17 Fakta Unik Lebaran Yang Hanya Ada di Indonesia

Hari raya idul fitri atau lebaran merupakan momen spesial bagi umat islam setelah berjuang menahan haus dan lapar di sepanjang Bulan Ramadhan. Tentunya, momen lebaran menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh semua muslim di Indonesia.

Berbeda dengan negara-negara lain, di Indonesia ada banyak cara untuk menikmati sekaligus merayakan hari raya idul fitri atau lebaran, di mana hal itu sudah menjadi budaya turun temurun sejak dulu sampai saat ini. Lalu apa sajakah itu ?

1. Mudik Lebaran

Momen lebaran memang menjadi momen untuk pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga. Ya, maklum karena memang banyak orang di kota adalah pendatang dari kampung dan desa.

2. Kemacetan Panjang

Kemacetan memang tidak hanya terjadi saat menjelang hari raya lebaran. Namun berbeda dengan hari-hari biasanya, pada momen seperti ini kemacetan bisa jauh lebih padat dan bahkan sampai sepanjang beberapa kilometer.

3. THR (Tunjangan Hari Raya)

Salah satu momen yang ditunggu-tunggu saat lebaran adalah THR (Tunjangan Hari Raya), tak hanya bagi para pegawai perusahaan saja, tetapi juga pegawai pemerintah, guru, dan lainnya. Lumayankan, THR bisa mendukung sebagai biaya mudik, membeli baju baru, dan oleh-oleh.

4. Nyekar

Kamu pasti tahu bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya, bahkan budaya dalam menyambut hari raya lebaran. Salah satuya adalah budaya nyekar, yaitu budaya berziarah kubur ke makam keluarga dan leluhur yang sudah mendahului.

5. Megengan

Selain Nyekar, budaya yang juga terkenal di Indonesia adalah megengan, yaitu mengundang tetangga untuk melakukan doa bersama sebagai bentuk rasa syukur dalam menyambut lebaran. Megengan biasa dilakukan dalam menyambut Bulan Ramadhan dan hari raya idul fitri.

6. Takbir Keliling

Di Indonesia, pada malam hari raya idul fitri atau malam lebaran, pasti di jalan-jalan ramai dipenuhi dengan perayaan takbir keliling sebagai penyambutan lebaran. Memang sih, kalau budaya takbiran juga dilakukan di banyak negara lainnya saat lebaran, tetapi fenomena takbir keliling hanya ada di Indonesia.

7.  Pembuatan Kue Lebaran

Sekita seminggu sebelum hari raya idul fitri, pastinya ibu-ibu sudah disibukkan dengan pekerjaan dapur. Ya, mereka berlomba-lomba untuk membuat kue spesial lebaran, apalagi orang-orang jawa asli. Namun, dewasa ini pembuatan kue lebaran sudah mulai tersingkirkan, ibu-ibu lebih suka membeli kue jadi daripada harus repot-repot bekerja di dapur.

8. Petasan

Produksi petasan ternyata cukup meningkat saat menjelang hari raya lebaran, hal ini karena permintaan petasan pun juga semakin banyak dari konsumen. Bahkan di pertengahan Bulan Ramadhan pun bunyi petasan-petasan kecil sudah sering terdengar di berbagai jalan.

9. Baju Baru

Tak hanya produksi petasan, produksi baju-baju muslim pun meningkat menjelang hari raya lebaran karena banyaknya konsumen yang memesan. Ya, memang budaya mengenakan baju muslim baru saat hari raya lebaran sudah dilaksanakan turun temurun sejak dulu.

10. Ucapan Permohonan Maaf Lahir Batin

Kamu pun pasti sudah tahu fakta yang satu ini, menjelang hari raya lebaran tentu saja banyak sms, pesan inbox, dan status permohonan maaf lahir dan batin dari teman-temanmu.

11. Sungkeman

Jika kamu merayakan lebaran di negara lain seperti di Arab, budaya sungkeman tidak akan kamu temukan kecuali di Indonesia. Budaya sungkeman di hari lebaran juga merupakan budaya warisan nenek moyang dan leluhur kita hingga sampai saat ini.

12. Bagi Uang Kepada Anak-Anak

Hari raya lebaran juga merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar anak-anak kecil. Pasalnya, saat lebaran dan melakukan sungkeman, mereka tidak hanya bisa mengincipi kue dan makanan ringan, tetapi juga mendapatkan uang ribuan bahkan sampai ratusan ribu dari tetangga dan keluarga.

13. Peringatan Halal Bihalal

Demikian halnya pula, peringatan halal bihalal pun hanya akan kamu temukan di bulan lebaran di Indonesia. Saling memohon maaf dan memaafkan, juga sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat-Nya di hari lebaran dilaksanakan dalam bentuk acara peringatan. Dan tentu saja halal bihalal sudah menjadi salah satu acara peringatan hari besar islam.

14. Lontong

Di desa-desa, tepatnya di Provinsi Jawa Timur, budaya membuat lontong saat malam hari raya lebaran juga merupakan budaya yang sudah ada sejak zaman dulu. Dan tentu saja budaya membuat lontong hanya bisa kamu temukan di Indonesia.

15. Ketupat

Ternyata tak hanya lontong, membuat ketupat juga dilakukan oleh mayoritas orang Indonesia setelah hari raya lebaran. Inilah salah satu alasan mengapa banyak gambar icon ketupat dalam ucapan selamat hari raya lebaran.

16. Reuni Lebaran

Ternyata, momen di hari lebaran tidak hanya sebagai momen berkumpul kembali bersama kelurga loh, tetapi juga menjadi momen yang baik untuk berkumpul kembali bersama teman-teman lama melalui acara reuni lebaran.

17. Gangguan Operator Jaringan

Nah, kalau yang satu ini sudah pasti terjadi, saat lebaran tidak perlu kaget apalagi mengeluh jika terjadi trouble jaringan, misalnya sms pending, telfon tidak tersambung, dan internetan menjadi lemot. Kamu hanya perlu sabar dan menunggu hingga jaringan kembali normal setelah 2 sampai 3 hari.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url