Hikmah dan Keutamaan Membaca Sholawat Nuril Anwar

Sholawat Nuril Anwar merupakan sholawat karya seorang wali kutub yang merupakan pendiri Thariqat Badawiyyah, yaitu Imam Ahmad Al-Badawi ra (596 H / 1199 M - 675 H / 1276 M).

Sholawat Nuril Anwar merupakan salah satu sholawat yang cukup terkenal di Indonesia. Tak khayal, budaya pujian seetelah adzan sholat fardlu berjamaah pun dilantunkan dengan bacaan sholawat ini, disisipi dengan lagu dan irama pula, bahkan menjadi salah satu wirid yang dibaca di beberapa pondok pesantren.


Bacaan dan Lafadz Sholawat Nuril Anwar Serta Terjemahnya

Adapun bacaan dan lafadz Sholawat Nuril Anwar, maka bisa dilihat di bawah beserta dengan terjemah Bahasa Indonesianya :

اَللَٰهُمَّ صَلِّ عَلَى نُوْرِ اْلاَنْوَارِ، وَسِرِّ اْلاَسْرَارِ، وَتِرْيَاقِ اْلاَغْيَارِ، وَمِفْتَاحِ بَابِ الْيَسَارِ، سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدِ نِ الْمُخْتَارِ، وَاٰلِهِ اْلاَطْهَرِ، وَاَصْحَابِهِ اْلاَخْيَارِ، عَدَدَ نِعَمِ اللهِ وَاِفْضَالِهِ

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat ta'dhim kepada cahaya di antara cahaya-cahaya, rahasia di antara rahasia-rahasia, obat duka, dan kunci pintu kemudahan, yaitu baginda dan tuan kami, Nabi Muhammad SAW yang terpilih, juga kepada keluarga Beliau yang suci, dan sahabat-sahabat beliau yang terpilih, sejumlah nikmat Allah SWT dan anugerah-Nya".


Fadhilah dan Keutamaan Sholawat Nuril Anwar

Dari hanya membaca makna pada setiap kalimat Sholawat Nuril Anwar di atas, maka ada hikmah dan keutamaan yang sangat besar bila dibaca secara istiqomah, di antaranya adalah :

Sayyid Ahmad Ruslan mengatakan bahwa Sholawat Nuril Anwar adalah obat manjur dan mujarrab untuk mendatangkan hajat bagi pembacanya, menyirnakan kesusahan, menolak bala', musibah, dan bencana, serta memperoleh cahaya dalam hati.

Dalam Kitab Afdhalus Sholawat, Syekh Yusuf bin Ismail An-Nabhani mengatakan bahwa sholawat Nuril Anwar ini bisa menjadi obat yang mujarrab atas semua hajat jika dibaca istiqomah 100 kali setiap hari.

Demikian hikmah dan keutamaan membaca Sholawat Nuril Anwar secara istiqomah pada umumnya. Namun, untuk memperoleh berkah yang lebih besar lagi untuk mendatangkan hajat tertentu misalnya, maka hendaknya menerima ijazah dari seorang guru khusus atau kyai dalam mengamalkan wirid sholawat Nuril Anwar ini.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url