Cara Aman Unlock MI Device Pada Smartphone Xiaomi

Cara Aman Unlock MI Device Pada Smartphone Xiaomi

PelangiBlog.Com – Permasalahan yang paling cukup umum yang dialami oleh pengguna smartphone Xiaomi adalah masalah rom, yaitu rom abal-abal. Sebenarnya, pihak MIUI sudah memberikan instalasi rom atau MI Flash secara gratis dan ideal untuk digunakan, namun para distributor memodifikasi rom tersebut sehingga ada beberapa perubahan dalam rom Xiaomi, misalnya muncul iklan pop up di tengah-tengah browser, tidak ada instalasi bahasa Indonesia, dan lain sebagainya.

Kasus-kasus seperti ini sudah banyak terjadi, dan tentunya menyusahkan pengguna smartphone Xiaomi. Nah, dari situlah banyak pengguna melakukan Flash ulang untuk memperbarui dan memperbaiki rom Xiaomi. Namun, jika kamu melakukan flash, tetap hati-hati dan waspada, jangan coba-coba melakukan flash jika kamu tidak berpengalaman karena mungkin kamu akan menemui masalah yang lebih menyulitkan lagi jika gagal melakukan flash.

Salah satu kesalahan fatal karena gagal melakukan flash adalah Lock Xiaomi Device. Artinya, instalasi rom kamu tidak berhasil, bahkan device Xiaomi kamu terkunci dan tidak dapat dibuka kecuali dengan kode yang diberikan pihak MIUI. Lock Xiaomi Device tidak hanya terjadi karena kesalahan melakukan flash, tetapi banyak juga hal lainnya misalnya  kesalahan dalam otak-atik security device Xiaomi, dan lainnya.

Mengapa Harus Ada Fitur Lock Device Pada Smartphone Xiaomi ?
Jika kamu mengalami masalah lock device, pastinya akan membuat kamu ingin membanting kepala. Pasalnya, kamu tidak bisa mengakses device Xiaomi karena terkunci otomatis. Namun sebenarnya, alasan fitur lock device xiomi adalah untuk melindungi smartphone kamu dari kejahatan kriminal.

Misalnya, smartphone kamu hilang atau dicuri orang, tanpa adanya fitur lock device ini pasti pencuri akan mudah melakukan flash ulang dan mengakses Xiaomi kamu. Namun, dengan adanya fitur lock device, si pencuri pasti tidak masuk ke dalam device Xiaomi, sehingga ini melindungi smartphone kamu. Untuk itulah, kamu harus mempunyai MI Account terlebih dahulu.

Bagaimana Cara Unlock Device Pada Smartphone Xiaomi ?
Ada beberapa cara memang, misalnya kamu melakukan fastboot dengan hack paksa smartphone Xiaomi dengan Command Prompt, tapi kamu harus ahli dibidang bahasa pemrogaman. Nah, jika kamu tidak bisa bahasa pemrogaman, maka cara berikut ini mungkin bisa kamu lakukan, tetapi kamu perlu sabar :

LANGKAH PERTAMA : MENGAJUKAN PERMOHONAN UNLOCK DEVICE

1. Kunjungi Unlock Your MI Device.

2. Klik “Unlock Now”

Unlock Your MI Device

3. Masukkan nomor HP dan password yang kamu gunakan sesuai MI Account

Unlock MI Device Xiaomi - Pelangi Blog

Catatan :
Untuk nomor HP, pastinya menggunakan kode nomor HP negara, Indonesia adalah +62

4. Pada halaman berikut, isi berdasarkan kolom yang disediakan

Permohonan Unlock Device Xiaomi

Catatan :
Kolom 1 : isi dengan username kamu sesuai MI Accout
Kolom 2 : pilih kode nomor HP negara kamu
Kolom 3 : isi dengan nomor HP kamu, misalnya 085730156763 maka biarkan angka 0, isi dengan 85730156763
Kolom 4 : Tulis alasan unlock device kamu, misalnya “My phone is bricked, I need your help Sir. Please approve my request, thank you”
Kolom 5 : silahkan dicentang
Kolom 6 : Klik “Appy immediately”

5. Beberapa detik kemudian, kamu akan menerima kode konfrmasi melalui sms ke HP di atas yang kamu masukkan.

6. Klik “Next”

Permohonan Unlock MI Device Xiaomi via SMS

7. Jika sudah berhasil, maka akan keluar halaman seperti di bawah

Permohonan Unlock MI Device Sukses


Jika kamu sudah melakukan proses permohonan unlock device Xiaomi di atas, maka kamu akan mungkin akan menunggu permohanan kamu diproses dan diterima. Biasanya, ini akan memakan waktu sekitar 10 hari, dulu saya sampai 5 hari sudah mendapatkan kode unlock device Xiaomi. Bersabar dan berdoalah semoga permohanan diterima.


LANGKAH KEDUA : PROSES UNLOCK BOOTLOADER

Selama beberapa hari penungguan, jika kamu sudah mendapatkan kode unlock device dari pihak Xiaomi, maka kamu harus melakukan langkah selanjutnya, seperti di bawah ini :

1. Download MI Flash UNLOCK di sini

2. Sementara itu, reboot device xiomi kamu dengan menekan tombol Power + Volume plus + volume min secara bersamaan

3. Jika aplikasi Mi Flash Unlock sudah didownload, buka file RAR, kemudian jalankan aplikasi MIFlasnUnlock.exe

Mi Flash Unlock - Pelangi Blog

4. Klik “Agree”

Mi Flash Unlock - Pelangi Blog

5. Login ke MI Account dengan memasukkan nomor HP dan Password MI Account

Login Mi Accoun to Unlock Device

6. Silahkan hubungkan Smartphone Xiomi kamu dengan PC melalui kabel data

Mi Flash Unlock Tool

7. Setelah Smartphone sudah terhubung pada aplikasi MI Flash, tunggu beberapa detik sampai tombol unlock muncul, kemudian masukkan 10 digit kode unlock device Xiaomi yang kamu dapatkan melalui sms dari Xiaomi

8. Tunggu beberapa detik sampai pemrosesan unlock berhasil

Catatan :
Mi Account hanya bisa unlock satu device dalam waktu 30 hari
Jika kamu mendapatkan pemberitahuan ““current user is not logged in connected device”, maka silahkan reboot kembali device Xiaomi kamu seperti pada point 2 langkah kedua.
Proses unlock bootloader akan menghapus semua data kamu, maka kamu bisa membuat backup data sebelum melakukan unlock device
Jika proses unlock device smartphone Xiaomi berhasil, silahkan melakukan flash ulang menggunakan flash MIUI resmi
Saya hanya memberikan tutorial dan tips tentang Xiaomi, jika ada kesalahan atau ketidakberesan, resiko ditanggung sendiri