Fadhilah dan Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Inilah sepuluh riwayat yang menunjukkan bahwa 10 hari pertama Bulan Dzulhijjah memiliki keistimewaan, fadhilah, dan keutamaan yang mulia

Fadhilah dan Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang mulia bagi umat Islam, bukan hanya karena di dalam Bulan ini terdapat Hari Tarwiyah (tanggal 8 Dzulhijjah), Hari Arafah (tanggal 9 Dzulhijjah), dan Hari Raya Idul Adha (tanggal 10 Dzulhijjah) saja, tetapi ternyata ada begitu banyak keistimewaan, fadhilah, sekaligus keutamaan di 10 hari pertama Bulan Dzulhijjah, sebagai mana berikut ini :

Baca juga : Kisah Nabi Ibrahim Menyembelih Nabi Ismail.

Fadhilah dan Keutamaan Pertama :
Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Fajr ayat 1-5 :

وَالْفَجْرِ، وَلَيَالٍ عَشْرٍ، وَالشَّفْعِ وَالْوَتْرِ، وَاللَّيْلِ إِذَا يَسْرِ، هَلْ فِيْ ذَٰلِكَ قَسَمٌ لِذِيْ حِجْرٍ
(1) Demi fajar (2) Dan malam yang sepuluh (3) Dan yang genap dan yang ganjil (4) Dan malam bila berlalu (5) Pada yang demikian itu terdapat sumpah (yang dapat diterima) oleh orang-orang yang berakal.

Pada Surat Al-Fajr ayat 2 di atas, Allah SWT bersumpah dengan menyebut waktu mulia-Nya, yaitu malam kesepuluh. Para ulama' memberikan penafsiran yang berbeda, di antaranya adalah tanggal 10 Bulan Dzulhijjah dan 10 hari terakhir Bulan Ramadhan.

Namun, dalam Kitab Durrotun Nashihin, Majlis ke-72, dijelaskan bahwa Surat Al-Fajr ayat 2 tersebut menunjukkan isim nakiroh yang berfungsi sebagai ta'dhim (penghormatan) terhadap waktu tersebut, sedangkan susunan Idhofah pada ayat 2 tersebut menunjukkan makna bahwa waktu itu adalah 10 malam (10 hari pertama Bulan Dzulhijjah).

Dari beberapa penafsiran pada Surat Al-Fajr ayat 2 tersebut, Allah SWT bersumpah dengan menyebut 10 hari pertama Bulan Dzulhijjah, sumpah tersebut jelaslah menunjukkan bahwa 10 hari pertama Bulan Dzulhijjah merupakan waktu yang dimuliakan untuk umat islam.

Fadhilah dan Keutamaan Kedua :
Dalam riwayat lain, sebagian ulama' mengatakan bahwa barang siapa yang berpuasa pada hari-hari ini (hari-hari awal Bulan Dzulhijjah), maka Allah SWT akan memuliakannya dengan 10 perkara :
  1. Berkah umurnya
  2. Bertambah rizkinya
  3. Terjaga keluarganya
  4. Dilebur keburukannya
  5. Dilipatgandakan kebaikannya
  6. Dipermudah ketika sakarotul maut
  7. Disinari dari kegelapan kubur
  8. Diberatkan timbangan amal baiknya
  9. Disukseskan cita-cita dan keinginannya
  10. Dinaikkan derajatnya
Fadhilah dan Keutamaan Ketiga :
Dalam riwayat lain dijekaskan, sesungguhnya Allah memilih 3 dari 10 hari dalam setahun :
  1. Sepuluh hari terakhir di Bulan Ramadhan, dikarenakan di dalamnya terdapat berkah-berkah malam Lailatul Qodar
  2. Sepuluh hari pertama di Bulan Idul Adha, dikarenakan di dalamnya terdapat berkah-berkah di Hari Tarwiyah (tanggal 8 Dzulhijjah), Hari Arafah (tanggal 9 Dzulhijjah), Hari Raya Idul Adha (tanggal 10 Dzulhijjah), ucapan talbiyah, pelaksanaan ibadah haji, dan berbagai macam ibadah manasik
  3. Sepuluh hari Bulan Muharrom, dikarenakan di dalamnya terdapat berkah-berkah di hari Asyura' (tanggal 10 Muharrom).
Fadhilah dan Keutamaan Keempat :
Dalam riwayat dari Sahabat Ibnu Abbas ra, Rosulullah SAW bersabda :

مَا مِنْ اَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيْهَا اَحَبُّ اِلَى اللّٰهِ تَعَالٰى مِنْ هٰذِهِ الْاَيَّامِ : يَعنِيْ اَيَّامِ عَشْرِ ذِى الْحِجَّةِ، قَالُوْا : وَلَا الْجِهَادُ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ؟ قَالَ : وَلَا الْجِهَادُ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ اِلَّا رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ بِذَلِكَ
"Tidak ada hari-hari di mana amal sholeh di dalamnya lebih dicintai Allah Ta'ala melebihi hari-hari ini (yakni 10 hari Bulan Dzulhijjah). Para Sahabat bertanya "Dan tidak berjuang di jalan Allah ?". Rosulullah SAW menjawab, "Dan tidak berjuang di jalan Allah, kecuali seseorang yang keluar membawa diri dan hartanya kemudian dia tidak kembali dengan membanya".

Fadhilah dan Keutamaan Kelima :
Dari riwayat Sahabat Abu Hurairoh ra, Rosulullah SAW bersabda :

مَا مِنْ اَيَّامٍ اَحَبُّ اِلَى اللّٰهِ تَعَالٰى اَنْ يُعْبَدَ فِيْهَا مِنْ عَشْرِ ذِى الْحِجَّةِ يُعْدِلُ صَوْمُ كَلِّ يَوْمٍ مِنْهَا صِيَامَ سَنَةٍ وَقِيَامُ كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْهَا قِيَامَ لَيْلَةِ الْقَدْرِ
"Tidak ada hari-hari yang lebih dicintai Allah saat Dia disembah di dalamnya melebihi 10 hari Bulan Dzulhijjah, puasa setiap harinya menyamai puasa setahun dan setiap qiyamul lailnya (sholat malam) menyamai qiyamul lail di Malam Lailatul Qodar".

Fadhilah dan Keutamaan Keenam :
Dalam sebuah khobar dikisahkan, sesungguhnya Nabi Musa pernah bermunajah kepada Allah, "Wahai Tuhanku, aku telah berdoa kepada-Mu tetapi Engkau tidak mengabulkannya, maka ajarilah aku suatu amalan yang mana aku berdoa kepadamu dengan amalan itu (agar doaku Engkau kabulkan) ?".

Kemudian Allah SWT memberikan wahyu, "Wahai Musa, ketika telah masuk 10 hari Bulan Dzulhijjah, maka ucapkanlah La ilaha illallah, aku akan mendatangkan hajatmu". Nabi Musa pun berkata, "Wahai Tuhanku, semua hamba-hamba-Mu mengucapkannya".

Allah SWT berkata, "Wahai Musa, barang siapa mengucapkan La ilaha illallah di hari-hari ini (10 hari Bulan Dzulhijjah) sekali saja, jika 7 langit dan 7 bumi diletakkan di neraca timbangan dan kalimat La ilaha illallah di neraca timbangan lainnya, maka maqolah ini (La ilaha illallah) akan berat dan mengungguli 7 langit dan 7 bumi, semuanya.

Fadhilah dan Keutamaan Ketujuh :
Fadhilah dan keutamaan 10 hari pertama Bulan Dzulhijjah selanjutnya didasarkan pada hadist Rosulullah SAW yang diriwayatkan oleh Sahabat Ibnu Abbas. Namun, karena hadist terlalu panjang, maka kesimpulan hadist tersebut sebagaimana berikut ini :
  • Hari pertama Bulan Dzuhijjah adalah hari di mana Nabi Adam diampuni dosanya. Barang siapa yang berpuasa di hari ini, maka Allah SWT akan mengampuni dosanya.
  • Hari kedua Bulan Dzulhijjah adalah hari di mana Allah SWT mengabulkan doa Nabi Yunus as, kemudian Dia mengeluarkannya dari perut ikan Nun. Barang siapa yang berpuasa di hari ini, maka ia seperti beribadah kepada Allah SWT selama setahun tanpa melakukan maksiat sekedip mata pun.
  • Hari ketiga Bulan Dzulhijjah adalah hari di mana Allah SWT mengabulkan doa Nabi Zakariyyah as. Barang siapa yang berpuasa di hari ini, maka Allah SWT akan mengabulkan doanya.
  • Hari keempat Bulan Dzulhijjah adalah hari kelahiran Nabi Isa as. Barang siapa berpuasa di hari ini, maka Allah SWT akan menghilangkan darinya mara bahaya dan kefakiran. Dan ketika hari kiamat, dia berkumpul bersama Malaikat Safarotul Bariroh (malaikat pencatat amal) yang mulia.
  • Hari kelima Bulan Dzulhijjah adalah hari kelahiran Nabi Musa as. Barang siapa berpuasa di hari ini, maka dia akan terbebas dari sifat nifaq (munafiq) atau terbebas dari siksa kubur.
  • Hari Keenam Bulan Dzulhijjah adalah hari di mana Allah membuka kebaikan untuk nabi-Nya. Barang siapa berpuasa di hari ini, maka Allah SWT akan menatapnya dengan pandangan rohmat sehingga dia tidak akan disiksa sesudah itu selama-lamanya.
  • Hari Ketujuh Bulan Dzulhijjah adalah hari di mana Allah SWT menutup pintu-pintu Neraka Jahannam dan tidak membukanya sampai lewat hari kesepuluh Bulan Dzulhijjah. Barang siapa yang berpuasa di hari ini, maka Allah SWT akan menutup 30 pintu kesusahan baginya dan membukan 30 pintu kemudahan baginya.
  • Hari kedelapan Bulan Dzulhijjah adalah hari yang disebut dengan nama Hari Tarwiyah. Barang siapa yang berpuasa di hari ini, maka Allah SWT akan memberinya pahala yang tidak ada yang mengetahui pahala itu kecuali Allah SWT.
  • Hari kesembilan Bulan Dzulhijjah adalah hari yang disebut dengan nama Hari Arafah. Barang siapa yang berpuasa di hari ini, maka Allah SWT akan melebur dosa-dosa setahun lalu dan dosa-dosa setahun yang akan datang. Hari ini juga merupakan hari di mana Allah menurunkan Surat Al-Maidah ayat 3 :
الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِيْ وَرَضِيْتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِيْنًا
"Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu".
  • Hari kesepuluh Bulan Dzulhijjah adalah hari raya kurban. Barang siapa yang mau berkurban ternak di hari ini, maka dari awal setiap tetes darah ternak yang disembelih, Allah SWT akan mengampuni dosa-dosanya dan keluarganya. Barang siapa yang memberi makan dan bershodaqoh dengan daging ternak itu kepada orang-orang mukmin, maka Allah SWT akan membangkitkannya di hari kiamat dalam keadaan aman dan timbangan amal kebaikannya lebih berat daripada Gunung Uhud.
Fadhilah dan Keutamaan Kedelapan :
Dalam sebuah hadist, Rosulullah SAW pernah bersabda :

اَفْضَلُ مَا قُلْتُ اَنَا وَمَا قَالَ الْانْبِيَاءُ قَبْلِيْ فِيْ هٰذِهِ الْايَّامِ الْعَشَرَةِ لَا اِلٰهَ اِلَّا اللّٰهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ
"Ucapan paling utama yang aku ucapkan dan yang diucapkan oleh para nabi sebelumku di kesepuluh hari ini adalah "Tiada tuhan selain Allah, hanya Dia semata, tidak ada sekutu bagi-Nya"".

Fadhilah dan Keutamaan Kesepuluh :
Dalam hadist yang lain, Rosulullah SAW bersabda :

مَا مِنْ اَيَّامٍ الْعَمَلُ فِيْهَا اَفْضَلُ مِنْ عَشْرِ ذِي الْحِجَّةِ، فَقِيْلَ : يَا رَسُوْلَ اللّٰهِ وَلَا رَمَضَانُ ؟ فَقَالَ : بَلِ الْعَمَلُ فِيْ رَمَضَانَ اَفْضَلُ وَلٰكِنْ هٰذِهِ الْاَيَّامَ حَرَّمْتُهُنَّ اَعْظَمُ
"Tidak ada hari-hari di mana amal di dalamnya lebih utama melebihi 10 hari Bulan Dzulhijjah. Kemudian dikatakan, "Wahai Rosulullah, dan tidak Bulan Ramadhan ?". Rosulullah SAW pun menjawab, "Ya, amal di Bulan Ramadhan lebih utama, tetapi hari-hari ini (10 hari Bulan Dzulhijjah) aku memuliakannya lebih besar".

Sumber : Kitab Durrotun Nashihin, Majlis 72 : Keutamaan 10 Hari Bulan Dzulhijjah
Penulis : Syekh Ustman bin Hasan bin Ahmad Asy-Syakiri Al-Khoubawi

COMMENTS

Nama

Android,51,Aswaja,29,Bisnis Online,20,Blogging,164,Doa-doa,42,Fiqih,23,Gaming,15,Ilmu Hadits,25,Inspirasi,56,Internet,88,Keluarga,29,Kisah teladan,81,Komputer,14,Life,96,Pekerjaan,10,Pendidikan,24,Relationship,27,Religi,82,Sholawat,22,Tajwid,37,Tips,42,
ltr
item
Pelangi Blog: Fadhilah dan Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah
Fadhilah dan Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah
Inilah sepuluh riwayat yang menunjukkan bahwa 10 hari pertama Bulan Dzulhijjah memiliki keistimewaan, fadhilah, dan keutamaan yang mulia
https://1.bp.blogspot.com/-5KaXV0v5arY/XU1ad6N47QI/AAAAAAAAFMg/nqVGDQt4aa0GX6CzUbiwysX0SkkCQbhYwCLcBGAs/s640/dzulhijjah.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-5KaXV0v5arY/XU1ad6N47QI/AAAAAAAAFMg/nqVGDQt4aa0GX6CzUbiwysX0SkkCQbhYwCLcBGAs/s72-c/dzulhijjah.jpg
Pelangi Blog
https://www.pelangiblog.com/2019/08/fadhilah-dan-keutamaan-10-hari-pertama.html
https://www.pelangiblog.com/
https://www.pelangiblog.com/
https://www.pelangiblog.com/2019/08/fadhilah-dan-keutamaan-10-hari-pertama.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content