3 Cara Menghilangkan Icon Quick Edit di Blog

Tanda icon quick edit di blogger sebenarnya memiliki manfaat tersendiri bagi blogger untuk melakukan editing widget tanpa harus membukan halaman blogger, sebagaimana namanya yaitu "Quick Edit" yang berarti edit cepat. Tanda quick edit ini bisa kamu lihat pada halaman blogmu sendiri dengan icon pensil pada sebagian template blog yang kamu gunakan.

Syaratnya, browser tempat mengakses blog harus sudah login terlebih dahulu. Ini merupakan fasilitas oleh pihak blogger untuk memudahkan mengedit widget bagi para pengguna blogger, sehingga pengguna yang mengakses blog tanpa login tidak akan dapat menemukan tanda quick edit ini.


3 Cara Menghilangkan Tanda Quick Edit di Halaman Blog

Meskipun icon quick edit berfungsi untuk melakukan pengeditan lebih cepat tanpa harus membuka halaman blogger, namun kebanyakan blogger tidak menyukai icon quick edit ini, pasalnya blog mereka terlihat kurang menarik karena banyaknya icon quick edit di sidebar widget, meskipun hanya pemilik blog sendiri yang bisa melihatnya. Ya, begitulah yang saya rasakan sebelumnya.

Sehingga hal ini mengharuskan mencari informasi terkait tutorial untuk meremove tanda quick edit tersebut. Pastinya, banyak blog yang sudah menjelaskan cara menghilangkan icon quick, kamu akan banyak menemukannya di internet. Nah, di sini saya juga ingin mencoba untuk memberikan tutorial yang sama :

1. Meremove Kode HTML Icon Quick Edit

Ini adalah cara manual untuk menghilangkan icon quick edit yang muncul dihalaman blogmu. Kamu perlu meremove kode HTML yang menghubungkan pada tanda quick edit di halaman pengeditan kode HTLM pada template.

1. Bukalah akun bloggermu

2. Pilih menu "Theme"

3. Klik icon segitiga pada "Customize" lalu pilih "Edit HTML"

4. Cari satu persatu kode di bawah ini dengan menggunakan CTRL + F lalu delete kode tersebut

<b:include name='quickedit'/>

5. Simpan template blog jika sudah selesai

2. Mengganti Kode HTML Icon Quick Edit

Kamu juga bisa menggunakan cara kedua ini, silahkan cari satu persatu kode <b:include name='quickedit'/> pada kolom kode HTML blog seperti cara di atas. Kemudian, ganti satu per satu kode tersebut dengan kode di bawah ini jangan lupa simpan template :

<!--b:include name='quickedit'/-->

Fungsi kode tersebut adalah untuk memerintah browser agar mengabaikan icon quick edit yang muncul di blog previewmu.

3. Gunakan Kode CSS Untuk Menghilangkan Quick Edit

Kedua cara di atas memang cukup rumit karena kamu harus mencari kode terkait icon quick edit satu persatu di kolom kode HTML blog, kemudian meremove atau mengubah kodenya. Namun, ada cara yang lebih praktis yang bisa kamu lakukan:

1. Silahkan masuk akun bloggermu

2. Pilih menu "Theme"

3. Klik "Customize" – klik "Advanced" – scroll ke bawah dan klik "Add CSS"

4. Masukkan kode di bawah ini pada kolom CSS blogger

.quickedit {display:none;}

5. Save template

Demikian 3 cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan icon atau tanda quick edit yang muncul di halaman blogmu, semoga bermanfaat, terima kasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url