Hati-hati, Inilah Model-model Modus Penipuan SMS

Akhir-akhir ini, modus penipuan via mobile sudah sering terjadi, entah itu berupa sms, telfon, pesan di media sosial, dan lain-lain. Meskipun modus-modus penipuan seperti ini sudah sering terjadi, kadang ada beberapa orang yang masih bertanya “ini benar atau tidak ya ?”.

Untuk itu, di sini saya ingin mengajak kamu untuk berhati-hati jika menerima sms, telfon, atau pesan di media sosial yang berisi hadiah dan lain sebagainya, karena kemungkinan besar itu adalah modus penipuan. Dan berikut ini ada berbagai macam modus penipuan mobile yang sering terjadi :


1. SMS Mendapatkan Hadiah Bank

Modus penipuan yang sering terjadi adalah kamu mendapatkan sms atau telfon berupa raih hadiah, bonus, reward, atau apalah macamnya itu, dari bank BRI, BCA, MANDIRI, atau lainnya.

Contoh SMS :

Nasabah BRI YTH, nomor rekening Anda mendapatkan hadiah cek uang sebesar 100jt dari BRI UNTUNG BELIUNG BRITAMA.
Pin Anda (3k7ee054), info lanjut https://briuntungbritama34.blogspot.co.id//.

2. SMS Mendapatkan Hadiah Dari PT atau Perusahaan

Ternyata, modus penipuan tidak hanya mengatasnamakan bank, tetapi juga perusahaan-perusahaan terkenal, misalnya PT. Sidomuncul, PT. Maspion, PT. PT. Honda Prospect Motor, dan lain-lain. Biasanya sms dengan modus seperti ini menyertakan sebuat situs website gratisan agar dikunjungi. Pesan semacam ini biasanya dikirim ke dalam bentuk sms langsung atau via media sosial, misalnya BBM dan WA.

Contoh SMS :

Info resmi dari PT. Sidomuncul, SELAMAT Anda memenangkan undian berupa satu unit sepeda motor MIO.
Pin Anda = 8dy07Tj, info resmi kunjungi http://sidomuncul245.tk/

3. SMS Mendapatkan Hadiah mTronik

Selain kedua modus di atas, sms modus penipuan yang paling sering adalah dengan mengatasnamakan kejutan mTronik. Jenis sms pun hampr sama dengan dua modus di atas, memberikan PIN dan merujukkan pada situs gratisan.

Contoh SMS :

Berkah isi ulang mTronik, No. Anda terpilih mendapatkan hadiah 10jt dengan PIN 66gy78D.
Pesan ini berlaku paling lambat 1 hari, info lanjut http://hadiahmtronik46.jimdo.com/.

4. SMS Minta Pulsa

Modus penipuan sms ini sangat lucu dan gemesin ternyata. Pasalnya, si penipu ngaku-ngaku bapak, emak, atau keluarga target dengan alasan minta pulsa.

Contoh SMS :

Ma, cpet krim pls 25rb ke no nih 087820304747. Lgi da urusan penting.

5. SMS Transfer Uang ke Rekening Tertentu

Kalau modus penipuan sms satu ini diinpirasi dari ngawur dengan harapan target sedang dalam kondisi dan masalah yang cukup mirip.

Contoh SMS :

Pak, tolong uangnya ditransfer ke atasan saya saja, Ibu Yarti Rek. 038501007342504.
Kalau sudah ditransfer, tolong segera sms, Trims.

6. SMS Bayar Tagihan Angsuran dan Ansuransi

Ada juga penipuan sms dengan modus tagihan angsurah dan ansuransi. Tentu saja pelaku penipuan menyebarkan banyak sms dengan berharap mendapatkan peluang korban yang sedang dalam kondisi yang sama.

Contoh SMS :

Mohon maaf sebelumnya karena untuk beberapa hari ini saya sedng sibuk, silahkan melunasi pembayaran tagihan asuransi ke atasan saya segera, Bapak Restu No. Hp. 087820304747. Terima kasih.

7. SMS Bayar Kos, Kontrakan, Sewa Toko, atau Sewa Rumah

Hati-hati ya bagi kamu yang sedang dalam masa pembayaran kos atau kontrakan, karena bisa jadi sms modus penipuan bayar kos atau kontrakan menjeratmu.

Contoh SMS :

Bunyinya gini mas : Maaf melalui SMS, kalau mau diteruskan sewa kontrakannya, ke nomor teman saya saja Herdian Hp. 085222288580. Karena sudah dijual ke teman saya. Trims.

8. SMS Jual Beli Tanah atau Rumah

Modus sms penipuan memang dilakukan dengan berbagai macam cara untuk menjebak korban, bahkan dengan alasan jual beli tanah atau rumah, jadi kamu perlu hati-hati.

Contoh SMS :

Ass. Maaf sy bu Hj. Suri yang kemarin survey rumah anda. Mengenai harga bisa hub suami saya, H. SIGIT, telp. 081316005639. Terima kasih.

9. SMS Mendapatkan Bonus Poin Seluler

Kalau modus penipuan sms satu ini memang kelihatan menyakinkan sekali, apalagi bagi kaum awam. Namun, jika dicermati lagi, justru permintaan untuk menghubungi nomor tertera itulah yang membuktikan bahwa sms itu hoax.

Contoh SMS :

Anda diminta menghubungi Telkomsel Pusat Jakarta, Mengenai Paket Bonus Poin Anda,
Silahkah hub. 02140403789. Dari GraPARI TELKOMSEL.

10. SMS Alasan Rekening Bank Error

Yang namanya bank, pastinya mendahulukan kepentingan nasabah sebagai pelanggan. Tetapi berbeda dengan modus sms satu ini, ini sih kalau menurut saya pihak banknya sangat perhatian pada nasabahnya, alias hoax.

Contoh SMS :

Nasabah BCA YTH, Anda diminta segera datang ke kantor BCA karena rekening Anda mengalami masalah error dan harus dimonitoring ulang agar dapat aktif kembali. Sebelum pergi ke kantor BCA, silahkan hub. Dwi Santo 085318833339, thanks.

11. SMS Butuh Teman Curhat

Kalau modus sms penipuan satu ini jelas menarget para remaja dan anak-anak sekolah, khususnya mereka yang sedang patah hati atau kian menjomblo. Bentuk sms biasanya berupa bujukan untuk menghubungi nomor HP atau PIN BB.

Contoh SMS :

Butuh teman curhat, lagi sendiri ? invite PIN BBku ya : 224F0049

12. SMS Mendapatkan Gratis 50 Gb atau Lebih Jaringan 3G-4G Semua Operator

Modus sms penipuan mendapatkan kuota gratis 3G-4G sebesar 50 Gb atau lebih semua operator ini biasanya dikirim melalui media sosial, seperti BBM, WA, dan lain-lain. Tentu saja karena target adalah orang-orang yang aktif di internetan. Jangan termakan jebakan, setelah kamu klik link yang disertakan, kamu akan mengisi formulir termasuk nama, nomor HPmu, jenis operator, terlihat seperti sungguhan.

Contoh SMS :

Dapatkan Kuota Internet Gratis 50GB 4G Semua Operator sampai 90 hari. Klik di sini untuk mengaktifkan http://3GUnlimited.ga?Gratis.

13. Telfon Minta Transfer Uang

Modus penipuan satu ini biasanya dilakukan dengan menelfon korban untuk membuat panik dengan alasan keluarga sedang kecelakaan atau berada di kantor polisi, yang kemudian meminta sejumlah uang untuk segera ditransfer. Dan tentu saja, pelaku juga mengetahui nama korban dan keluarga korban agar tidak curiga.

Contoh Percakapan :

Pelaku : “Halo, apakah ini bapak Sardi ?”
Korban : “Ya, saya sendiri”
Pelaku : “Kami dari pihak kepolisian Jakarta Selatan ingin menginformasikan bahwa putra bapak bernama Budianto saat ini sedang kecelakaan”
Korban pun panik lalu menanyakan kepada pelaku apa yang harus dilakukan.
Pelaku : “Saat ini putra bapak sedang berada di rumah sakit dalam kondisi kritis, kami mohon segera transfer uang untuk menyelesaiakan administrasi rumah sakit………”

Baca juga : Ciri-ciri SMS Modus Penipuan dan Cara Melaporkan.