Doa Nabi Zakariyya as Untuk Meminta Anak

Doa Nabi Zakariyya as Untuk Meminta Anak

PelangiBlog.Com – Nabi Zakariyya as merupakan salah satu nabi termasuk dalam kategori 25 nabi yang wajib diketahui oleh umat muslim. Dalam kisah singkatnya, Nabi Zakariyya as sudah begitu lama mendambakan seorang anak.

Kemudian, dalam munajahnya, Nabi Zakariyya as memohon kepada Allah SWT untuk mendapatkan keturunan. Berikut ini doa yang dipanjatkan Nabi Zakariyya as sebagaimana yang tersirat dalam Al-Qur’an Surat Al-Imron Ayat 38 :

رَبِّ هَبْ لِىْ‏ مِنْ لَدُنْكَ ذُرِيَّةً طَيِّبَةً، اِنَّكَ سَميْعُ الدُّعَاءِ
Artinya :
“Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang keturunan yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa”.

Allah SWT juga menyinggung kisah singkat Nabi Zakariyya dan doanya dalam surat lain di dalam Al-Qur’an, tepatnya pada surat Al-Anbiya’ ayat 89 :

رَبِّ لَا تَذَرْنِيْ فَرْداً وَأَنْتَ خَيْرُ الْوَارِثِيْنَ
Artinya :
“Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah pemberi waris yang paling baik”.

Kemudian, Allah SWT menganugerahi anak yang sholeh dan taat, yang bernama Nabi Yahya as. Demikianlah, kisah singkat tentang doa yang dipanjatkan Nabi Zakariyya as kepada Allah SWT untuk memohon keturunan.

Menurut pendapat beberapa ulama’ salaf dan para kyai sepuh, doa Nabi Zakariyya tersebut bisa diamalkan dan dibaca rutin setiap hari sebagai permohonan kepada Allah SWT untu mendapatkan anak bagi pasangan suami istri yang belum dianugerahi anak.

Insya’allah, jika doa tersebut bisa dibaca rutin dengan hati tulus untuk memohon kepada Allah SWT, maka tidak ada kesulitan sama sekali bagi kekuasaan Allah SWT untuk mengabulkan doa hamba-Nya, karena Dia adalah Sebaik-baik Pemberi Waris lagi Maha Kuasa atas segala sesuatu.