Fungsi dan Manfaat Fitur Developer Options Android

Fungsi dan Manfaat Fitur Developer Options Android

Developer Options atau Opsi Pengembangan merupakan fitur pilihan yang biasanya terdapat dalam pengaturan pada setiap sistem berbasis android. Tentu saja fitur ini memiliki banyak manfaat bagi para pengguna android, di mana pengguna bisa memiliki akses lebih untuk menampilkan fitur-fitur yang mungkin tidak ada (tertentu dan tersembuyi) di dalam pengaturan sistem android.

Baca selengkapnya : Cara Mengaktifkan Fitur Developer Options Smartphone Xiaomi.

Memang tidak banyak pengguna android yang mengetahui manfaat fitur developer options atau opsi pengembangan. Untuk itulah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang manfaat fitur developer options.

1. Take Bug Report
Fitur ini berfungsi untuk memberikan laporan informasi tentang aplikasi yang tidak bisa dijalankan atau terdapat bug/error, kamu juga bisa mengirimkan informasi itu.

2. Dekstop Backup Password
Fitur ini berfungsi untuk memasukkan password yang sudah digunakan untuk merestore data yang kamu backup sebelumnya.

3. Stay Awake
Ini merupakan fitur tertentu di mana diaktifkan jika kamu ingin layar smartphonemu tetap menyala pada saat pengecasan, baik pengecasan melalui charging maupun pengecasan melalui USB yang terhubung pada komputer.

4. Enable Bluetooth HCI Snoop Log
Jika diaktifkan, fitur ini berfungsi untuk memberikan informasi tentang aktivitas apapun yang telah dijalankan Bluetooth pada perangkat.

5. USB Debugging
Jika kamu memiliki project android yang dikerjakan di dalam aplikasi pembuatan android di dalam komputer, kamu bisa mengetes hasil project android langsung melalui perangkat androidmu. Kamu hanya perlu mengaktifkan fitur ini kemudian menghubungkan perangkat androidmu dengan komputer melalui kabel USB.

6. Revoke USB Debugginng Authorisations
Fitur ini berfungsi untuk mecabut akses USB Debugging ke semua perangkat komputer yang telah terhubung sebelumnya.

7. Select Debug App
Fitur ini berfungsi untuk memilih aplikasi-aplikasi yang sudah pernah terhubung untuk melakukan debug. Jika perangkat terkunci itu menunjukkan bahwa perangkatmu dalam keadaan aman.

8. Unlock Status
Fitur ini berfungsi untuk mengecek apakah perangkat androidmu dalam keadaan terkunci atau tidak.

9. Allow Mock Location
Fitur ini berfungsi untuk mengatur lokasi di mana kamu berada secara manual. Ini artinya kamu bisa memasukkan lokasi palsu dan menipu perangkat android lain.

10. Show CPU Usage
Fitur ini berfungsi untuk menampilkan penggunaan kinerja CPU pada layar.

11. Mobile Data Always Active
Fitur ini berfungsi untuk tetap mengatifkan paket data meskipun perangkat android sudah terhubung wifi.

12. Inactive Apps
Fitur ini berfungsi untuk mengetahui mana saja aplikasi-aplikasi yang aktif dan non-aktif. Kamu juga bisa mengaktifkan atau menonaktifkan aplikasi yang diinginkan hanya dengan mengkliknya.

13. Don’t Keep Activities
Fitur ini berfungsi untuk menghentikan semua aktivitas perangkat secepat mungkin jika pengguna meninggalkannya.

14. Show All ANRs
Fitur ini berfungsi untuk menampilkan dialog aplikasi yang tidak merespon pada background.

15. Show Touches
Fitur ini berfungsi untuk menampilkan visual feedback pada setiap kali kamu menyentuh layar.

Tentu saja masih banyak sekali fungsi dan manfaat tertentu dalam fitur developer options, yang kurang lebihnya seperti point-point di atas, terima kasih dan semoga bermanfaat.
Tanggapan :