7 Hal Jadi Pertimbangan Untuk Memilih Pekerjaan Yang Ideal

7 Hal Jadi Pertimbangan Untuk Memilih Pekerjaan Yang Ideal

Pekerjaan merupakan hal penting yang harus Anda dapatkan, apalagi jika Anda sudah lulus kuliah. Mengapa ? karena tentu saja Anda membutuhkan uang dan pemasukan setiap bulan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, jadi pekerjaan adalah cara agar Anda mendapatkan pemasukan tiap bulannya.

Dalam dunia pekerjaan, pastilah Anda dihadapkan dengan banyak sekali bidang pekerjaan yang Anda jumpai, mulai dari bidang perbankan, IT, marketing, pendidikan, kesehatan, kepemerintahan, dan lain sebagainya. Anda bisa menemukan banyak lowongan pekerjaan melalui media offline maupun media online.

Nah, setiap orang pasti mempunyai deskripsi pekerjaan yang cocok dan ideal sesuai kebutuhan. Pasalnya, banyak juga orang yang berhenti dari pekerjaannya dan mencari pekerjaan lain meskipun gaji yang sudah didapat sudah cukup besar. Untuk itu, beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantu memberikan pertimbangan Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang cocok dan ideal :

1. Buat Perancangan Tepat

Pada awalnya, Anda harus memiliki rancangan tentang apa pekerjaan yang Anda inginkan nanti, jadi mulailah dengan membuka pikiran. Ini akan sangat membantu untuk mengidentifikasi apa posisi pekerjaan yang cocok dan ideal bagi Anda.

Jika Anda saat ini masih kuliah, maka pergunakan waktu belajar dengan sebaik-baiknya. Kembangkan keahlian berdasarkan jurusan Anda, ini akan membantu Anda untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah sesuai dengan keinginan.

Baca juga : 7 Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Memasuki Dunia Kerja.

2. Pilih Berdasarkan Bidang dan Keahlian

Anda pasti memiliki sebuah keahlian tertentu setelah lulus kuliah berdasarkan jurusan Anda. Untuk itulah, pastikan Anda memilih pekerjaan yang sesuai dengan jurusan dan keahlian Anda. Ini penting sehingga keahlian Anda tidak akan tersia-siakan hanya karena urusan pekerjaan.

Selain itu, memilih pekerjaan berdasarkan bidang dan keahlian akan memudahkan Anda diterima setelah melakukan interview. Jika Anda berusaha menekuni pekerjaan tersebut, Anda juga bisa mengembangkan dan membuka usaha sendiri melalui keahlian tersebut.

3. Gaji Yang Cukup

Kian hari kian waktu, kebutuhan hidup Anda pun akan semakin bertambah. Untuk itulah Anda harus memilih pekerjaan dengan gaji yang cukup, minimal cukup untuk memenuhi kebutuhan dan cukup untuk menyisihkan uang ke dalam tabungan, sehingga Anda bisa puas dengan pekerjaan yang dijalani.

4. Perhatikan Deskripsi dan Suasana Pekerjaan

Anda perlu memperhatikan deskripsi pekerjaan yang akan dijalani sehari-hari, mulai dari waktu bekerja, prosedur dan aturan pekerjaan, target yang harus dicapai, dan hal sebagainya. Ini sangat penting agar Anda bisa mempersiapkan diri sebelum memulai bekerja. Selain itu, melakukan prosedur-prosedur pekerjaan dengan baik bisa membatu Anda untuk mendaki karir pekerjaan.

5. Stabilitas Pekerjaan Menunjang Masa Depan

Selanjutnya, Anda juga perlu memperhatikan stabilitas pekerjaan untuk masa depan. Di sini, Anda perlu memikirkan pekerjaan yang mampu menunjang karir masa depan Anda. Dengan demikian, sekalipun Anda sudah pensiun, Anda masih tetap mampu memenuhi kebutuhan.

6. Keluangan Waktu di Luar Pekerjaan

Seperti yang sudah saya utarakan di atas, setiap orang memiliki deskripsi pekerjaan yang berbeda-beda. Hal ini juga merujuk pada penilaian pekerjaan yang berbeda pada masing-masing orang. Tetapi, saya sarankan bahwa apapun pekerjaan Anda dan berapa pun besar gaji yang Anda dapatkan, pastikan Anda memiliki waktu luang selain bekerja.

Mengapa ? ada banyak manfaat jika Anda memiliki banyak waktu luang selain bekerja, misalnya memperistirahatkan tenaga dan pikiran lebih maksimal lagi, memiliki banyak waktu untuk menemani keluarga, bersosial bersama teman, tetangga, dan orang lain. So, jangan jadikan diri Anda sebagai budak pekerjaan sehingga Anda melalaikan banyak hal penting dalam kehidupan Anda.

7. Tidak Bertentangan Dengan Norma Hukum dan Agama

Tidak ada pekerjaan yang tidak memiliki resiko, tetapi pekerjaan yang baik adalah pekerjaan yang memiliki resiko lebih kecil. Kemudian, Anda perlu memilih pekerjaan yang tidak bertentangan dengan norma, baik norma dalam bernegara, norma dalam bermasyarakat, maupun norma dalam beragama :

  • Pekerjan bukan salah satu jenis kriminalitas
  • Pekerjaan tidak bermodus penipuan atau merugikan orang lain
  • Pekerjaan tidak bertentangan dengan keyakinan beragama.

Demikian 7 hal yang bisa menjadi pertimbangan untuk memilih pekerjaan yang ideal, semoga bermanfaat, terima kasih.