Cara Mengatasi Hardisk Tiba-Tiba Penuh dan Merah Pada Windows

Sebagai pengguna windows, salah satu masalah yang juga sering kamu alami adalah toba-tiba penuh dan berwarna merah. Masalah harddisk penuh seperti ini jelas saja membuatmu kaget, padahal sebelumnya harddisk dalam keadaan normal, kamu sendiri mungkin merasa bahwa tidak banyak software yang kamu install di windows atau tidak menyimpan data berlebihan di System Disk (C).

Masalah harddisk penuh seperti itu biasa dijumpai baik di windows vista, windows 7, windows 8, maupun windows 10. Sebenarnya, ada beberapa hal yang menyebabkan mengapa hardisk pada System Disk (C) tiba-tiba penuh dan memerah, misalnya karena banyaknya file-file sampah yang tersimpan di dalamnya, system back up, dan masalah system restore.

Jadi tidak perlu khawatir dan cemas karena masalah ini hanyalah masalah sepele. Untuk itulah, di bawah ini ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ardisk penuh dan memerah pada System Disk (C) windows :


1. Membersihkan File Sampah Pada System Disk (C)

Untuk membersihkan file-file sampah pada System Disk (C) windows, kamu bisa mengunjungi posting pada link berikut ini : Cara Menghapus File Sampah di Sistem Windows.

Namun, terkadang setelah membersihkan file-file sampah di System Disk (C) windows, harddisk tetap saja penuh dan memerah. Untuk itu, langkah kedua berikut ini mungkin akan bisa membantu.


2. Menghapus System Restore Point di Windows

Untuk melakukan penghapusan system restore point pada beberapa windows, seperti windows vista, windows 7, windows 8, dan windows 10, caranya hampir sama, kamu bisa melakukan seperti langkah-langkah berikut ini :

1. Buka Halaman Computer

2. Klik Kanan – klik “Properties

3. Klik “System Protection

4. Klik “Configure

5. Klik “Delete” – klik “OK