di sini ada beberapa fakta besar tentang nama yang Anda sandang saat ini :

1. Nama Adalah Identitas Diri

Tentu saja nama adalah identitas pribadi dari masing-masing individu, tanpa nama seseorang pasti tidak tahu bahkan tidak bisa memanggil satu dengan lainnya. Bahkan setiap negara sudah mendata setiap nama dari penduduknya, di mana dari nama-nama itu bisa diketahui alamat, tangal lahir, jenis kelamin, status, dan profil-profil lainnya.

2. Nama Adalah Doa Orangtua

Jangan pernah berpikir bahwa nama adalah hal sepele yang dimiliki setiap orang. Justru sebaliknya, nama Anda merupakan pemberian orangtua yang di dalamnya berisi doa mereka untuk Anda, dengan harapan bahkan si anak akan tumbuh beriringan dengan doa tersebut.

Misalnya, seseorang dengan nama Muhammad Rizky, Muhammad merupakan nama Rosulullah SAW yang artinya “terpuji”, sedangkan rizky artinya “rizki”. Pasti orangtuanya ingin bahwa ia akan tumbuh menjadi anak sholeh yang dikaruniai dengan kemudahan mencari rizki.

3. Nama Adalah Harapan dan Impian Pertama Untuk Anak

Selain nama adalah doa orangtua untuk anaknya, nama juga merupakan harapan dan impian orangtua untuk anaknya. Setiap orangtua pasti memiliki harapan besar yang tersembunyi untuk anaknya, untuk itulah mereka memberikan nama dengan makna yang baik untuk anaknya. Bahkan, tidak jarang juga orangtua yang memberi nama anaknya dengan meniru nama tokoh atau idola, tentunya harapa orangtua pun ingin anaknya seperti tokoh atau idola mereka.

4. Nama Adalah Ekspresi Kebahagiaan dan Rasa Syukur dari Orangtua

Terkadang, orangtua memberikan nama kepada anaknya berdasarkan hal-hal yang terjadi dalam kehidupan mereka, sebagai bentuk rasa bahagia dan syukur. Curahan kebahagiaan dan rasa syukur tersebut dituangkan saat mereka memberikan nama pada anaknya. Dan tentunya, mereka pun berharap bahwa kebahagiaan tersebut akan langgeng sampai ajal memisahkan.

Dengan demikian, pastinya ini akan menjadi inspirasi bagi anak saat mengetahui makna dalam namanya sendiri untuk tetap melangkah maju serta membangkitkan semangat demi jasa besar orangtua. Jadi, jangan pernah malu dengan nama Anda, pasti ada harapan dan makna besar di dalamnya.

5. Nama Bisa Menunjukkan Kapan dan Di Mana Anda Dilahirkan

Anda mungkin sering mendengar nama-nama yang tidak asing dan cukup mirip dengan nama-nama waktu waktu tempat, tentu saja itu merupakan nama-nama yang diberikan berdasarkan waktu atau tempat. Misalkan, nama “Aprilia” berarti ia dilahirkan dibulan April, “Ramadhani” yang berarti dilahirkan dibulan Ramadlan, “Dwi” yang berarti menunjukkan anak kedua, dan lain-lain.

6. Nama Bisa Menunjukkan Takdir dan Kesuksesan di Masa Depan

Ternyata, nama juga bisa menunjukkan takdir dan kesuksesan seseorang, meskipun jika dipikir-pikir sepertinya tidak ada hubungan antara keduanya. Misalnya, jika Anda mengetahui makna dan harapan orangtua dari nama Anda, mungkin akan lebih membuka motivasi Anda untuk menggapai masa depan yang cerah.

Anda mungkin juga sering melihat situs atau software offline untuk meremal nama seseorang. Sebenarnya, itu semua bukan ramalan, hanya prediksi kecil yang berdasarkan makna, hari, dan tanggal lahir, tentu tidak semua benar. Artinya, nama memang bisa sedikit mempengaruhi dalam hal ini.

Selain itu, adat orang jawa dahulu sampai sekarang juga sering mengganti nama anak usia dini jika anak tersebut sering sakit-sakitan. Anehnya, setelah mengganti nama tersebut, anak sudah jarang sakit. Tentu ini membuktikan bahwa ada energi spiritual pada nama masing-masing orang.

7. Nama Adalah Jati Diri Anda Sebenarnya

Bagi orang-orang yang suka berpikir kritis, bahkan dari namanya sendiri ia bisa menemukan jati dirinya. Memang tidak banyak orang sperti ini, dan tentu saja sangat langka. Jadi, jangan pernah menganggap remeh nama Anda atau nama orang lain, karena ada banyak misteri pada nama seseorang yang tidak diketahui.

Nah, dari sinilah Anda mungkin perlu mengetahui apa makna dibalik nama Anda, dan sebaiknya Anda pun bertanya tentang latar belakang nama Anda kepada orangtua atau orang yang memberi nama. Meskipun Anda sendiri tahu apa arti nama Anda dalam bahasa, tetapi perlu Anda ketahui bahwa arti nama bukanlah dilihat dari segi bahasa, tetapi apa harapan dari orang yang memberikan nama. Setidaknya, jika Anda tahu makna dibalik nama Anda, pastinya akan membangkitkan semangat dan motivasi Anda.