Download Kitab Taisirul Khollaq (PDF)

Download Kitab Taisirul Khollaq (PDF)

Download Kitab Taisirul Khollaq (PDF) - Dengan menyebut nama Allah SWT, Tuhan semua makhluk yang senantiasa memberikan rahmat dan nikmat-Nya kepada mereka tanpa selang sedetikpun, sehingga ucapan puja dan puji syukur tiada lagi harus dihaturkan kecuali kepada-Nya. Dialah Tuhan yang esa dan Tuhan semesta alam.

Sholawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan besar, Nabi Muhammad SAW, selama nafas masih berhembus, angin masih bertiup, dan matahari masih tetap tegar menerangi jagat alam raya, beserta keluarga dan para sahabat Beliau.

Ketiga kalinya, pada kesempatan yang mudah-mudahan tetap dalam limpahan rahmat-Nya, maka Pelangi Blog akan kembali membagi sebuah kitab kecil yang sudah biasa dikaji di beberapa pondok pesantren dalam mendidik para santri, yaitu Kitab Taisirul Khollaq.


Review Singkat Kitab Taisirul Khollaq

Kitab Taisirul Khollaq merupakan kitab kecil yang sudah biasa diajarkan di beberapa pondok pesantren dan pendidikan diniyah. Kitab ini merupakan salah satu karya seorang ulama' asli Mesir yaitu yaitu Abul Hasan Ali ibnul Husain ibn Ali Al-Mas'udi (283 H – 345 H atau 895 M – 956 M) atau juga dikenal akrab dengan nama Syekh Hafidz Hasan Al-Mas'udi.

Beliau tidak hanya seorang ulama', tetapi juga seorang pakar di bilang geografi dan sejarah. Beliau adalah seorang ulama' yang merupakan keturunan dari sahabat besar Nabi Muhammad SAW, yaitu sahabat Abdullah bin Mas'ud ra.

Kitab Taisirul Khollaq ini adalah kitab yang di dalamnya menjelaskan mengenai macam-macam akhlaq, baik akhlaq mahmudah maupun akhlaq madzmumah. Namun, perlu diketahui bahwa kitab ini adalah kitab kecil sederhana namun memiliki manfaat yang besar bagi siapapun yang mempelajarinya. Beberapa macam akhlaq yang dijelaskan di dalamnya tidak merinci seperti kitab-kitab kuning besar yang menejelaskan tentang akhlaq, hanya penjelasan dalam poin-poin besarnya saja.

Adapun beberapa macam akhlaq yang dijelaskan di dalamnya meliputi taqwa, persaudaraan, persatuan, kasih sayang, ghibah, adu domba, dan lain sebagainya. Di dalamnya juga dijelaskan penyebab dan hal-hal yang melatarbelakangi sifat-sifat tersebut, serta disuguhi dalil baik dari Al-Qur'an dan Hadits.


Download Kitab Taisirul Khollaq (PDF) dan Terjemah Indonesia

Pelangi Blog sudah menyediakan file Kitab Taisirul Khollaq (PDF) yang bisa didownload secara gratis oleh pembaca blog. File kitab ini hanya disediakan dalam format PDF, namun untuk terjemah Bahasa Indonesianya sudah dicantumkan link blog lain secara online, bisa dibuka pada infomasi sesuai dengan tabel berikut ini :

File Keterangan
Nama kitab Taisirul Khollaq
Tema kitab Akhlaq
Penyusun Syekh Hafidz Hasan Al-Mas'udi
Format file PDF
Ukuran file 21 Mb
Keterangan file Makna pesantren
Download file Kitab Taisirul Khollaq
Terjemah Indonesia online Kitab Taisirul Khollaq

Demikian, Kitab Taisirul Khollaq yang bisa didownload secara gratis dengan format PDF, kiranya dalam memberikan manfaat bagi setiap pembaca yang berkeinginan untuk download dalam mempelajarinya dan mengamalkan akhlaq-akhlaq yang dijelaskan di dalamnya, terima kasih.