Cara Menambah dan Menghapus Akun Google di Smartphone

Cara Menambah dan Menghapus Akun Google di Smartphone

Google merupakan perusahaan online yang sudah dikenal di seluruh penjuru dunia. Siapa sih yang tidak kenal Google, bahkan saking terkenalnya beberapa aplikasi Google pun menjadi aplikasi bawaan di banyak smartphone, seperti Gmail, Youtube, Google Photos, Play Store, Google Drive, dan lainnya.

Pasalnya, Google telah banyak membantu kemudahan manusia di seluruh dunia, baik dalam hal komunikasi, pendidikan, ekonomi, sosial, bisnis, dan lain-lainnya. Ya, itu semua bisa dijalankan hanya dengan membawa smartphone yang secara instan bisa dibawa ke mana-mana. Di sinilah kita tahu bahwa peran Google dan smartphone pun menjadi sesuatu yang penting.

Nah, bertolak dari sini, akun Google yang bisa disimpan di dalam aplikasi smartphone tidak hanya satu saja, tetapi kita bisa menambah beberapa akun Google lainnya. Dengan demikian, kita pun bisa mengakses banyak aplikasi Google seperti Gmail, Youtube, Google Drive, dan lainnya meskipun kita memiliki banyak akun Google. Selain itu juga, kita pun bisa menghapus akun-akun Google yang tersimpan dalam aplikasi smartphone kapan pun kita mau.

Namun, beberapa orang ternyata masih belum mengetahui bagaimana cara menambah dan menghapus akun Google di dalam smartphonenya. Untuk itulah, di sini saya akan membuat tutorial untuk menambah dan menghapus akun Google di aplikasi smartphone. Saya contohkan dengan smartphone Xiaomi, karena pada dasarnya caranya pun sama di merek smartphone lainnya.

Cara Menambah Akun Google Lain Di Dalam Apliaksi Smartphone
1. Buka aplikasi Google di smartphone misalnya Gmail
2. Klik logo akun Google pada pojok kanan atas
3. Klik "Add another account" atau "Tambahkan akun lain"
4. Pilih akun "Google"
Jika kamu ingin menambahkan akun lainnya, misalnya Yahoo, maka klik Yahoo.
5. Masukkan password atau sandi jika smartphonemu menggunakan password keamanan,
6. Masukkan email Google baru dan juga passwordnya
7. Klik "I agree" atau "Saya Setuju"

Jika sudah, maka secara otomatis akun Google barumu sudah terpasang di dalam aplikasi Google di smartphone, kamu bisa mengeceknya dengan melakukan seperti pada point pertama di atas, pada halaman pop-up kamu akan menjumpai akun lama dan akun yang baru telah terpasang :

Cara Menghapus Akun Google Di Dalam Aplikasi Smartphone
Jika kamu ingin menghapus salah satu akun Google di dalam aplikasi smartphonemu, maka langkah awalnya sama, silahkan lakukan seperti tutorial berikut ini :
1. Buka aplikasi Google di smartphone misalnya Gmail
2. Klik logo akun Google pada pojok kanan atas
3. Klik "Manage account on this device" atau "Atur akun di perangkat ini"
4. Pilih akun "Google"
5. Pilih dan klik akun mana yang akan dihapus
6. Klik "More" atau "Lebih banyak", lalu klik "Remove account" atau "Hapus akun"

Jika sudah, maka akun Google yang kamu pilih untuk dihapus akan secara otomastis terhapus.

Tonton tutorial video di bawah agar lebih jelas :

Tanggapan :