Cara Menambah Deskripsi dan URL Blog di Channel Youtube

Mengembangkan channel Youtube bagi para pemula memang membutuhkan kerja keras, keahlian, ketekunan, dan kesabaran yang luar biasa. Pasalnya, tidak ada sebuah kesuksesan yang lahir hanya dengan berleha-leha tanpa kesulitan dan berharap pekerjaan kecil yang dikerjakan akan menghasilkan sesuatu yang besar. Ini tentu saja sama dengan berharap di dalam sebuah mimpi.

Pastinya, jika kamu mau mengambil pelajaran dari para youtuber yang telah sukses dengan penghasilan puluhan bahkan ratusan juta, semua itu dilakukan tidak secara instan. Apalagi bagi kita-kita, para pemula yang masih dalam tahap pengembangan awal chanel youtube dari nol, pasti banyak hal yang harus dikerjakan.

Nah, salah satu hal penting pertama yang harus dilakukan bagi para youtuber pemula adalah dengan memberitahu para viewer sedikit mengenai channel youtubemu. Ini sangatlah penting karena dari banyaknya visitor yang datang an menonton video-videomu, setidaknya ada sebagian dari mereka yang turut menengok tentang informasi channel youtubemu.

Untuk memberikan sedikit informasi kepada para viewer tentang channel youtubemu, tentu saja kamu perlu melakukan setting dengan menambahkan informasi pada halaman "about" di channel youtube. Dengan demikian, para viewer akan mengetahui hal-hal yang ingin kamu sampaikan mengetahui channel youtube dan beberapa informasi lainnya, misalnya blog, email bisnis, dan akun media sosialmu.


Cara Menambah Deskripsi dan URL Blog di Channel Youtube

Seperti yang sudah diulas singkat di atas, untuk menambahkan deskripsi channel youtube dan URL blog, maka kamu perlu menyeting halaman "about". Di sana kamu akan mendapatkan jalan untuk menambahkan deskripsi umum tentang channel youtube, menambahkan email bisnis, lokasi negara, menambahkan link atau URL, baik blog, akun medsos, dan lainnya.

Nah, adapun cara melakukannya, maka bisa disimak seperti pada langkah-langkah yang akan dijelaskan secara singkat di bawah ini dengan disertai videonya pula :

1. Buka Youtube di browser

2. Klik "Foto Profil" channel youtubemu di pojok kanan atas

3. Klik "Your Channel"

4. Klik "Customize Channel" di sisi kanan

5. Pilih menu "Basic Info"

Nah, pada menu "Basic Info" ada beberapa opsi yang bisa dilakukan untuk mengatur channel Youtube dalam memberikan informasi kepada para subscribers, yang di antaranya adalah :

  • Pada sub "Channel name and description" kamu bisa menambah atau mengganti nama channel dan deskripsi channel
  • Pada sub "Links" (scroll ke bawah), kamu bisa menambah, menghapus, dan merubah link, misalnya link blog
  • Pada sub "Contact Info", kamu bisa menambahkan alamat email

Demikian penjelasan singkat mengenai cara menambah deskripsi dan URL blog di channel Youtube di atas. Namun, untuk lebih jelas dalam mempraktekkan tutorial di atas, maka di bawah ini sudah ada tutorial versi video yang bisa kamu tonton agar lebih mudah memahaminya :