Khasiat Surat Ad-Dhuha Untuk Menangkal Wabah Virus Corona


Merebaknya virus mematikan COVID-19 atau lebih dikenal dengan istilah virus corona merupakan masalah serius yang sudah mencapai skala internasional. Pasalnya, sejak kasus pertama virus corona yang ditemukan menjangkit seorang pria berusia 55 tahun di Wuhan China pada sekitar tanggal 17 November 2019, sampai saat ini penyebarannya sudah menjangkit di 199 negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Tercatat sampai kemarin, tanggal 26 Maret 2020, kasus positif virus corona sudah mencapai sekitar 530.000 orang yang terjangkit di seluruh dunia. Di antaranya ada sekitar 24.000 orang yang sudah meninggal dunia dan 124.000 orang yang sembuh.

Di Indonesia sendiri, sejak 2 bulan terakhir di mana sekitar 27 orang terjangkit positif hingga tanggal 26 maret 2020 kemarin, tercatat sudah ada kasus sebanyak 893 orang yang positif virus corona. Di antaranya sudah ada 78 orang yang meninggal dunia dan 35 orang yang sembuh.

Pemerintah Indonesia sendiri sudah menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tidak menyelenggarakan acara atau kegiatan pengumpulan masa, serta menghimbau kepada semua masyarakat untuk tetap menjalankan aktivitas di rumah masing-masing.

Khasiat Surat Dhuha Untuk Menangkal Wabah Virus Corona
Nah, bertolak dari pembahasan inilah, ada sebuah hadits yang diriwayatkan dari Sahabat Ubay bin Ka'ab, bila dibaca secara istiqomah, maka khasiatnya bisa untuk mencegah dan menangkal wabah dan penyakit menular mematikan seperti virus corona, melalui berkah dan khasiat Surat Ad-Dhuha. Semua adalah atas izin dan kehendak Allah SWT :
رُوِيَ عَنْ اُبَيّ بْنِ كَعْبٍ عَنْ رَسُوْلِ اللّٰهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الضُّحٰى سَبْعَ مَرَّاتٍ عِنْدَ طُلُوْعِ الشَّمْسِ وَعِنْدَ غُرُوْبِهَا، لَمْ يَضِعْ مِنْهُ ضَائِعٌ، وَلَا يَهْرَبُ لَهُ هَارِبٌ، وَلَا يَسْرَقُ لَهُ سَارِقٌ مِنْ بَيْتِهِ، وَلَا يَقَعُ فِيْ بَيْتِهِ فَسَادٌ، وَلَا يَدْخُلُهُ وَبَاءٌ وَطَاعُوْنٌ، وَكُلُّ سَارِقٍ وَطَارِقٍ يَقْرَبُ اِلَى بَيْتِهِ وَسَارَ بِلَيْلٍ يَجِدُ عَلٰى بَيْتِهِ سُوْرًا مِنْ حَدِيْدٍ وَلَا يَجِدُ لِمَنْزِلِهِ سَبِيْلًا
"Diriwayatkan dari Sahabat Ubay bin Ka'ab, Rasulullah SAW bersabda : Barang siapa membaca Surat Ad-Dhuha sebanyak 7 kali ketika terbitnya matahari dan ketika tenggelamnya matahari, maka tidak akan ada barang atau sesuatu hilang darinya, tidak akan ada orang yang melarikan diri darinya, pencuri tidak akan mencuri apapun dari rumahnya, kerusakan tidak akan terjadi di dalam rumahnya, wabah dan tha'un tidak akan memasuki rumahnya. Dan setiap pencuri dan perampok yang mendekati rumahnya dan berjalan di malam hari (untuk mencuri), maka akan menemui dinding besi dan tidak menemui jalan untuk memasuki rumahnya".

Dari hadits tersebut, kita bisa memetik pelajaran bahwa seorang hamba mukmin yang mau meniatkan hatinya untuk memohon kepada Allah SWT dengan membaca Surat Ad-Dhuha kala terbitnya matahari sebanyak 7 kali dan kala tenggelamnya matahari sebanyak 7 kali, jika dibaca secara istiqomah setiap hari maka akan memperoleh khasiat sebagaimana berikut ini :
  1. Tidak ada akan ada barang atau sesuatu yang hilang darinya
  2. Tidak ada seseorang atau sesuatu yang melarikan diri darinya, misalnya seorang anggota keluarga yang berencana minggat, hewan peliharaan, dan lain sebagainya.
  3. Tidak akan ada pencuri yang akan mencuri di rumahnya
  4. Tidak akan ada kerusakan atau kehancuran yang menimpa apapun di rumahnya
  5. Tidak akan ada wabah dan tha'un yang memasuki rumahnya dan menjangkitinya. Wabah dan tha'un adalah penyakit menular yang mematikan, misalnya virus corona
  6. Jika ada pencuri atau perampok yang mengincar harta di rumahnya, maka mereka akan menemui rumahnya dihalangi oleh dinding besi yang kuat sehingga mereka tidak dapat memasukinya.

Sumber : Kitab Khozinatul Asror
Bab : Al-Ahaditsul Waridah fi Fadhaili Surati Wad-Dhuha wa Alam Nasyrakh, wa Bayani Khowashihima (Bab Hadits-Hadits Yang Sampai di Dalam Keutamaan Surat Ad-Dhuha dan Surat Alam Nasyrakh dan Penjelasan Khasiat Keduanya)
Karya : Sayyid Muhammad Haqqi An-Nazili.
Tanggapan :