Cara Mudah Mengetahui Template Blog Valid AMP

AMP merupakan singkatan dari Accelerated Mobile Page, yang telah diperkenalkan oleh Google sejak tahun 2016 kemarin. Tujuannya adalah untuk memberikan pengamalaman mobile internet lebih baik dan lebih cepat. Nah, sejak saat itu, para blogger berbondong-bondong membuat, mendesain, atau mengganti template blog mereka menjadi template blog yang valid AMP. Tentu kita sudah banyak mengetahui template-template blog yang sudah valid AMP di beberapa blog online.

Terkadang, terpikir di benak kita juga untuk ikut mengganti template blog menjadi valid AMP, sehingga kita mencari, mengunduh, dan memasangnya di blog kita. Namun, sebelum hal itu, alangkah baiknya jika kita mengecek terlebih dahulu template blog yang telah diundung sebelum memasangnya di blog, apakah sudah valid atau belum. Adapun cara mengetahui mana template blog yang sudah valid AMP bisa dilihat pada tutorial di bawah ini :


Cara Cek Blog Valid AMP di Google AMP Test

1. Kunjungi "AMP Test - Google Seacrh Console"

2. Masukkan URL blog pada kolom yang disediakan, lalu klik "Test URL"

atau copy kode HTML template, paste pada kolom kode, lalu klik "Test Code"

3. Tunggu sebentar, maka akan muncul halaman informasi valid AMP atau tidak


Cara Cek Blog Valid AMP di "The AMP Validator"

1. Kunjungi The AMP Validator

2. Masukkan URL blog pada kolom URL, lalu klik "Validate"

3. Jika sudah, lihat status validasi, "PASS" berarti valid AMP, "FAIL" berarti tidak valid AMP


Cara Mengetahui Blog Valid AMP Dengan Menambahkan Extensions Browser

Cara ketiga ini cukup berbeda dengan kedua cara di atas, yaitu dengan menambahkan extension pada browser, baik Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, dan lainnya. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Buka browser 

2. Buka halaman halaman "extensions" (biasanya setiap browser berbeda-beda)

3. Tambahkan extension "AMP validator".

Jika langkah tersebut sudah dilakukan, maka icon AMP validator akan muncul di pojok kanan atas pada browser. Silahkan buka URL blog yang ingin kamu ketahui validasi AMPnya, jika blog tersebut menggunakan template AMP maka icon AMP Validator akan berubah menjadi warna hijau. Jika tidak valid, maka icon AMP Validator akan berwarna abu-abu.

Demikian 3 cara untuk mengetahui dan mengecek apakah template blog yang kamu gunakan memang sudah valid AMP atau tidak, terima kasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url