Sholawat Nahdlatul Ulama' (NU), Lirik dan Terjemah Indonesia


Nahdlatul Ulama' (NU) adalah sebuah organisasi keislaman berfaham ahlus sunnah wal jamaah, yang didirikan oleh Al-Maghfurlah Mbah KH. Hasyim Asy'ari dan beberapa ulama' lainnya. Ya, organisasi islam di Indonesia dengan ciri khas Islam Nusantara.

Islam Nusantara sendiri bisa diartikan sebagai agama islam di Nusantara Indonesia, yaitu syiar agama islam dengan mengedapankan nilai hakekat dan syariat Agama Islam, juga nilai-nilai budaya Indonesia dan toleransi berbangsa dan bernegara, yaitu Bangsa Indonesia, sebagai bentuk jiwa nasionalisme.

Lirik dan Terjemah Sholawat Nahdlatul Ulama'
Nahdlatul Ulama' (NU) mempunyai sholawat tersendiri yang telah disusun oleh Al-Maghfurlah KH. Hasan Abdul Wafi Pamekasan Madura, sebagai mana berikut ini :
اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، صَلَاةً تُرَغِّبُ وَتُنَشِّطُ، وَتُحَمِّسُ بِهَا الْجِهَادُ لِإِحْيَاءِ، وَاِعْلَاءِ دِيْنِ الْإِسْلَامِ، وَاِظْهَارِ شَعَائِرِهِ عَلَى طَرِيْقَةِ، جَمْعِيَّةِ نَهْضَةِ الْعُلَمَاءِ، وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ
اللّٰهُ اللّٰهُ اللّٰهُ اللّٰهُ ... ثَبِّتْ وَانْصُرْ اَهْلَ جَمْعِيَّةٍ، جَمْعِيَّةِ نَهْضَةِ الْعُلَمَاءِ، لِإِعْلَاءِ كَلِمَةِ اللهِ
"Ya Allah, berilah rahmat ta'dhim dan kesejahteraan kepada Baginda kami, Nabi Muhammad, dengan rahmat yang mana karena rahmat itu bisa memberikan rasa senang, rasa giat, dan semangat dalam perjuangan kami untuk meninggikan Agama Islam dan menampakkan syiar-syiarnya berdasarkan jalan jam'iyyah Nahdlatul Ulama' (berfaham ahlus sunnah wal jamaah). Semoga (rahmat) terlimpahkan juga kepada keluarga Nabi SAW dan sababat beliau.
Ya Allah, Ya Allah, Ya Allah, Ya Allah ... tetapkanlah (hati) dan berilah pertolongan kepada warga jam'iyyah Nahdlatul Ulama' untuk meninggikan kalimat (agama) Allah SWT".

Sholawat Nahdlatul Ulama' ini merupakan doa dan permohonan kepada Allah SWT melalui washilah dari berkah doa sholawat kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan sahabat Beliau, agar :
  1. Allah SWT senatiasa memberikan perasaan senang, giat, dan semangat kepada seluruh warga Nahdliyyin dalam berjuang demi menghidupkan dan meninggikan syiar-syiar agama Islam dan syiar-syiar Nahdlatul Ulama' yaitu berfaham ahlus sunnah wal jamaah
  2. Allah SWT memberikan ketetapan hati dan pertolongan kepada seluruh warga Nahdliyyin di dalam meninggikan syiar agama Islam dari berbagai macam hal yang menghalangi.
Saat ini, sholawat tersebut saat ini sudah sangat populer di seluruh wilayah Indonesia, bahkan sering dilantunkan dengan lagu, di beberapa media seperti youtube, facebook, twitter, dan lain-lainnya.

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kejayaan Nahdlatul Ulama' (NU) dalam berjuang demi tercapainya syiar-syiar Agama Islam dan syiar-syiar faham Ahlus Sunnah Wal Jamaah di tanah air Indonesia, bahkan di seluruh dunia.

Baca juga : Kumpulan Lirik dan Terjemah Lagu Sholawat.
Tanggapan :