Download Kitab Minhatul Mughits (PDF)

Download Kitab Minhatul Mughits (PDF)

Download Kitab Minhatul Mughits (PDF) - Dengan menyebut asma Allah SWT sebagai permulaan kalimat, Dialah Tuhan yang Maha Memberi, Dia memberikan rahmat dan nikmat kepada semua makhluk-Nya tanpa henti. Segala puja dan puji hanya milik-Nya, Maha Suci Allah SWT, yang memiliki kebenaran mutlaq.

Semoga limpahan rahmat ta’dhim dan kesejahteraan-Nya senantiasa tercurahkan kepada sebaik-baik makhluk-Nya, rasul pilihan, Nabi Muhammad SAW, karena lantaran Beliaulah kita semua masih dapat menikmati nikmat iman dan nikmat islam.

Selanjutnya, Pelangi Blog akan membagikan sebuah file kitab yang sudah biasa dikaji dalam beberapa pesantren, yaitu Kitab Minhatul Mughits dengan disertai terjemah Bahasa Indonesia secara online dari blog lain, semoga dapat menambah pengetahuan kita semua.


Review Singkat Kitab Minhatul Mughits

Kitab Minhatul Mughits merupakan salah satu kitab karya seorang ulama’ Mesir yaitu Abul Hasan Ali ibnul Husain ibn Ali Al-Mas'udi (283 H – 345 H atau 895 M – 956 M), yang biasa dikenal di berbagai kitab dengan sebutan Syekh Hafidz Hasan Al-Mas’udi. Beliau adalah salah satu keturunan dari Sahabat Ibnu Mas’ud ra, yang juga sosok ulama’ yang ahli dalam bidang sejarah dan geografis.

Kitab Minhatul Mughits ini menjelaskan tentang dasar-dasar dalam Ilmu Hadits Dirayah (Ilmu Musthalah Hadits), yang mana ilmu hadits sendiri terbagi menjadi 2 bagian, yaitu Ilmu Hadits Dirayah (Musthalah Hadits) dan Ilmu Hadits Riwayah, lebih jelasnya bisa dilihat sendiri pada isi kitabnya.

Kitab Minhatul Mughits sangat cocok sekali bagi setiap muslim yang ingin mempelajari tentang dasar-dasar Ilmu Hadits Dirayah (Ilmu Musthalah Hadits), karena kitab ini merupakan ringkasan yang diambil dari berbagai macam kitab-kitab besar yang menjelaskan mengenai Ilmu Musthalah Hadits.

Adapun isi Kitab Minhatul Mughits secara garis besar, maka di dalamnya menjelaskan tentang pengertian hadits, sanad, matan, rawi, pembagian hadits dan pengertiannya, macam-macam riwayat, metode menerima dan menyampaikan riwayat hadits, dan yang terakhir ditutup dengan adab antara penerima dan penyampai hadits.


Download Kitab Minhatul Mughits (PDF) dan Terjemah Indonesia

Dengan penuh harapan agar kita semua saling dapat berlomba-lomba dalam kebaikan dan menggapai pengetahuan, khususnya pengetahuan tentang Ilmu Musthalah Hadits, maka di sini Pelangi Blog sudah menyiapkan file Kitab Minhatul Mughits dengan format PDF, silahkan dibaca terlebih dahulu dan didownload pada kolom tabel di bawah ini :

File Keterangan
Nama kitab Minhatul Mughits
Tema kitab Ilmu Hadits Dirayah (Ilmu Musthalah Hadits)
Penyusun Syekh Hafidz Hasan Al-Mas'udi
Format file PDF
Download file 1 Kitab Minhatul Mughits (Tanpa Makna - PDF)
Ukuran file 4 Mb
Download file 2 Kitab Minhatul Mughits (Makna Pesantren - PDF)
Ukuran file 24 Mb
Terjemah Indonesia online Kitab Minhatul Mughits

Catatan :

Karena Kitab Minhatul Mughits ini adalah kitab ringkasan, maka ada beberapa pengertian dari macam-macam hadits yang tidak disertai dengan contoh haditsnya. Nah, jika berkenan silahkan kunjungi link berikut ini untuk mengetahui contoh-contohnya agar lebih memudahkan pemahaman, terima kasih : Kumpulan Materi Ilmu Hadits.